Penggunaan Internet Mobile di Kalangan Mahasiswa
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penggunaan Internet mobile, merupakan salah satu pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang kini semakin meningkat di Indonesia. Mengacu pada teori uses and gratifications yang diperkenalkan Herbert Blumer dan Elihu Katz (1974), pengguna media adalah pihak yang aktif dalam proses komunikasi, berusaha untuk mencari sumber media yang paling baik dalam usaha memenuhi kebutuhannya. Survei ini dilakukan dengan maksud untuk mendeskripsikan data tentang penggunaan Internet mobile di kalangan mahasiswa di Kota Yogyakarta. Hasil pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner terhadap 100 responden mahasiswa pada April 2012 menunjukkan, sebagian besar mahasiswa setuju bahwa Internet mobile merupakan media untuk memenuhi kebutuhan mereka akan informasi, hiburan, dan iritasi.
Rincian Artikel
Jurnal IPTEK-KOM menggunakan kebijakan akses terbuka. Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Bungin, Burhan. Sosiologi Komunikasi, Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di masyarakat, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.
Gayatri, Gati. “Dinamika Penelitian dan Pengem¬bangan Komunikasi Sosial”. Dalam Jurnal Penelitian dan Pengem-bangan Komunikasi dan Informatika, Edisi Khusus, Badan Litbang SDM- Depkominfo RI, 2006.
Katz, E, Blumer, Jay G, Gurevitch dan Hass. Utilization of Mass Communi¬ca¬tion by the Individual, “The Uses of Mass Commu¬nication: Curent Perspec¬tive on Gratification Research. Beverly Hills-London: Sage Publica¬tions, 1974.
Kriyantono. Teknis praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2006.
Luo, Xueming. Uses and Gratifications Theory and E-Consumer Behaviors: A Struc-tural Equation Modeling Study, Journal of Interactive Advertising, Vol 2 No 2 Spring 2002.
McQuail, Denis. Model-Model Komunikasi, Jakarta: Uni Primas, 2005.
--------- Teori komunikasi massa suatu pengantar (2nd ed). Penerbit Erlangga: PT. Gelora Aksara Pratama. 1987.
Nielsen, Hampir Setengah Pengguna Inter¬net di Indonesia mengakses Inter¬net via Handphone, 2011, http://www. Tekno-jurnal.com/2011/09/16/.
Ruggerio. Uses and Gratifications Theory in the 21st Century, Mass Communication and Society, https://umdrive.memphis. edu/cbrown14/public/Mass CommunicationTheory/Usesand Gratifications/Ruggiero.pdf. 2000.
http://edutechnolife.com/, diakses pada 3 Februari 2012, Jm 10.00 pagi
http://meopinion.wordpress.com, diakses Posted on September 27, 2010
http://www.teknojurnal.com/2011/09/16/hampir-setengah-pengguna-internet-di-indonesia-mengakses-internet-via-handphone/. Diakses Maret 2012