Penggunaan Internet Mobile di Kalangan Mahasiswa

Isi Artikel Utama

Siti Wahyuningsih

Abstrak

Penggunaan Internet mobile, merupakan salah satu pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang kini semakin meningkat di Indonesia. Mengacu pada teori uses and gratifications yang diperkenalkan Herbert Blumer dan Elihu Katz (1974), pengguna media adalah pihak yang aktif dalam proses komunikasi, berusaha untuk mencari sumber media yang paling baik dalam usaha memenuhi kebutuhannya. Survei ini dilakukan dengan maksud untuk mendeskripsikan data tentang penggunaan Internet mobile di kalangan mahasiswa di Kota Yogyakarta. Hasil pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner terhadap 100 responden mahasiswa pada April 2012 menunjukkan, sebagian besar mahasiswa setuju bahwa Internet mobile merupakan media untuk memenuhi kebutuhan mereka akan informasi,  hiburan, dan iritasi.  

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Bungin, Burhan. Sosiologi Komunikasi, Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di masyarakat, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.

Gayatri, Gati. “Dinamika Penelitian dan Pengem¬bangan Komunikasi Sosial”. Dalam Jurnal Penelitian dan Pengem-bangan Komunikasi dan Informatika, Edisi Khusus, Badan Litbang SDM- Depkominfo RI, 2006.

Katz, E, Blumer, Jay G, Gurevitch dan Hass. Utilization of Mass Communi¬ca¬tion by the Individual, “The Uses of Mass Commu¬nication: Curent Perspec¬tive on Gratification Research. Beverly Hills-London: Sage Publica¬tions, 1974.

Kriyantono. Teknis praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2006.

Luo, Xueming. Uses and Gratifications Theory and E-Consumer Behaviors: A Struc-tural Equation Modeling Study, Journal of Interactive Advertising, Vol 2 No 2 Spring 2002.

McQuail, Denis. Model-Model Komunikasi, Jakarta: Uni Primas, 2005.

--------- Teori komunikasi massa suatu pengantar (2nd ed). Penerbit Erlangga: PT. Gelora Aksara Pratama. 1987.

Nielsen, Hampir Setengah Pengguna Inter¬net di Indonesia mengakses Inter¬net via Handphone, 2011, http://www. Tekno-jurnal.com/2011/09/16/.

Ruggerio. Uses and Gratifications Theory in the 21st Century, Mass Communication and Society, https://umdrive.memphis. edu/cbrown14/public/Mass CommunicationTheory/Usesand Gratifications/Ruggiero.pdf. 2000.

http://edutechnolife.com/, diakses pada 3 Februari 2012, Jm 10.00 pagi

http://meopinion.wordpress.com, diakses Posted on September 27, 2010

http://www.teknojurnal.com/2011/09/16/hampir-setengah-pengguna-internet-di-indonesia-mengakses-internet-via-handphone/. Diakses Maret 2012