Stereotipisasi Etnis Makassar oleh TV One Melalui Tayangan Bentrok dan Tawuran di Makassar

Main Article Content

Hikmah Tahir

Abstract

Penelitian ini mengamati tayangan berita TV One bertema bentrok dan tawuran yang berlokasi di Makassar. Tujuannya untuk mengetahui adanya stereotipisasi tertentu atas etnis Makassar yang berlaku pada media TV One berdasarkan hasil interpretasi audiens. Studi audiens ini menggunakan perspektif kualitatif. Data primer dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara mendalam. Sebanyak 21 informan, berlatarbelakang etnis Melayu dan Banjar yang berdomisili di Makassar dipilih melalui teknik snowball sampling. Data sekunder didapatkan dari rekapitulasi berita TV One Biro Makassar periode Maret – Desember 2010. Dalam proses analisis data, peneliti mengggunakan kerangka analisis resepsi Stuart Hall dengan menitikberatkan pada proses decoding. Hasil penelitian menunjukkan adanya stereotipisasi negatif yang berlaku dalam pemberitaan TV One atas etnis Makassar melalui tayangan bentrok dan tawuran yang berlokasi di Makassar. Kedua, hasil analisis resepsi menunjukkan audiens dominan menempati posisi negotiated reading atas stereotipisasi etnis Makassar. Secara garis besar, posisi ini dilatarbelakangi oleh pengalaman interaksi audiens Melayu dan Banjar dengan etnis Makassar.

Article Details

Section
Informatics

References

Azeez. Adesina Lukuman. 2010. Audience Perception of Portrayals of Women in Nigerian Home Video Films. Journal of Media and Communication Studies. Vol. 2(9). Hal 200-207. Diakses tanggal 12 Maret 2011 dari http://www.academicjournals.org/jmcs.

Bryant, Jennings & Mary Beth Oliver. (2009). Media Effects. Advances in Theory and Effects. London: Routledge.

Casas, Michael C. & Travis L. Dixon. (2006). The Impact of Stereotypical & Counter Stereotypical News on Viewers Perception of Black & Latinos. Dalam Valdivia, Angharad N (Ed). A Companion to Media Studies. London: Blackwell Publishing.

Downing, John & Charles Husband. (2005). Representing ‘Race’. Racism, Ethnicities and Media. London: Sage Publications.

Durham, Menakshi Gigi & Douglas M. Kellner. (2006). Media and Cultural Studies. New York: Blackwell Publishing.

Gudykunst, William B. & Bella Mody. (2002). Handbook of International and Intercultural Communication. California: Sage Publications.

Hall, Stuart. (2006). Encoding/Decoding. Dalam Durham, Meenakshi Gigi & Douglas M. Kellner (Eds). Media and Cultural Studies. Revised Edition. London: Blackwell Publishing.

Jensen, Klaus Bruhn & Nicholas W. Jankowski. (1991). A Handbook of Qualitative Methodologies for Mass Communication Research. London: Routledge.

Katz, D. dan K. Braly. (1933). “Racial Stereotypes of One Hundred College Students.” Journal of Abnormal and Social Psychology. Vol. 28. Hal. 280-290.

McQuail, Denis. (1997). Audience Analysis. London: Sage Publications.

Morley, David.(1992). Television, Audiences & Cultural Studies. London: Routledge.

Sari, Endang S. (1993). Audience Research. Pengantar Studi Penelitian Terhadap Pembaca, Pendengar dan Pemirsa. Yogyakarta: Andi Offset.

Vivanews, Arsip rekapitulasi berita TV One Biro Makassar Maret-Desember 2010, www.vivanews.com

Warnaen, Suwarsih. (2002). Stereotip Etnis dalam Masyarakat Multietnis. Yogyakarta: MATABANGSA.