Mencipta Ruang Global Indonesia di Majalah Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia Colours (Globalizing Indonesia in Colours, Garuda Indonesia In-Flight Magazine)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Globalisasi adalah isu penting dalam komunikasi. Majalah maskapai penerbangan adalah salah satu medium komunikasi yang erat terkait dengan masalah globalitas. Ber-genre traveling, majalah maskapai penerbangan menjadi teknologi komunikasi yang tidak hanya memediasi, tetapi juga mengonstruksi sebuah ruang tertentu sesuai dengan sifat globalnya. Penelitian ini membahas bagaimana majalah maskapai penerbangan Garuda Indonesia Colours mengonstruksi tempat-tempat di Indonesia. Menggunakan analisis wacana multimodal pada features The Archipelago Journal edisi 2016, penelitian ini menemukan bahwa majalah ini mengonstruksi tempat-tempat di Indonesia sebagai ruang global melalui modalitas dalam teksnya dan cara kerja produksi.
Rincian Artikel
Jurnal IPTEK-KOM menggunakan kebijakan akses terbuka. Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Adams, Paul C. & Jansson, Andre. 2012. Communication Geography: A Bridge Between Disciplines. Communication Theory 22, pp; 299–318. International Communication Association
Andersen, N. A. (2003). Discursive analytical strategies: Understanding Foucault, Koselleck, Laclau, Luhmann. Bristol: Policy Press
Archipelago Meaning in the Cambridge English Dictionary. (n.d.). Retrieved December 09, 2017, from https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/archipelago.
Ateljevic, Irena (2000) Circuits of tourism: Stepping beyond the 'production/consumption' dichotomy, Tourism Geographies: An International Journal of Tourism Space, Place and Environment, 2:4, 369-388, DOI: 10.1080/146166800750035495
Azizah, Rizky Nur. 2017. Laporan Akhir Kuliah Kerja Komunikasi. Prodi Komu-nikasi Universitas Islam Indonesia.
Colours. 2016. Edisi Januari – Desember. Fish Agency
Conradie, M. S. (2013) A critical discourse analysis of race and gender in advertisements in the South African in-flight magazine Indwe , African Identities, 11:1, 3-18, DOI: 10.1080/14725843.2013.775837
Crouch, D., Jackson, R., & Thompson, F. (2005). The media and the tourist imagination: Converging cultures. London: Routledge.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (1994). Handbook of qualitative research. Thousand Oaks: Sage Publications.
Dimock, James P. 2015. The critical Paradigm in Croucher, S. M., & Cronn-Mills, D. (2015). Understanding communication research methods: A theoretical and practical approach.
Dhona, HR. 2017. Identitas Garuda Indonesia Dalam Rubrik Garuda Indonesia News Majalah Colours 2016. Jurnal Interact, Prodi Ilmu Komunikasi, Unika Atma Jaya. Vol 6 No.1 Halaman 41-53
Falkheimer, J., & Jansson, A. (2006). Introduction in Geographies of Communication The Spatial Turn in Media Studies. Nordicom
Foucault, M. & Sheridan, A.. (1972). The archaeology of knowledge. New York: Pantheon Books.
Henaria, Nera. 2017. Laporan Akhir Kuliah Kerja Komunikasi. Aktifitas Jurnalistik Pada Penerbit Majalah PT. Visindo Agensi Tama (Agency Fish) Jakarta. Prodi Komunikasi Universitas Islam Indonesia
Hughes, George (2013) Tourism and the semiological realization of space, edited by Ringer, G Destinations: Cultural Landscapes of
Tourism. Hoboken: Taylor and Francis.
Jaworski, A., & Pritchard, A. (2010). Discourse, communication, and tourism. Clevedon [England: Channel View Publications.
Maci, Stefania Maria. 2012. Glocal Features of Inflight Magazines: when local Becomes Global. An Explorative Study. Altre Modernita. NUMERO SPECIALE Confini mobili: lingua e cultura nel discorso del turismo, 196-218. https://doi.org/10.13130/2035-7680/2022
Putra, N.A. 2017. Wacana Politik dalam Media Dakwah Online. IPTEK-KOM, Vol. 19 No. 1, Juni 2017: 1-24
Ringer, G. (2013). Destinations: Cultural Landscapes of Tourism. Hoboken: Taylor and Francis.
Small, J., Harris, C. and Wilson, E., 2008. A critical discourse analysis of in-flight magazine adverts: the ‘social sorting’ of airline travellers? Journal of tourism and culture change, 6 (1), 17–38
Thurlow, C & Jaworsky. A. 2003. Communicating a Global reach: Inflight Magazines as a globalizing genre in tourism. Journal Sociolinguistic 7/4. pp; 579-606
Urry, J. (2001). The tourist gaze. London: SAGE Publications.
Wodak, Ruth, and Michael Meyer. 2001. Methods of critical discourse analysis. London: SAGE.
Young, Martin (1999) The Social Construction of Tourist Places, Australian Geographer, 30:3, 373-389, DOI: 10.1080/00049189993648