Model Pengelolaan Komunikasi Politik di Media Online

Main Article Content

widodo Agus Setianto

Abstract

Penggunaan media online sebagai sarana komunikasi politik menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari model pengelolaan komunikasi politik di media online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus deskriptif. Model pengelolaan media online Partai Gerindra adalah dengan menjadikan semua saluran komunikasi politik di media online sebagai kesatuan jaringan integratif, dengan pola hubungan interaksi berpola sentrum dan periferi dimana website DPP Partai Gerindra menjadi sentrum, sementara jaringan komunikasi online dari pengurus daerah, pengurus cabang, individu dan komunitas menjadi periferi yang berperan sebagai media ekstensi bagi DPP Partai Gerindra. Model pengelolaan konten media online khususnya pada website DPP Partai Gerindra mengikuti model komprehensif dengan memasukkan banyak fitur yang sejalan dan mendukung idiologi dan program-program Partai Gerindra yang diharapkan dapat menjadi daya tarik dan menumbuhkan simpati publik untuk bergabung dan memenangkan Partai Gerindra dalam memperjuangkan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI 2014 – 2019 pada pemilu 2014 mendatang.

Article Details

Section
Articles

References

Johnson, Denis W. Routledge Handbook of Political Management. New York : Routledge, 2009.

Kirsten A. Foot and Steven M. Schneider. Web Campaigning. Cambridge, MA: The MIT Press, 2006.

Meyer, William G. & Bernstein, Jonathan. The Making of the Presidential Candidates. Maryland : Rowman and Littlefield Inc., 2012.

Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif, CV. Remaja. Rosdakarya, Bandung, 1998.

Nair, Brian Mc. Introduction Political Communication. 5th ed. New York: Routledge, 2011.