Pemanfaatan Website Pada Aktivitas Cyber PR dalam Mendukung e-Government di Pemerintah Kota Tangerang Selatan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Website pada Aktivitas Cyber PR dalam Mendukung e-Government di Pemerintah Kota Tangerang Selatan”. Tujuan penelitian ialah menganalisis dan memahami bagaimana pemanfaatan website sebagai media komunikasi dan informasi dalam aktivitas Cyber PR pada e-government di Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Teori dan konsep yang digunakan yaitu konsep Cyber PR, e-government, pelayanan publik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitiannya ialah sebagai berikut. 1) Website sebagai media komunikasi dan informasi Tim Cyber PR dalam menerapkan e-government. Website didesain secara informatif, komunikatif, dan interaktif bagi publik dengan penambahan fitur-fitur didalamnya, 2). Aktivitas Cyber PR pada e-government diantaranya berkoordinasi dengan berbagai Dinas dan SKPD terkait selaku pihak yang menyediakan informasi, menghimpun, mengelola, mempublikasikan informasi, serta menindaklanjuti berbagai masukan masyarakat, 3) Keberadaan e-government merupakan bagian dari upaya Pemerintah dalam mengoptimalkan pelayanan publik, serta mendorong partisipasi publik pada proses pembangunan yang partisipatif.
Rincian Artikel
Jurnal IPTEK-KOM menggunakan kebijakan akses terbuka. Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Andriariza, Yan As. “Analisis Penerapan E-Government Di Kabupaten Sragen Analysis Of Application Of E-Government In The District Sragen”. Jurnal Penelitian Pos Dan Informatika. 3(1) (2013): 50 – 66
Aprinta E.B Gita. “Strategi Cyber Public Relations dalam Pembentukan Citra Institusi Pendidikan Tinggi Swasta”. The Messenger. VI(1) (2014). Diakses 29 September 2017.
Aprianty, Rachma Diah. “Penerapan Kebijakan E-Government Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda”. eJournal Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik Fisip Unmul. 4(4) (2016): 1589-1602.
Basrowi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008.
Cutlip, Scot M., Allen H. Center, Glen M. Broom. Effective Public Relations: Edisi Ke Sembilan. Jakarta: Kencana Prenanda Group, 2007.
Holle S Erick. “Pelayanan Publik Melalui Electronic Government: Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatan Public Service”. Jurnal Sasi. 17(3) (2011).
Evawani, Elysa Lubis. “Peran Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintah”. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(1) (2012): 1–73. Diakses 29 September 2017.
Hardjaloka, Loura. “Studi Penerapan E-Government di Indonesia dan Negara Lainnya Sebagai Solusi Pemberantasan Korupsi di Sektor Publik”. Rechts Vinding. 3(3) (2014).
Hartana, Mugi. “Efektivitas Penerapan E-Government dalam Pencegahan Tindak Pidana Korupsi di Lingkungan Pemerintahan Daerah”. Panggung Hukum. 1(2) (2015). Diakses 29 September 2017.
Kamaliah, Khairunnisa. “Implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik Di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Samarinda”. eJournal Ilmu Pemerintahan. 3(2) (2015): 1113-1125. Diakses 25 September 2017.
Kurniawan, Robi Cahyadi. “Innovation Quality Public Services Local Government”. Fiat Justisia Journal of Law. 10(3) (2016). Diakses 29 September 2017.
Litjan Poltak Sinambela, dkk. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.
Nur, Emilsyah. “Penerapan e-Government Publik Pada Setiap SKPD Berbasis Pelayanan Di Kota Palu”. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik. 18(3) (2014): 267. Diakses 25 September 2017.
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Sagita, Novie Indrawati. “Partisipasi Warga Masyarakat Dalam Penilaian Kinerja Kecamatan Di Kota Bandung”. Jurnal Ilmu Pemerintahan Cosmogov. 2(2) (2016). Diakses 29 September 2017.
Yuliawati dan Irawan, Enjang Pera. “Peran Cyber Public Relations Humas Polri Dalam Memberikan Pelayanan Informasi Publik Secara Online”. Jurnal Politikom Indonesiana. 1(1) (2016). Diakses 29 September 2017.