Corporate Social Responsibility dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain, dan IPTEK

Main Article Content

Nunung Prajarto

Abstract

Meskipun tanggung jawab dalam membangun masyarakat sebenarnya berada di tangan pemerintah, industri, dan masyarakat, sangat jelas bahwa tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) memiliki dukungan besar untuk pengembangan ekonomi masyarakat. Sayangnya, program CSR ini kerap dilihat sebagai program pencitraan semata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati dan mengidentifikasi praktik-praktik CSR enam perusahaan yang berbeda yang perlu disinkronkan dengan program pemerintah dalam mengembangkan ekonomi kreatif nasional. Penelitian difokuskan pada sejauh mana program CSR mampu mendukung pengembangan ekonomi kreatif khususnya di sektor media, desain, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Penelitian dilakukan dengan tiga metode yang berbeda. Analisis isi digunakan untuk mengamati laporan tahunan enam perusahaan, sementara survei dan etnografi dimaksudkan untuk mengobservasi kesesuaian pelaksanaan CSR dengan harapan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR yang terkait dengan media, desain, ilmu pengetahuan, dan sektor teknologi belum diprioritaskan. Temuan lain juga menunjukkan bahwa kepedulian korporasi terhadap pengembangan media, desain, ilmu pengetahuan, dan teknologi perlu lebih ditingkatkan.

 

Kata kunci: tanggung jawab sosial perusahaan, desain, ilmu pengetahuan, ekonomi kreatif

Article Details

Section
Articles