Pengembangan Ensiklopedi Digital Tari Daerah Jawa Tengah Berbasis Android Dengan Metode Linear Sequential Model (The Development of Android Based Digital Encyclopedia of Central Java Traditional Dance Using Linear Sequential Model)
Main Article Content
Abstract
Kebudayaan tradisional saat ini mulai ditinggalkan, salah satunya tari tradisional. Di sekolah, proses pembelajaran masih memiliki kelemahan, yaitu hanya fokus pada gerakan tari, tidak diperkenalkan sinopsis dan sejarah tarinya, dan kurangnya waktu untuk mengenalkan semua tarian di Jawa Tengah. Hal tersebut membuat pengetahuan tari daerah dirasa kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan pengetahuan mengenai tarian daerah di Jawa Tengah melalui aplikasi berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen One Shoot Case Study, dan model pengembangan perangkat lunak, yaitu metode Linear Sequential Model. Langkah-langkah yang harus dilalui meliputi studi lapangan, desain produk, validasi ahli dan uji responden. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ensiklopedi digital tari Jawa Tengah berbasis android termasuk kategori layak digunakan berdasarkan uji blacbox dan validasi para ahli. Hasil belajar siswa yang diukur dengan menggunakan uji n-Gain menunjukkan hasil nilai gain sebesar 0,775 atau setara 77,5%, yang menyatakan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hasil angket siswa mengenai aplikasi android menunjukkan respon yang positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa minat siswa tinggi terhadap aplikasi Ensiklopedi Digital Tari Jawa Tengah.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Author (s) hold copyrights and retain copyrights of articles if the article is accepted for publishing.
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material are distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Public allowed to Share (copy and redistribute the material in any medium or format) and Adapt (remix, transform, and build upon the material) this journal article content.
References
Aryawan, I Made Prasetia dkk. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Model Waterfall pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII. E-journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1) : 1-10. (alamat website : http://ejournal.undiksha.ac.id/).
Gaisyah. 2015. Media Pembelajaran Interaktif Seni Tari Serimpi Menggunakan Adobe Flash CS5. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta. 1 : 396-401.
Indhaka, Willy Alif, Eko Supraptono, dan Nanik Sugiarti. 2016. Penerapan Buku Sekolah Elektronik Berbasis Android dalam Materi Ajar Besaran dan Satuan. Didaktikum : Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. 17 (2) : 1-8. (alamat website : http://i-rpp.com/index.php/didaktikum).
Prabowo, Dhian Yogo, Eko Supraptono, dan Roni Safi’i. 2016. Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Menggunakan Fitur API Gesture untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mengenal Aksara Korea di SMK Negeri 1 Purbalingga. Didaktikum : Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. 17 (2) : 74-82. (alamat website : http://i-rpp.com/index.php/didaktikum).
Prehanto, Dedy Rahman. 2015. Rancangan Bangun Ensiklopedia Digital Seni dan Budaya Indonesia Berbasis Web (Web Based Digital Encyclopedia For Art and Culture of Indonesia). Jurnal Manajemen Informatika. 4 (1) : 51-60. (alamat website : http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/).
Ratih, Endang. 2007. Fungsi Tari Sebagai Seni Pertunjukan. Harmonia : Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni. 2 (2) : 67-77. (alamat website : http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia ).
Rizal, Hidayat, Satriyo Adhy dan Panji Wisnu Wirawan. 2013. Perancangan dan Pembuatan Mobile Learning Interaktif Berbasis Android dengan Metode Personal Extreme Programming. Journal of Informatics and Technology. 2 (3) 1-10. (alamat website : https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/joint/article/view/6298).
Senara, Ardian. 2010. Metode Pengenalan Tari Tradisional Jawa Berbasis Multimedia pada Sanggar Tari Ndalem Pujokusuman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : STIMIK AMIKOM.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembagan (Research and Development). Bandung : Alfabeta.
Sustiawati, Luh Nuh. 2011. Kontribusi Seni Tari Nusantara dalam Membangun Pendidikan Multikultur. Mudra. 26 (2) : 126-134.
Thohari, Afandi Nur Aziz, Kodrat Iman Satoto dan Kurniawan Teguh Martono. 2013. Pembuatan Aplikasi Mobile Learning Sebagai Sarana Pembelajaran di Lingkungan Universitas Diponegoro. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. 1 (2) : 56-65. (alamat website : https://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/view/2541/2536 ).
Wahyudi, Imron dan Krisnawati. 2015. Aplikasi Ensiklopedia Tarian Tradisional dan Sejarahnya Berbasis Android. Skripsi. Yogyakarta : STIMIK AMIKOM.