Digital Storytelling Kok Bisa? : Mengubah Keberlimpahan Informasi menjadi Konten Edukasi (Digital Storytelling Kok Bisa?: Turning Abundance of Information into Educational Content)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Keberlimpahan informasi yang dihasilkan oleh internet dapat dimanfaatkan untuk menunjang pelaksanaan edukasi melalui konsep digital storytelling. Penelitian kualitatif ini dilakukan pada salah satu kanal edukasi digital di Indonesia, yaitu Kok Bisa?, dalam memanfaatkan keberlimpahan informasi untuk menciptakan konten edukasi dalam format video animasi digital. Penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif dengan menggunakan metode triangulasi dalam mengumpulkan data serta menerapkan analisis tematik terhadap konsep digital storytelling Kok Bisa?. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menyusun narasi edukasi di era digital, Kok Bisa? banyak memanfaatkan platform online untuk memproduksi maupun mendistribusikan kontennya yang dikemas secara menarik melalui digital storytelling. Hal ini dilakukan untuk menjaga antusiasme audiens dan relevansi konten edukasi terhadap audiensnya.
Rincian Artikel
Jurnal IPTEK-KOM menggunakan kebijakan akses terbuka. Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Ali, Zainab H., Hesham A. Ali, and Mahmoud M Badawy. 2015. “Internet of Things (IoT): Definitions, Challenges and Recent Research Directions.” International Journal of Computer Applications 128 (1): 37–47. https://doi.org/10.5120/ijca2015906430.
Almeida, Fernando Luis. 2017. “Concept and Dimensions of Web 4.0.” International Journal of Computers & Technology 16 (7): 7040–46. https://doi.org/10.24297/ijct.v16i7.6446.
Anderson, Emma Louise, Eloisa Steen, and Vasileios Stavropoulos. 2017. “Internet Use and Problematic Internet Use: A Systematic Review of Longitudinal Research Trends in Adolescence and Emergent Adulthood.” International Journal of Adolescence and Youth 22 (4): 430–54. https://doi.org/10.1080/02673843.2016.1227716.
Anggadewi, B. 2017. “Digital Storytelling Sebagai Media Bagi Guru Untuk Mengembangkan Komunikasi Anak Berkebutuhan Khusus.” Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 22-24 Agustus 2017.
APJII. 2020. “Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020.” Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Vol. 2020. https://apjii.or.id/survei.
Bärtl, Mathias. 2017. “YouTube Channels, Uploads and Views: A Statistical Analysis of the Past 10 Years.” Convergence 24 (1): 16–32. https://doi.org/10.1177/1354856517736979.
Braun, Virginia, and Victoria Clarke. 2006. “Using Thematic Analysis in Psychology.” Qualitative Research in Psychology 3 (2): 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa.
Campbell, Steve, Melanie Greenwood, Sarah Prior, Toniele Shearer, Kerrie Walkem, Sarah Young, Danielle Bywaters, and Kim Walker. 2020. “Purposive Sampling: Complex or Simple? Research Case Examples.” Journal of Research in Nursing 25 (8): 652–61. https://doi.org/10.1177/1744987120927206.
Creswell, John W. 2014. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. Edited by Vicki Knight. Sage Publications. 4th ed. United Kingdom: Sage Publication Ltd. http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150.
Fleisch, Elgar. 2010. “What Is the Internet of Things? An Economic Perspective What Is the Internet of Things - An Economic Perspective.” Economics, Management, and Financial Markets 5 (2): 125–57. www.autoidlabs.org.
Gunawan, William. 2017. “Motif Dan Kepuasan Subscriber Menonton Channel ‘ Kok Bisa ’ Di YouTube.” Jurnal E-Komunikasi Vol. 5 (2): Hal. 1-10.
Hashim, Harwati. 2018. “Application of Technology in the Digital Era Education.” International Journal of Research in Counseling and Education 1 (2): 1. https://doi.org/10.24036/002za0002.
Heriyana, Wina, and Irena yolanita Maureen. 2014. “Penerapan Metode Digital Storytelling Pada Keterampilan Menceritakan Tokoh Idola Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Kedamean, Gresik.” Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan VOL 2, No: 1–9. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/8471.
Heriyanto, Heriyanto. 2018. “Thematic Analysis Sebagai Metode Menganalisa Data Untuk Penelitian Kualitatif.” Anuva 2 (3): 317. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324.
Iswari, Mega. 2019. “The Challenge of Improving Special Education Quality in Digital Era.” Journal of ICSAR 3 (1): 91–94. https://doi.org/10.17977/um005v3i12019p091.
Laksana, Naftalia, and Siegfrieda A. S. Mursita Putri. 2018. “An Error Types Analysis on Youtube Indonesian-English Auto-Translation in Kok Bisa? Channel.” Journal of Language and Literature 18 (1): 76–81. https://doi.org/10.24071/joll.2018.180110.
Lambert, J. 2018. Digital Storytelling: Capturing Lives, Creating Community. 4th eds. New York: Routledge.
Lestariyana, Reni Puspitasari Dwi, and Handoyo Puji Widodo. 2018. “Engaging Young Learners of English with Digital Stories: Learning to Mean.” Indonesian Journal of Applied Linguistics 8 (2): 489–95. https://doi.org/10.17509/ijal.v8i2.13314.
Maddin, Ellen. 2011. “Using TPCK with Digital Story Storytelling to Investigate Contemporary Issues in Educational Technology.” Journal of Instructional Pedagogies 7: 1–12.
Marwick, Alice E., and Danah Boyd. 2014. “Networked Privacy: How Teenagers Negotiate Context in Social Media.” New Media and Society 16 (7): 1051–67. https://doi.org/10.1177/1461444814543995.
Morissan. 2019. Riset Kualitatif. Pertama. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.
Mudjiyanto, Bambang. 2018. “Tipe Penelitian Eksploratif Komunikasi.” Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 22 (1): 65. https://doi.org/10.31445/jskm.2018.220105.
Parvathi, M., and R. Mariselvi. 2017. “A Bird’s Eye on the Evolution – Web 1.0 to Web 5.0 : Lib 1.0 to Lib 5.0.” International Journal of Advanced Research Trends in Engineering and Technology (IJARTET) 4 (4): 167–76. https://bit.ly/2HQTVDL.
Paul, Long, and Tim Wall. 2012. Media Studies Text, Production, Context. Edited by Vian Bakir and Andrew McStay. 2nd ed. New York: Routledge.
Rosa, John Paul O.Dela, and Cecilia F. Genuino. 2018. “Correlating Writer’s Block and ESL Learners’ Writing Quality.” Indonesian Journal of Applied Linguistics 7 (3): 604–12. https://doi.org/10.17509/ijal.v7i3.9810.
Sadiyah, Ulfatu, and Joko Wasisto. 2019. “Evaluasi Informasi Berbasis Web Pada Konten Kanal Youtube ‘Kok Bisa?’” Jurnal Ilmu Perpustakaan 8 (4): 239–48. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26962.
Thurlow, Crispin, Laura Lengel, and Alice Tomic. 2004. Computer Mediated Communication: Social Interaction and The Internet. Sage Publications. London: Sage Publications Ltd. http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150.
Vivienne, Sonja, and Jean Burgess. 2013. “The Remediation of the Personal Photograph and the Politics of Self-Representation in Digital Storytelling.” Journal of Material Culture 18 (3): 279–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.1177/1359183513492080.
White, Bebo. 2015. “Discovering the Future of the Web.” Journal of Computing and Information Technology 23 (1): 87–93. https://doi.org/10.2498/cit.1002516.
Zuana, Muhammad Mujtaba Mitra. 2018. “Digital Storytelling: An Attractive Media to Teach Narrative Text in Speaking Class.” ALSUNA : Journal of Arabic and English Language 1 (1): 26–39. https://doi.org/10.31538/alsuna.v1i1.124.