Pemanfaatan Website Pada Aktivitas Cyber PR dalam Mendukung e-Government di Pemerintah Kota Tangerang Selatan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Website pada Aktivitas Cyber PR dalam Mendukung e-Government di Pemerintah Kota Tangerang Selatan”. Tujuan penelitian ialah menganalisis dan memahami bagaimana pemanfaatan website sebagai media komunikasi dan informasi dalam aktivitas Cyber PR pada e-government di Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Teori dan konsep yang digunakan yaitu konsep Cyber PR, e-government, pelayanan publik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitiannya ialah sebagai berikut. 1) Website sebagai media komunikasi dan informasi Tim Cyber PR dalam menerapkan e-government. Website didesain secara informatif, komunikatif, dan interaktif bagi publik dengan penambahan fitur-fitur didalamnya, 2). Aktivitas Cyber PR pada e-government diantaranya berkoordinasi dengan berbagai Dinas dan SKPD terkait selaku pihak yang menyediakan informasi, menghimpun, mengelola, mempublikasikan informasi, serta menindaklanjuti berbagai masukan masyarakat, 3) Keberadaan e-government merupakan bagian dari upaya Pemerintah dalam mengoptimalkan pelayanan publik, serta mendorong partisipasi publik pada proses pembangunan yang partisipatif.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Author (s) hold copyrights and retain copyrights of articles if the article is accepted for publishing.
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material are distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Public allowed to Share (copy and redistribute the material in any medium or format) and Adapt (remix, transform, and build upon the material) this journal article content.
References
Andriariza, Yan As. “Analisis Penerapan E-Government Di Kabupaten Sragen Analysis Of Application Of E-Government In The District Sragen”. Jurnal Penelitian Pos Dan Informatika. 3(1) (2013): 50 – 66
Aprinta E.B Gita. “Strategi Cyber Public Relations dalam Pembentukan Citra Institusi Pendidikan Tinggi Swasta”. The Messenger. VI(1) (2014). Diakses 29 September 2017.
Aprianty, Rachma Diah. “Penerapan Kebijakan E-Government Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda”. eJournal Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik Fisip Unmul. 4(4) (2016): 1589-1602.
Basrowi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008.
Cutlip, Scot M., Allen H. Center, Glen M. Broom. Effective Public Relations: Edisi Ke Sembilan. Jakarta: Kencana Prenanda Group, 2007.
Holle S Erick. “Pelayanan Publik Melalui Electronic Government: Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatan Public Service”. Jurnal Sasi. 17(3) (2011).
Evawani, Elysa Lubis. “Peran Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintah”. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(1) (2012): 1–73. Diakses 29 September 2017.
Hardjaloka, Loura. “Studi Penerapan E-Government di Indonesia dan Negara Lainnya Sebagai Solusi Pemberantasan Korupsi di Sektor Publik”. Rechts Vinding. 3(3) (2014).
Hartana, Mugi. “Efektivitas Penerapan E-Government dalam Pencegahan Tindak Pidana Korupsi di Lingkungan Pemerintahan Daerah”. Panggung Hukum. 1(2) (2015). Diakses 29 September 2017.
Kamaliah, Khairunnisa. “Implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik Di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Samarinda”. eJournal Ilmu Pemerintahan. 3(2) (2015): 1113-1125. Diakses 25 September 2017.
Kurniawan, Robi Cahyadi. “Innovation Quality Public Services Local Government”. Fiat Justisia Journal of Law. 10(3) (2016). Diakses 29 September 2017.
Litjan Poltak Sinambela, dkk. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.
Nur, Emilsyah. “Penerapan e-Government Publik Pada Setiap SKPD Berbasis Pelayanan Di Kota Palu”. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik. 18(3) (2014): 267. Diakses 25 September 2017.
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Sagita, Novie Indrawati. “Partisipasi Warga Masyarakat Dalam Penilaian Kinerja Kecamatan Di Kota Bandung”. Jurnal Ilmu Pemerintahan Cosmogov. 2(2) (2016). Diakses 29 September 2017.
Yuliawati dan Irawan, Enjang Pera. “Peran Cyber Public Relations Humas Polri Dalam Memberikan Pelayanan Informasi Publik Secara Online”. Jurnal Politikom Indonesiana. 1(1) (2016). Diakses 29 September 2017.