PERANCANGAN MEDIA WEB DIGITAL INTERAKTIF SEJARAH “OEANG REPUBLIK INDONESIA” (ORI) 1945-1949 BAGI GENERASI MUDA
Main Article Content
Abstract
Untuk mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia, pada awal revolusi pemerintah memandang perlu menciptakan simbol sekaligus alat legitimasi negara merdeka berdaulat, salah satunya dikenal dengan nama Oeang Republik Indonesia (ORI). Aspek kronik uang ORI merupakan momen penting bagi bangsa Indonesia, tetapi hal ini belum pernah dibahas dan banyak diketahui oleh publik. Untuk itu, perlu suatu kajian yang hasilnya dapat dikomunikasikan dalam sebuah media yang tepat agar peristiwa yang menjadi bagian dari revolusi Indonesia tersebut dapat diketahui bersama terutama bagi generasi muda. Melalui metode kajian sosio historis dengan pendekatan 5W1H, yakni analisis tentang What (Apa), Why (Mengapa), Where (Di mana), Who (Siapa), When (Kapan) dan How (Bagaimana), ditetapkanlah bahwa web media interaktif akan digunakan sebagai media komunikasi untuk menyampaikan pesan tentang sejarah uang kertas ORI di masa revolusi. Adapun rumusan masalah dari penelitian dan perancangan ini ialah bagaimana bentuk web media interaktif yang komunikatif dan estetik agar publik dan generasi muda khususnya dapat dengan mudah mengakses informasi sejarah dan dinamika “Oeang Republik Indonesia (ORI)” pada masa revolusi.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Author (s) hold copyrights and retain copyrights of articles if the article is accepted for publishing.
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material are distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Public allowed to Share (copy and redistribute the material in any medium or format) and Adapt (remix, transform, and build upon the material) this journal article content.
References
Ali, Muhamad. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik”. Jurnal Edukasi@Elektro, 5(1) (2009): 11-18.
Anderson, Stephen P., Seductive Interaction Design: Creating Playful, Fun, and Effective User Experiences. New Riders: 1249 Eighth Street Berkeley, CA 94710. 2011.
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Sosial: Format-format kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press, 2001.
Cap. O'Rourke to the rescue, 1988, New Straits Times Malaysia. https://news.google.com/newspapers?id=drgTAAAAIBAJ&sjid=S5ADAAAAIBAJ&pg=3478,303305&dq=parallax+scrolling
Crawford, Chris. The Art of Interactive Design. United States of America: Publishers Group West, 2003.
Fitrianti, Rahmawati. Perjalanan Panjang “ORI” Mata Uang Yang Lahir Sebagai Alat Revolusi. Bandung: Rosdakarya, 2008.
Formwalt, Lee W. “Seven Rules for Effective History Teaching or Bringing Life to the History Class”, OAH Magazine of History. 34(2) (2002): 11
Jones, Matt; Marsden, Gary. Mobile Interaction Design. Great Britain, Bell & Bain, Glasgow, 2006.
Juanda, Enjang A. “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Dasar-Dasar Mikrokontroler”. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(6) (2011): 439-444
Jupriyanto, Erlina Idolla Ganis. “Pengenalan Adat Tradisional Indonesia Berbasis Multimedia Pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (Mim) Ngadirejan”. Journal Speed–Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. 3(4) (2011): 40-44.
Kartodirdjo, Sartono. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1992.
Lehtimäki, Juhani. Smashing Android UI: Responsive User Interface and Design Patterns for Android Phones and Tablets, United States of America: Command Web Missouri, 2013
Maesaroh, Nani. Peranan Oeang Republik Indonesia (ORI) Dalam Periode Revolusi Kemerdekaan 1946-1950. Skripsi Jurusan Sejarah: Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013
Majalah Sikap. Mimbar Politik. Djakarta: Badan Penerbit Sikap, 1952
Nurhajarini, Dwi Ratna. Oeang Republik Indonesia Perannya Dalam Perjuangan Bangsa 1946-1950. Yogyakarta: BKSNY, Depdikbud, 1999.
Nurhasanah, Youllia Indrawaty, Senyelda Destyany. “Implementasi Model Cmifed Pada Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Anak Usia TK Dan Playgroup”. Jurnal Informatika. 2(2) (2011): 1-12.
Pawana, Made G. Naswan Suharsono, I Made Kirna. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Proyek Dengan Model Addie Pada Materi Pemrograman”. 2014.
Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Denpasar: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
Sujanem, Rai., I Nyoman Putu Suwindra., I Ketut Tika. “Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web Untuk Siswa Kelas I SMA”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 42(2) (2009): 97-103.
Standler, Ronald B. What Is History and Why Is History Important?. 2011. www.rbs0.com/wh.pdf
Turmuzi, Ahmad. Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Pembangunan Bangsa. Jakarta: Kompas Gramedia, 2011.
Uno, Hamzah B., Abd. Rahman K. Ma’ruf. “Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Website untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri”. Jurnal Teknologi Pendidikan. 18(3) (2016): 169-185.
Wardhana, Ali. Sejarah Uang di Indonesia. Yogyakarta: Bentara Budaya, 2009.
Waskito, Danang. “Media Pembelajaran Interaktif Matematika Berbasis Multimedia Bagi Sekolah Dasar Kelas 6”. Speed Journal – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. 11(13) (2014): 59-65.
Wati, Unik A. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu”. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. I(1) (2010): 1-16.
Web. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran, http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_tp/article
Wiratsongko. Bank Note & Indonesian Coins. Jakarta: Bank Tabungan Negara Indonesia, 1991.