Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Monumen Pers Nasional Surakarta

Isi Artikel Utama

Daru Nupikso

Abstrak

Monumen Pers Nasional (MPN) adalah penyelenggara jasa layanan publik khususnya bidang pers nasional di bawah Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika. Sebagai penyelenggara layanan informasi dan komunikasi publik, MPN berkewajiban memberikan pelayanan yang berkualitas dan memenuhi harapan publik dan berfungsi sebagai pusat rujukan pers nasional berbasis teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator yang mempengaruhi kualitas layanan dan tingkat kepuasan publik terhadap MPN dengan menggunakan perspektif kajian kebijakan publik serta mendasarkan pada teori ekonomi. Metode yang digunakan adalah survei kepuasan layanan publik khususnya di lima bentuk layanan. Hasilnya menunjukkan kualitas layanan dipengaruhi oleh dimensi wujud layanan, sikap empati, kehandalan petugas, kesiapsiagaan petugas, dan keyakinan terhadap layanan yang dijanjikan. Survei juga menunjukkan indeks kepuasan mencapai 3,768, di mana publik puas dengan layanan yang diberikan MPN.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Creswell, J. W. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Media.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Dunn, William N. Analisis Kebijakan Publik, Edisi Kedua, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2003.

Fardhani H dan Rahardjo M. "Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan Badan Pelayanan

Perijinan Terpadu Kota Semarang", 2008.

Harisson, Paul and Robin Shaw. “Customer Satisfaction anf Post Purchase Intentions: an Exploratory Study of Museum Visitor”.

International Journal of Arts Management Winter (2004).

Kotler, P. Marketing Management. 11th ed. New Jersey: Prentice Hall Int'l, 2003.

Kotler, P. & Gary, A. Prinsip-Prinsip Pemasaran. 12th ed. s.l.:Erlangga, 2008.

Nisfiannoor. Pendekatan Statistika Modern untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba, 2009.

Nugroho, Riant. Kebijakan Publik untuk Negaranegara Berkembang. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2006.

Orwig, R. A., (1997). “An Empirical Investigation Into The Validity of Servqual in The Public Sector”. Journal Public Administration

Quartely (1997).

Parasuraman. “Refinement and reassessment of the Servqual Scale”. Journal of Retailing,67(4) (1991).

Pranoto dan Panjaitan. Media dan Otonomi Daerah. s.l.:Indonesia Media Law & Policy Center: 2006.

Santoso, S. Structural Equation Modelling, Konsep dan Aplikasi dengan Amos 18. Jakarta: PT. Gramedia, 2011.

Sinambela, L. P. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Skelcher, C. Managing for Serivice Quality. Londong: Longman Group, 1992.

Tjiptono, F. & Chandra, G. Service, Quality, & Satisfaction. ed. 3. Yogyakarta: Andi Publishing, 2011.

Zeithaml, V. A. & Bitner, M. J. Service Marketing. New York: McGraw Hill Inc., 2003.

Zamil, Ahmad Mahmoud, Ahmad Yousef Areiqat, and Waleed Tailakh. "The Impact of Health Service Quality on Patients’ Satisfaction over Private and Public Hospitals in Jordan: A Comparative Study". International Journal of Marketing Studies Vol. 4,No. 1; February (2012).