Komunikasi Krisis Pemerintah Indonesia di Masa Pandemi Covid-19 melalui Media Sosial (Crisis Communication of Indonesia Government During Pandemic Covid-19 using Social Media)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Makalah ini merangkum argumen pembahasan ilmiah terkait komunikasi publik pemerintah di masa krisis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komuniksi berupa media sosial. Penggunaan media sosial oleh pemerintah bukan hal baru, namun fungsinya telah bergeser dari propaganda menjadi komunikasi yang transparan dan melibatkan publik. Peran media sosial menjadi krusial bagi pemerintah ketika praktik jurnalistik menjadi terbatas di masa pandemi covid-19 karena kebijakan pembatasan sosial secara menyeluruh. Makalah konseptual ini mensintesis teori komunikasi krisis yang dipraktikkan pemerintah pada saluran media sosial. Artikel ini bertujuan untuk memberikan diskusi yang komprehensif tentang pemanfaatan media sosial pemerintah di masa pandemi Covid-19 dikaitkan dengan praktik komunikasi krisis. Artikel ini juga mengusulkan arah masa depan serta solusi dari masalah yang mungkin ditimbulkan dari penggunaan media sosial oleh institusi pemerintahan.
Rincian Artikel
Jurnal IPTEK-KOM menggunakan kebijakan akses terbuka. Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Ardiyanti, H. 2020. Komunikasi Media Yang Efektif Pada Pandemi Covid-19. INFO Singkat.
Aziz, M. S., & Wicaksono, M. A. 2020. Komunikasi Krisis Pemerintah Indonesia dalam Penanganan Covid-19. Masyarakat Indonesia, 46 (2): 194-207.
Barassi, V., & Treré, E. 2012. Does Web 3.0 come after Web 2.0? Deconstructing theoretical assumptions through practice. New media & society, 14 (8): 1269-1285.
Bertot, J. C., Jaeger, P. T., & Hansen, D. 2012. The impact of polices on government social media usage: Issues, challenges, and recommendations. Government information quarterly, 29(1): 30-40.
Bertot, J. C., Jaeger, P. T., Munson, S., & Glaisyer, T. 2010. Engaging the public in open government: The policy and government application of social media technology for government transparency. IEEE Computer, 43(11): 53–59.
Chatfield, A. T., & Reddick, C. G. 2018. All hands on deck to tweet# sandy: Networked governance of citizen coproduction in turbulent times. Government Information Quarterly, 35(2): 259–272.
Chatfield, A. T., Scholl, H. J. J., & Brajawidagda, U. 2013. Tsunami early warnings via Twitter in government: Net-savvy citizens’ co-production of time-critical public information services. Government Information Quarterly, 30(4): 377–386.
Chen, Q., Min, C., Zhang, W., Wang, G., Ma, X., & Evans, R. 2020. Unpacking the black box: How to promote citizen engagement through government social media during the COVID-19 crisis. Computers in human behavior, 110: 106380.
Coombs, W. T. 2014. Ongoing crisis communication: Planning, managing, and responding. Sage Publications.
Coombs, W. T., & Holladay, S. J. 2010. The Hand Book of Crisis Communication. Blackwell Publishing Ltd. doi:10.1002/9781444314885
Cutlip, S. M, & Center, A. H. 1971. Effective public relations (4th ed.). Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Dijkzeul, D., & Moke, M. 2005. Public communication strategies of international humanitarian organizations. Int'l Rev. Red Cross, 87: 673.
Elbanna, A., Bunker, D., Levine, L., & Sleigh, A. 2019. Emergency management in the changing world of social media: Framing the research agenda with the stakeholders through engaged scholarship. International Journal of Information Management, 47: 112–120.
Eriksson, M. 2018. Lessons for Crisis Communication on Social Media: A Systematic Review of What Research Tells the Practice. International Journal of Strategic Communication, 12(5): 526-551. DOI: 10.1080/1553118X.2018.1510405.
Fahmi, I. 2020. Drone Emprit: Software for media monitoring and analytics. Available at http://pers.droneemprit.id.
Fearn-Banks, K. 2011. Crisis Communications: A Casebook Approach. New York: Routledge.
Flew, T. 2007. New media: An introduction. Melbourne: Oxford University Press.
Graham, M. W. 2014. Government communication in the digital age: Social media’s effect on local government public relations. Public Relations Inquiry, 3(3): 361-376.
Grunig, J. E., & Hunt, T. 1984. Managing public relations. New York: Holf, Rinehart & Winston.
Guo, J., Liu, N., Wu, Y., & Zhang, C. 2021. Why do citizens participate on government social media accounts during crises? A civic voluntarism perspective. Information & Management, 58(1): 103286.
Hansen, D. L., Shneiderman, B., & Smith, M. A. 2011. Analyzing social media networks with NodeXL: Insights from a connected world. Burlington, MA: Morgan Kaufmann
Heath, R. L., & O’Hair, H. D. 2009. The significance of crisis and risk communication. Handbook of risk and crisis communication: 5-30.
Ihsanuddin. 2020. Jokowi: Kerja Dari Rumah, Belajar Dari Rumah, Ibadah di Rumah perlu digencarkan. Kompas, 16 Mei 2020. https://nasional.kompas.com/read/2020/03/16/15454571/jokowi-kerja-dari-rumah-belajar-dari-rumah-ibadah-di-rumah-perlu-digencarkan?page=all
Indonesia. 2020. Indonesia Dalam Angka Ekonomi Kasus Covid-19 Pertama, Masyarakat Jangan Panik. Portal Informasi Indonesia, 2 Maret 2020. https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/ekonomi/kasus-Covid-19-pertama-masyarakat-jangan-panik
Kavanaugh, A. L., Fox, E. A., Sheetz, S. D., Yang, S., Li, L. T., Shoemaker, D. J., ... & Xie, L. 2012. Social media use by government: From the routine to the critical. Government Information Quarterly, 29(4): 480-491.
KCP PEN. 2020. Peran Aktif Para Dokter dan Peneliti di Media Sosial Bantu Cegah Penyebaran Hoaks Covid-19. Diterima dari https://covid19.go.id/p/berita/peran-aktif-para-dokter-dan-peneliti-di-media-sosial-bantu-cegah-penyebaran-hoaks-Covid-19, 15 April 2021.
Kominfo. (2020). Inilah Fitur Layanan Chatbot Covid19.go.id. Kominfo, 24 Maret 2020. https://kominfo.go.id/content/detail/25317/inilah-fitur-layanan-whatsapp-chatbot-covid19goid/0/berita_satker
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. 2010. Theories of human communication. Waveland press.
Liu, B. F., Horsley, J. S., & Yang, K. 2012. Overcoming negative media coverage: Does government communication matter?. Journal of Public Administration Research and Theory, 22(3): 597-621.
LP3ES. (2020). https://www.lp3es.or.id/, diakses 12 April 2021.
Maal, M., & Wilson-North, M. 2019. Social Media in Crisis Communication – The “Do’s” and “Don’ts”. International Journal of Disaster Resilience in the Built Environment: 1759 - 5908. DOI: 10.1108/IJDRBE-06-2014-0044.
Mawardi, I. 2020. Ini Daftar 37 Pernyataan Blunder Pemerintah Soal Corona Versi LP3ES. Detik News, 6 April 2020. Diterima dari https://news.detik.com/berita/d-4967416/ini-daftar-37-pernyataan-blunder-pemerintah-soal-Corona-versi-lp3es/3, 12 April 2021.
Media Indonesia. 2021. 140 Juta Pengguna Media Sosial di Indonesia Aktif Selama Pandemi. Diterima dari https://mediaindonesia.com/humaniora/386622/140-juta-pengguna-media-sosial-di-indonesia-aktif-selama-pandemi, diakses tanggal 14 April 2021.
Meodia, A. 2020. Aneka Aplikasi Bantu Penanganan Covid-19. Antara, 27 Desember 2020. Diterima dari https://www.antaranews.com/berita/1915528/aneka-aplikasi-bantu-penanganan-Covid-19, diakses tanggal 21 Mei 2021.
Neely, S. R., & Collins, M. 2018. Social media and crisis communications: A survey of local governments in Florida. Journal of homeland security and emergency management, 15(1).
Panagiotopoulos, P., Bigdeli, A. Z., & Sams, S. 2014. Citizen–government collaboration on social media: The case of Twitter in the 2011 riots in England. Government Information Quarterly, 31(3): 349–357.
Pertiwi, W. K. 2020. Melihat Besarnya Kesenjangan Internet Antara Indonesia Barat dan Timur. Kompas Tekno, 10 November 2020. Diterima dari https://tekno.kompas.com/read/2020/11/10/20020087/melihat-besarnya-kesenjangan-internet-antara-indonesia-barat-dan-timur?page=all#:~:text=Meskipun%20mendekati%20angka%20200%20juta,populasi%20pengguna%20internet%20di%20Indonesia, diakses tanggal 14 April 2021.
Porter, J. 2008. Designing for the Social Web. Thousand Oaks, CA: New Riders Press.
Prabowo, D. 2020. Umumkan Kasus Corona Tanpa Beri Tahu Pasien, Pemerintah Langgar Aturan?. Kompas, 4 Maret 2020. Diterima dari https://nasional.kompas.com/read/2020/03/04/13193001/umumkan-kasus-Corona-tanpa-beri-tahu-pasien-pemerintah-langgar-aturan?page=all, 15 April 2021.
Putri, T. H. 2020. Pemerintah Tak Akan Buka Area Terdampak Virus Corona Regional Bali. IDN Times, 13 Maret 2020. Diterima dari https://bali.idntimes.com/news/indonesia/teatrika/pemerintah-tak-akan-buka-area-terdampak-virus-Corona-regional-bali/3, 15 April 2021.
Rasmussen, J., & Ihlen, Ø. 2017. Risk, Crisis, and Social Media: A Systematic Review of Seven Years’ Research. Nordicom Review: 1-17. DOI:10.1515/nor-2017-0393.
Reddy, M. C., Paul, S. A., Abraham, J., McNeese, M., DeFlitch, C., & Yen, J. 2009. Challenges to effective crisis management: Using information and communication technologies to coordinate emergency medical services and emergency department teams. International Journal of Medical Informatics, 78(4): 259–269.
Ruben, B. D., & Stewart, L. P. 2006. Communication dan Human Behavior.
Sampurno, M. B. T., Kusumandyoko, T. C., & Islam, M. A. 2020. Budaya media sosial, edukasi masyarakat, dan pandemi COVID-19. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5).
Sanders, Karen B. 2020. British government communication during the 2020 COVID-19 pandemic: learning from high reliability organizations, Church, Communication and Culture, 5(3): 356-377, DOI: 10.1080/23753234.2020.1824582
Sathish, R., Manikandan, R., Priscila, S. S., Sara, B. V., & Mahaveerakannan, R. 2020. A Report on the Impact of Information Technology and Social Media on Covid–19. In 2020 3rd International Conference on Intelligent Sustainable Systems (ICISS): 224-230.
Seeger, M. 2020. "The Conversation", 7 Maret 2020. https:// theconversation.com/crisiscommunication-researchershares-5-key-principlesthat-officials-should-use-inCoronavirus-133046, diakses 12 April 2021.
Seeger, M. W. 2006. Best Practices in Crisis Communication: An Expert Panel Process. Journal of Applied Communication Research, 34(3): 232-244. DOI: 10.1080/00909880600769944
Setkab. 2020. Jubir Satgas Covid-19: Konferensi Pers Akan Berisi Edukasi Melalui Analisis Data Kasus. Humas Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, 24 Juli 2020. Diterima dari https://setkab.go.id/jubir-satgas-Covid-19-konferensi-pers-akan-berisi-edukasi-melalui-analisis-data-kasus/, diakses tanggal 21 April 2021.
Singhal, T. 2020. A review of Coronavirus disease-2019 (COVID-19). The indian journal of pediatrics, 87(4): 281-286.
Straubhaar, J., LaRose, R., & Davenport, L. 2013. Media now: Understanding media, culture, and technology. Nelson Education.
Sucahyo, N. (2020). Kerja Jurnalis dan Kebebasan Pers di Masa Pandemi. VOA Indoensia, 4 Mei 2020. Diterima dari https://www.voaindonesia.com/a/kerja-jurnalis-dan-kebebasan-pers-di-masa-pandemi/5403430.html, diakses tanggal 14 April 2021.
Sulistyowati, E., Febriyanta, I. M. M. 2020. Serba-Serbi Penggunaan Media Sosial di Instansi Pemerintahan. DJKN Kementerian Keuangan, 20 Oktober 2020. Diterima dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-jakarta/baca-artikel/13455/Serba-serbi-Penggunaan-Media-Sosial-di-Instansi-Pemerintah.html, diakses tanggal 14 April 2021.
Tepper, M. 2003. The rise of social software. NetWorker, 7(3): 18–23.
Ulmer, R. R., Sellnow, T. L., & Seeger, M. W. 2017. Effective crisis communication: Moving from crisis to opportunity. Sage Publications.
Vidi, A. 2021. Data Kominfo Ungkap Ada 1.485 Isu Hoaks Seputar Covid-19. Liputan6, 19 Maret 2021. Diterima dari https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4510626/data-kominfo-ungkap-ada-1485-isu-hoaks-seputar-Covid-19, diakses tanggal 14 April 2021.
Wright, D. K. 2013. Structure and Development of the Public Relations Agency Industry in the United States: Operational Structure, Clients, Fees, and Talent. International Journal of Strategic Communication, 7(2): 136-148
Yoon, J., Ram N., & Myung, K. K. 2017. Retailer’s sourcing strategy under consumer stockpiling in anticipation of supply disruptions. International Journal of Production Research 56: 3615–35.
Yoshio, A. 2020. 5 Aplikasi Untuk Bantu Cegah Penyebaran Covid-19. KataData, 31 Desember 2020. Diterima dari https://katadata.co.id/ariemega/digital/5fec26b0ba381/5-aplikasi-untuk-bantu-cegah-penyebaran-Covid-19, diakses tanggal 21 Mei 2021.