Strategi Digital Marketing atas Produk dan Layanan yang Ditawarkan dalam Bisnis Prostitusi Online
Isi Artikel Utama
Abstrak
Berkembangnya teknologi digital yang begitu masif, telah membawa perubahan besar dalam dunia bisnis. Berbagai bentuk transaksi online mulai dari marketing , penjualan, pembayaran, sampai pengiriman barang telah memanfaatkan berbagai platform digital. Kondisi seperti ini ternyata dijadikan pula sebagai sarana transaksi bisnis prostitusi baru dengan memanfaatkan teknologi digital. Studi ini bertujuan untuk menganalisis strategi digital marketing serta produk dan layanan yang ditawarkan dalam bisnis prostitusi online . Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berbasis digital. Data dikumpulkan
dengan melakukan wawancara mendalam secara daring, kemudian observasi digital, dan studi literatur digital. Informan dalam penelitian ini adalah para pelaku pekerja seks komersial serta para konsumennya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital dalam konteks ini melibatkan pengoptimalan situs web di mesin pencari, pemanfaatan media sosial untuk menciptakan konten yang menarik, penggunaan berbagai platform digital yang terintegrasi, serta penerapan iklan digital dan pemasaran melalui email. Secara konseptual, prostitusi
online merepresentasikan pemanfaatan teknologi untuk membangun dan mempertahankan jaringan pelanggan melalui strategi pemasaran digital yang adaptif dan dinamis. Produk dan layanan yang ditawarkan termasuk produk visual dan audio-visual, layanan pendampingan, pijat, serta layanan fisik, yang semuanya diintegrasikan dalam ekosistem digital sebagai bagian dari model bisnis ini.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal IPTEK-KOM menggunakan kebijakan akses terbuka. Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Ahmed, F., Shafiq, M. Z., & Liu, A. X. (2016). The Internet is for Porn: Measurement and Analysis of Online Adult Traffic. 2016 IEEE 36th International Conference on Distributed Computing Systems (pp. 88-97). Nara: Institute of Electrical and Electronics Engineers.
Alhakim, R. (2019). Pekerja seks komersial (PSK) dengan menggunakan media online di kota Surabaya. Surabaya: Repository University Wijaya Kusuma.
Andriano, S. (2021). Peran Media Sosial Pada Komunikasi Pemasaran Aplikasi "Catch Me Up!" Melalui Email News Letter. Jurnal Interact, 1-34. Retrieved from https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/interact/article/view/2329/1248
Asri, I. (2022). Pola Komunikasi Interpersonal Pekerja Seks Komersil dalam Prostitusi Online di Sosial Media (Studi Kasus di Bilangan Jakarta Pusat). Ikon: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, XXVII(1), 83-106. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/1831
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing: strategy, implementation & practice (7th ed.). United Kingdom: Pearson Education.
Darojah, D. L. (2020). Potret Perempuan Pekerja Seks Komersial (Studi Kos-kosan Kec. Puri, Kab.Mojokerto). Skripsi. Retrieved from https://eprints.umm.ac.id/64398/
Desai, V. (2019). Digital Marketing: A Review. International Journal of Trend in Scientific Research and Development (IJTSRD), 196-200. Retrieved from https://www.ijtsrd.com/papers/ijtsrd23100.pdf
Fakhirah, T. G., Amirudin, A., Lathifah, A., & Laksono, A. (2021). Kajian Netnografi Aktivitas Komersialisasi Tubuh Para Kreator Onlyfans. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, V(1), 19-47. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/endogami/article/view/43270
Fatkhullah, M., & Habib, M. A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat: Konsep, Peluang, dan Tantangan dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 6(1), 137-153.
Febriansyah, H. (2022). Gambaran Perilaku Mengkonsumsi Konten Pornografi Pada Dewasa Awal: Studi Literatur Psikologi Dan Islam. Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains (KIIIS) (pp. 327-332). Yogyakarta: Faculty of Science and Technology, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Gunawan, R. D., Sugiartha, N. G., & Karma, N. S. (2021). Penyebaran Iklan Pada Media Elektronik Yang Memuat Konten Pornografi. Jurnal Interpretasi Hukum, 261-267.
Habib, M. A., Nisa, K. K., Fatkhullah, M., Ursah, C. R., & Budita, A. K. (2022). Sosiologi Ekonomi: Kajian Teoretis dan Contoh Penerapan. Tulungagung: Akademia Pustaka. Retrieved from http://repo.uinsatu.ac.id/25824/
Haryanto, A. T. (2019, January 09). Tiap Bulan, Kominfo Jaring 1.000 Konten Prostitusi Online. Retrieved from Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik indonesia: https://www.kominfo.go.id/content/detail/15872/tiap-bulan-kominfo-jaring-1000-konten-prostitusi-online/0/sorotan_media
Ifdhal, M. (2020, March 08). Kominfo: Aduan konten negatif didominasi pornografi. Retrieved from Antara News: https://www.antaranews.com/berita/1343490/kominfo-aduan-konten-negatif-didominasi-pornografi
Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Utomo, K. P., . . . Triwardhani, D. (2021). Perilaku Konsumen. Bandung: Widina Bhakti Persada. Retrieved from https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/335466-perilaku-konsumen-2b933b4d.pdf
Ispawati, A. (2022). Pola Komunikasi Interpersonal Pekerja Seks Komersil Dalam Prostitusi Online Di Sosial Media (Studi Kasus di Bilangan Jakarta Pusat). IKON: Jurnal Ilmu Komunikasi, 83-106. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/index
Jannah, N. (2010). Praktik Jual Beli Download Video Porno Melalui Handphone (Studi Kasus di Gerai-gerai Ponsel Kelurahan Sungai Bilu Kecamatan Banjarmasin Timur). Banjarmasin: Repository Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.
Jayani, D. H. (2021, June 03). Kasus Prostitusi Anak Paling Banyak Terjadi lewat Aplikasi MiChat. Retrieved from Databoks Katadata Media Network: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/03/kasus-prostitusi-anak-paling-banyak-terjadi-lewat-aplikasi-michat
Juditha, C. (2021). Prostitusi Daring: Tren Industri Jasa Seks Komersial di Media Sosial. Jurnal_Pekommas, 6(1), 51-63. doi:https://dx.doi.org/10.30818/jpkm.2021.2060106
Kingsnorth, S. (2022). Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing (3rd ed.). New York: Kogan Page Publishers.
Kleden, K. L. (2019). Pisau Analisis Kriminologi Prostitusi Online. DiH: Jurnal Ilmu Hukum, XV(1), 68-78.
Latif, S. A., & Zulherawan, M. (2019). Penyimpangan Sosial dalam Prilaku Seks Bebas Dikalangan Remaja. SISI LAIN REALITA, 4(2), 56-75. doi:https://doi.org/10.25299/sisilainrealita.2019.vol4(2).4827
Liu-Thompkins, Y. (2019). A Decade of Online Advertising Research: What We Learned and What We Need to Know. Journal of Advertising, XLVIII(1), 1-13. doi:https://doi.org/10.1080/00913367.2018.1556138
Malik, A. (2019). Prostitusi Online dan Komodifikasi Tubuh. Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1-8. doi:https://doi.org/10.30656/lontar.v7i1.1562
Mario, R. (2020). New Media & Cybersex: Penyalahgunaan Media Sosial dalam Sarana Prostitusi Online. Yogyakarta: Repository Universitas Mercubuana. Retrieved from http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9038/
Matta, C. (2024). The Explanatory Power of Discourse Analysis. Philosophy of the Social Sciences, 54(5), 363–386. https://doi.org/10.1177/00483931241255229
Muntu, S. A. (2021). Studi Netnografi Pada Media Sosial Instagram. Acta Diurna Komunikasi, 3(4), 1-8.
Noerkhaliza, U. (2019). Tinjauan Sosiologis terhadap Prostitusi Berkedok. Medan: Repository Universitas Sumatera Utara.
Noviani, A., & Wijayanti, S. (2022, Juli). Instagram Sebagai Medium Pesan Komunitas Ibu Tunggal di Indonesia (Studi Netnografi di Akun Instagram @singlemomindonesia). Jurnal Netnografi Komunikasi, 1(1), 1-13.
Nurgiansah, T. H. (2020). Fenomena Prostitusi Online di Kota Yogyakarta dalam Persfektif Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Jurnal Kewarganegaraan, VII(1), 27-34. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2332233&val=22417&title=Fenomena%20Prostitusi%20Online%20di%20Kota%20Yogyakarta%20dalam%20Perspektif%20Nilai%20Kemanusiaan%20Yang%20Adil%20dan%20Beradab
Platta, M., Davies, S. G., & Bennett, L. R. (2018). Contestations of Gender, Sexuality and Morality in Contemporary Indonesia. Asian Studies Review, 42(1), 1-15. doi:Asian Studies Review
Ratu, M., Welly E. Mamosey, & Jetty E.T Mawara. (2020, Mret). Strategi PSK dalam Menggunakan Media Sosial Di Kota Manado. Jurnal Holistik, XIII(1), 1-17.
Ritaudin, M. (2019). Persepsi Tokoh Masyarakat Terhadap Aspek Politik Eksistensi Pekerja Seks Komersial (PSK) Di Eks Lokalisasi Rawa Laut Panjang Selatan Bandar Lampung . Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 171-201. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/TAPIs/article/view/4303/2854
Sabela, J., Hendarso, Y., & Soraida, S. (2021). Fenomena Eksploitasi Ladies Companion (LC) Di The Venus Kota Palembang. Jurnal Media Sosiologi Bidang Ilmu Sosial, 93-101. doi:https://doi.org/10.47753/jms.v24i1.76
Saleh, M., & Said , M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makasar: CV SAH MEDIA.
Scheper-Hughes, N., & Wacquant, L. (2002). Commodifying Bodies. London: SAGE Publications.
Setyawan, S. A., Gustaf, M. A., Pambudi, E. D., Fatkhurrozi, M., & Anwar, S. (2019). Student Free Sex in the Perspective of Criminology and Law. Law Research Review Quarterly, 5(2), 135-158. doi:https://doi.org/10.15294/snh.v5i2.31265
Sidqi, F. D., & Marcos, H. (2021). Optimasi Website Menggunakan Metode Search Engine Optimization (SEO) On Page Dan Off Page Dalam Meningkatkan Trafik Kunjungan (Studi Kasus: Hustle Media Group). JOISM: Jurnal Of Information System Management, 27-31.
Sumintak, S., & Idi, A. (2022). Analisis Relasi Kuasa Michel Foucault: Studi Kasus Fenomena Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains, XI(1), 55-61. doi:https://doi.org/10.19109/intelektualita.v11i1.11117
Syahza, A. (2021). Metode Penelitian Edisi Revisi 2021. Pekanbaru: UR Press. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/354697863_Buku_Metodologi_Penelitian_Edisi_Revisi_Tahun_2021
Umaroh, A., Prastika, C., Herawati, Chalada, S., & Pratomo, H. (2021). Fenomena Pacaran Remaja Selama Masa Pandemi Covid-19 di Jabodetabek. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat, 125-138. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Ayu-Umaroh/publication/350099797_FENOMENA_PACARAN_REMAJA_SELAMA_MASA_PANDEMI_COVID-_19_DI_JABODETABEK/links/6050dbc9299bf173674ab7e5/FENOMENA-PACARAN-REMAJA-SELAMA-MASA-PANDEMI-COVID-19-DI-JABODETABEK.pdf.
Wahyudi, T. H., & Prastiwi, J. H. (2022). Sexuality and the State: Dispensation of Child Marriage in Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 205-225.
Wibawanto, H. (2021). Analisis Penelitian di Era Digital. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Retrieved from https://pustaka.ut.ac.id/lib/mslk5109-analisis-penelitian-di-era-digital/
Yamin, Ahmad Bin. (2017). Impact of DigitaL Marketing as a Tool of Marketing Communication: A Behavioral Perspective on Consumers o Bangladech. Asian Business Consortium, 117-122. Retrieved from https://abc.us.org/ojs/index.php/ajtp/article/view/426
Zuhri, M. S. (2022). Konsep Diri Pada Pekerja Seks Komersial Di Warung Remang-Remang. Rosyada: Islamic Guidance and Counseling, 114-126. Retrieved from https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/rosyada/article/view/4409/2433