Pengaruh Kampanye Imunisasi Measles Rubella melalui Iklan Layanan Masyarakat oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terhadap Perilaku Masyarakat (The Influence of Rubella Measles Immunization Campaign through Public Service Announcement by the Indonesia Ministry of Health on Community Behavior)
Main Article Content
Abstract
Pada tahun 2015 terdapat 8.185 kasus MR di Indonesia. MR merupakan salah satu penyakit yang paling banyak mengakibatkan kematian di dunia. Oleh karena itu, pemerintah melakukan imunisasi MR secara massal di tahun 2017 dan 2018. Namun, masih ada beberapa daerah yang tidak mencapai target cakupan nasional sebesar 95%, seperti di Tangerang Selatan. Berbagai metode sosialisasi telah dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI, salah satunya melalui Iklan Layanan Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kampanye imunisasi MR oleh Kementerian Kesehatan RI terhadap perilaku masyarakat dalam rangka menekan jumlah korban MR. Model yang digunakan adalah Model Kampanye Nowak dan Warneryd, sedangkan metode yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Responden penelitian ini adalah ibu-ibu di Tangerang Selatan yang berusia 21– 45 tahun dan memiliki anak usia 9 bulan sampai 9 tahun, yang dipilih dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dan purvosive sampling. Untuk mengetahui adanya pengaruh, peneliti menggunakan uji korelasi, koefisien determinasi, dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara kampanye melalui Iklan Layanan Masyarakat oleh Kementerian Kesehatan RI terhadap perilaku masyarakat terhadap imuniasi MR. Sebagian besar perilaku masyarakat ditentukan oleh kampanye imunisasi MR melalui Iklan Layanan Masyarakat oleh Kementerian Kesehatan RI, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, seperti pengetahuan, paparan media massa, dan lingkungan sosial.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Author (s) hold copyrights and retain copyrights of articles if the article is accepted for publishing.
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material are distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Public allowed to Share (copy and redistribute the material in any medium or format) and Adapt (remix, transform, and build upon the material) this journal article content.
References
Badan Pusat Statistik. “Kota Tangerang Selatan dalam Angka 2017.” Diakses pada 7 November 2018. http://tangselkota.bps.go.id.
Biro Humas dan Pelayanan Kemenkes RI. “Cakupan Imunisasi MR Tahap 1 Lampaui Target.” Diakses pada 7 November 2018. http://www.depkes.go.id/article/view/17100300002/cakupan-imunisasi-mr-tahap-1-lampaui-target.html.
Duru, Chika O., Oliemen Peterside, and Oyedeji O. Adeyemi. "A 5 year review of childhood measles at the Niger Delta University Teaching Hospital, Bayelsa state, Nigeria." Journal of medicine and medical sciences 5, no. 4 (2014): 78-86. http://dx.doi.org/10.14303/jmms.2014.045
Emilkamayana. “Pengaruh Iklan Layanan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Anti Rokok terhadap Perilaku Merokok di Kelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara.” Journal Ilmu Komunikasi 1, no. 2 (2013): 491-500.
Guntoro, Heru. “Realisasi Cakupan Imunisasi MR di Banten Rendah.” Infonawacita, 2017. http://infonawacita.com/realisasi-cakupan-imunisasi-mr-di-banten-terendah.
Guswandani, Dini. “Pendekatan Edukasi dalam Program Kampanye ‘Tanya Saya’ BPJS Ketenagakerjaan.” Jurnal Visi Komunikasi 16, no. 1 (2017): 91-110. http://dx.doi.org/10.22441/jvk.v16i1.1646.
Hastuti, Sri. "Efektivitas Iklan Layanan Masyarakat di Televisi." Jurnal Ilmu Komunikasi 2, no. 2 (2013): 67-72. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/view/2554.
Kasali, Rhenald. Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Grafiti Medika Pers, 2012.
Kriyantono, Rahmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana, 2012.
Kussanti, Devy Putri, and Intan Leliana. "Program Kampanye Humas Puskesmas Kecamatan Palmerah Dalam Upaya Preventif Bahaya Campak Dan Rubella Di Masyarakat." Jurnal Komunikasi 9, no. 1 (2018): 109-117.
Medicine. “Measles and Rubella Global Strategic Plan 2012-2020 Midterm Review.” 2012. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29307367.
Mowen, John C dan Minor Michael. Perilaku Konsumen Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2002.
Mukarom. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Pustaka Setia, 2015.
Mukaromah, Yanuarsari, Dzuha Hening, and Mutia Rahmi Pratiwi. "Iklan Layanan Masyarakat dan Respon Khalayak." Islamic Communication Journal 2, no. 2 (2018): 219-235. http://dx.doi.org/10.21580/icj.2017.2.2.2170.
Nasution, Robby Darwis. "Kyai sebagai Agen Perubahan Sosial dan Perdamaian dalam Masyarakat Tradisional." Sosiohumaniora 19, no. 2 (2017): 177-184. eSSN: 2443-2660. http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/10346/6236.
Nisa, Naima Khoiru. "Strategi Kreatif Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dalam Pemasaran Sosial." Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 4, no. 2 (2015): 158-164. https://ejournal.undip.ac.id/ index.php/ interaksi/article/download/9759/7825.
Notoatmodjo, Soekidjo. Etika dan Hukum Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Pujiyanto. Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2013.
Ruslan, Rosady. Manajemen Publik Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Ruswana. “Ibu Hamil Resiko Tinggi.” Medicastore, 2008. http://medicastore.com/penyakit/569/ Kehamilan_Resiko_Tinggi.html.
Sari, Intan Tanjung dan Iwan Awaluddin Yusuf. “Implementasi Fungsi dan Manajemen Kehumasan Direktorat Pengelolaan Media Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam Sosialisasi UU KIP.” Jurnal Komunikasi 7, no. 1 (2012). eISSN 2548-7647. https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/6397/5757.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta, 2012.
Venus, Antar. Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2010.
Yulda, Apri, Nur Alam Fajar, and Feranita Utama. "Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Perilaku Buang Air Besar di Jamban Pasca Pemicuan di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Batu." Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat8, no. 2 (2017) 109-116. http://doi.org/10.26553/jikm.2016.8.2.109-116.
Yundri, Mexitalia Setiawati, Suhartono, Henry Setyawan, dan Kamilah Budhi. “Faktor yang Berhubungan dengan Ketidaklengkapan Status Imunisasi Anak di Puskesmas Kuala Tungkal II.” Jurnal Berkala Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga 5, no. 3 (2017): 361-370. http://dx.doi.org/10.20473/jbe.v5i3.2017.