Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Web Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Dan Literasi Digital Siswa Kelas V SD/MI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis web untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya dan literasi digital siswa kelas kelas V SD/MI, mendeskripsikan hasil validasi multimedia interaktif berbasis web untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya dan literasi digital siswa kelas kelas V SD/MI dari aspek kelayakan media dan materi oleh ahli dan guru, dan mengetahui efektivitas multimedia interaktif berbasis web untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya dan literasi digital siswa kelas V SD/MI.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal IPTEK-KOM menggunakan kebijakan akses terbuka. Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Anggi, Pratiwi, dan Nurul Komaril Eflina Asyrotin. 2019. “Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi milenial di Indonesia.” Jurnal Kajian Informasi dan Kepustakaan 65-80. http://dx.doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066
Buckingham, David. 2015. “Defining digital literacy - What do young people need to know about digital media?” Nordic Journal of Digital Literacy 21-35. doi:10.18261/ISSN1891-943X-2015-Jubileumsnummer-03.
Budiartyo, M. K., T. Rejekiningsih, dan S. Sudiyanto. 2021. “Student's Opinions on The Need for Interactive Multimedia Development for Entrepreneurship Learning.” International Journal of Evaluation and Research in Education 1290-1297. http://doi.org/10.11591/ijere.v10i4.21411
Cairncross, Sandra, dan Mike Mannion. 2010. “Interactive Multimedia and Learning: Realizing the Benefits.” Innovations in Education and Teaching International 156-164. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/14703290110035428.
Davis, F. D. 1989. “Perceived Usefullness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information and Technology.” MIS Quarterly 319-340. https://doi.org/10.2307/249008
Didik, Prasety Dwi, Aji Prasetya Wibawa, dan Ansari Saleh Ahmar. 2018. “Design of Web-based lightweight interactive multimedia for distance learning.” 2nd International Conference on Statistics, Mathematics, Teaching, and Research. Malang: IOP Publishing. 1-10. DOI:10.1088/1742-6596/1028/1/012059
Faizah, Dewi Utama, S. Sufyadi, Anggraini L., Waluyo, S. Dewayani, Muldian W. , dan D. R. Roosaria. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
Gruszczynska, Anna, dan Richard Pountney. 2015. “Developing the Concept of Digital Literacy in the Context of Schools and Teacher Education.” Enhancing Learning in the Social Sciences 25-36. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.11120/elss.2013.05010025.
Hadiansyah, Firman. 2018. Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hirsch, Eric Donald. 1987. Cultural Literacy: What Every American Needs to Know. Boston: Houghton Mifflin.
Hootsuite We Are Social. January. Diakses January 1, 2021. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia.
Hwang, Wu-Yuin, Rustam Shadiev, Jung-Lung Hsu, Yueh-Min Huang, Guo-Liang Hsu, dan Yi-Chun Lin. 2014. “Effects of storytelling to facilitate EFL speaking using Web-based multimedia system.” Computer Assisted Language Learning 215-241. https://doi.org/10.1080/09588221.2014.927367
Kenton, Jeffrey, dan Barbara Blummer. 2010. “Promoting Digital Literacy Skills: Examples from the Literature and Implications for Academic Librarians.” Community & Junior College Libraries 84-99. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/02763911003688737.
Kurniawati, I. D. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa.” DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology 68-75. http://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Leow, F-T, dan Mai Neo. 2014. “Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education in a Malaysian University.” TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology 99-110. https://eric.ed.gov/?id=EJ1022913
Lieberman, Debra A., Cynthia H. Bates, dan Jiyeon So. 2009. “Young Children’s Learning With Digital Media.” Computers in the Schools 271-283. https://eric.ed.gov/?id=EJ863617
Martin, F., dan B. K. Betrus. 2019. Digital Media For Learning. Springer.
Meyers, Eric M., Ingrid Erickson, dan Ruth V. Small. 2013. “Digital literacy and informal learning environments: an introduction.” Learning, Media and Technology 355-367. https://doi.org/10.1080/17439884.2013.783597
Microsoft. 2021. Digital Literacy. 12 January. Diakses January 1, 2022. https://www.microsoft.com/en-us/digital-literacy.
Mustari, Lamada, E. Suhardi, dan Herawati. 2019. “Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar.” Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 35-42. https://doi.org/10.26858/mekom.v6i1.12000
Nugroho, Fandi, dan Muhammad Iqbal Arrosyad. 2020. “Pengembangan Multimedia Moodle pada Pembelajaran Tematik Integratif berbasis Web Bagi Siswa Kelas IV SD.” Cendekiawan 49-63. https://dx.doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.177
Nurcahyo, M. A. 2020. “Penggunaan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMP Pasa Mata Pelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/2077
Pratama, A. N., dan H. H. Batubara. 2021. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Penerapan Nilai-Nilai Pancasila.” Bidayatuna Jurnal Pendidikan 157-168. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/bidayatuna/article/view/1082/529
Priyambodo, E., A. Wiyarsi, dan A. S. Ahmar. 2018. “Design of Web-Based Lightweight Interactive Multimedia for Distance Learning.” Journal of Physics: Conference Series. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1028/1/012059
Rahmah, R., H. Susilo, dan L. Yuliati. 2021. “Pengembangan Media Interaktif Tema "Sehat Itu Penting" Untuk Meningkatkan Literasi Digital Pada Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan 70-78. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14388
Ricci, C. M., dan R. C. Beal. 2002. “The Effect of Interactive Media on Children's Story Memory.” Journal of Educational Psychology 138-114. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-0663.94.1.138
Sadikin, Ali, Asni Johari, dan Lili Suryani. 2020. “Pengembangan multimedia interaktif biologi berbasis website dalam menghadapi revolusi industri 4.0.” Edubiotik 18-28. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.644
Sayeski, Kristin L., Michael J. Kennedy, Sandra de Irala, Elias Clinton, Melisa Hammel, dan Kristen Thomas. 2015. “The Efficacy of Multimedia Modules for Teaching Basic Literacy-Related Concepts.” Exceptionality 237-257. https://doi.org/10.1080/09362835.2015.1064414
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories, Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Segal, Naomi. 2015. “From Literature to Cultural Literacy.” Humanities 68-79. https://pdfs.semanticscholar.org/b8ff/59b6b689bab500539066ae8291bf3991144b.pdf.
Suandi, R. D. 2022. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Web dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika .” Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Cirebon: UNSWAGATI. 117-124. http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/view/944/444
Uno, Hamzah B. 2007. Profesi Kependidikan, Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Bandung: Bumi Aksara.
Widodo, W., E. Sudibyo, S. Suryanti, Sari D.A.P, I. Inzanah, dan B. Setiawan. 2020. “The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy.” Jurnal pendidikan IPA Indonesia 248-256. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23208
Widyati, J. R, Rien Safrina, dan Y. Supriyati. 2021. “Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif.” Jurnal Obsesi 654-664. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692
World Economic Forum. 2015. New Vision for Education: Unlocking the Potential of Technology. Geneva: WEF.
Yosafat, D., dan B. S. Bachri. 2021. “Pengembbangan Multimedia Interaktif Berbasis Web Materi Dampak Pencemaran Terhadap Ekosistem pada Mata Pelajaran IPA Kelas X SMK Negeri 1 Jimbang.” Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 1-6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/44136
Yu, Baohua, dan Artem Zadorozhnyy. 2022. “Developing students’ linguistic and digital literacy skills through the use of multimedia presentations.” ReCALL 95-109. doi:10.1017/S0958344021000136
Zulqadri, Dewanto Muhammad, Ali Mustadi, and Heri Retnawati. 2022. “Digital Safety During Online Learning: What We Do to Protect Our Student?”. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan 7 (1):178-91. https://doi.org/10.25217/ji.v7i1.1746.