Corporate Social Responsibility dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain, dan IPTEK
Main Article Content
Abstract
Meskipun tanggung jawab dalam membangun masyarakat sebenarnya berada di tangan pemerintah, industri, dan masyarakat, sangat jelas bahwa tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) memiliki dukungan besar untuk pengembangan ekonomi masyarakat. Sayangnya, program CSR ini kerap dilihat sebagai program pencitraan semata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati dan mengidentifikasi praktik-praktik CSR enam perusahaan yang berbeda yang perlu disinkronkan dengan program pemerintah dalam mengembangkan ekonomi kreatif nasional. Penelitian difokuskan pada sejauh mana program CSR mampu mendukung pengembangan ekonomi kreatif khususnya di sektor media, desain, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Penelitian dilakukan dengan tiga metode yang berbeda. Analisis isi digunakan untuk mengamati laporan tahunan enam perusahaan, sementara survei dan etnografi dimaksudkan untuk mengobservasi kesesuaian pelaksanaan CSR dengan harapan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR yang terkait dengan media, desain, ilmu pengetahuan, dan sektor teknologi belum diprioritaskan. Temuan lain juga menunjukkan bahwa kepedulian korporasi terhadap pengembangan media, desain, ilmu pengetahuan, dan teknologi perlu lebih ditingkatkan.
Kata kunci: tanggung jawab sosial perusahaan, desain, ilmu pengetahuan, ekonomi kreatif
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Author (s) hold copyrights and retain copyrights of articles if the article is accepted for publishing.
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material are distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Public allowed to Share (copy and redistribute the material in any medium or format) and Adapt (remix, transform, and build upon the material) this journal article content.