Representasi Stereotip Laki-Laki pada Media Perempuan: Analisis Semiotik pada Media Cosmopolitan.co.id

Isi Artikel Utama

Nadia Ayu Fadhilah
Muhammad Farras Razin

Abstrak

Artikel ini membahas representasi stereotip laki-laki di media Cosmopolitan.co.id yang merupakan media daring milik Cosmopolitan Indonesia dengan target pembaca perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi stereotip laki-laki pada  Cosmopolitan.co.id. Metode yang digunakan adalah analisis teks semiotika Charles Sander Peirce dengan konsep hubungan triadik yang terdiri  tanda (sign), objek (object), interpretan (interpretant). Objek yang dianalisis adalah empat gambar dan teks artikel pada bagian Man Corner di Cosmopolitan.co.id. Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat bentuk stereotip karakter laki-laki dalam artikel Man Corner, yaitu suka berbohong, berorientasi pada seks, cenderung tidak setia dengan pasangan, serta dominan dalam relasi. Cosmopolitan.co.id menciptakan beberapa bentuk kekhawatiran, yakni kekhawatiran terhadap pasangan dan diri sendiri yang kemudian mengarahkan evaluasi diri. Cosmopolitan.co.id pada akhirnya melanggengkan stereotip terhadap laki-laki dan menciptakan kecemasan perempuan, terutama kecemasan dalam relasi serta kecemasan terhadap pasangan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Nadia Ayu Fadhilah, Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada

Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada

Muhammad Farras Razin, Universitas Gadjah Mada

Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada

Referensi

Alexiou, Artemis. 2020. “Women’s Magazines and Women Readers.” In The International Encyclopedia of Gender, Media, and Communication 1–5. Wiley. https://doi.org/10.1002/9781119429128.iegmc319

Aviandy, Mochamad, and Mikke Ayoe Damayanti. 2022. “Representasi Stereotipe Gender Pada Beauty Influencer Pria Di Rusia.” Representasi: Jurnal Ilmu Sosial, Seni, Desain Dan Media 1 (2): 34–55. https://ejournal.ikreasia.com/index.php/rjissdm/article/view/18.

Chandler, Daniel. 2022. Semiotics. London: Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003155744.

Degaf, Agwin, I Dewa Putu Wijana, and Soepomo Poedjosoedarmo. 2020. “Critical Discourse Analysis On Celebrity News In The Online Media.” LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra 14 (2): 249–60. https://doi.org/10.18860/ling.v14i2.7428.

Dewi, Anisa Eka Kusuma, and Anika Dwi Kusuma Dewi. 2021. “Relasi Perempuan Dan Laki-Laki Dalam Iklan Teh Sariwangi.” Jurnal Audiens, 2 (2): 215–26. https://doi.org/10.18196/jas.v2i2.11661.

Gauntlett, David. 2008. Media, Gender and Identity. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203930014.

Hall, Stuart. 1997. Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. London: Sage Publications & Open University.

Haryati. 2012. “Konstruktivisme Bias Gender Dalam Media Massa.” Jurnal Observasi 10 (1): 41-55.

Husaini, Haninadhira. 2022. “Psst, Ini 5 Penyebab Pasangan Mulai Berubah.” Cosmopolitan, September 22, 2022. https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/9/2022/29377/psst-ini-5-penyebab pasangan-mulai-berubah.

Intan, Tania. 2021. “Stereotip Gender Dan Wacana Maskulinitas Dalam Novel Di Tanah Lada Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie.” Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, June, 71–88. https://doi.org/10.24090/yinyang.v16i1.4058.

Krona, Michael, and Olivia Caskey. 2023. “The Gangster and the Bride: The Media Representation of Masculinity and Femininity in News Coverage of Jihadi Terrorists.” Terrorism and Political Violence, August, 1–16. https://doi.org/10.1080/09546553.2023.2244083.

Oktaviani, Silma Mega, and Diana Amalia. 2022. ”Representasi Toxic Relationship Pada Web Series Layangan Putus.“ Linimasa 5. https://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/5689.

Pangestuti, Manesti. 2021. “Analisis Semiotika Charles S. Pierce Pada Poster Street Harassment Karya Shirley.“ Jurnal Konfiks 8:25–33.

Shannon-Baker, Peggy. 2023. “Philosophical Underpinnings of Mixed Methods Research in Education.” In International Encyclopedia of Education (Fourth Edition), 380–89. Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-818630-5.11037-1.

Septiana, Rizka. 2023. “Peirce Semiotic Analysis of the Representation Of Oligarchic Power in the Korean Drama Film the Healer.” Jurnal Komunikasi Indonesia 12 (1). https://doi.org/10.7454/jkmi.v12i1.1056.

Untari, Giovani. 2022. “5 Alasan Pria Minta Break Sejenak Dari Sebuah Hubungan.” Cosmopolitan, August 24, 2022.

Untari, Giovani. 2022. “9 Hal Yang Biasanya Pria Lakukan Sebelum Minta Putus!” Cosmopolitan, July 29, 2022. https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/7/2022/29069/9-hal-yang-biasanya-pria-lakukan-ebelum-minta-putus.

Untari, Giovani. 2022. “Oops! 10 Tanda Pria Sedang Berbohong Padamu!” Cosmopolitan, July 13, 2022. https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/7/2022/28867/oops-10-tanda-pria-sedang-berbohong-padamu.

Ward, L. Monique, and Petal Grower. 2020. “Media and the Development of Gender Role Stereotypes.” Annual Review of Developmental Psychology 2 (1): 177–99. https://doi.org/10.1146/annurev-devpsych-051120-010630.

Yunus, Pangeran Paita, and Muhammad Muhaemin. 2022. “Semiotika Dalam Metode Analisis Karya Seni Rupa.” Jurnal SASAK : Desain Visual Dan Komunikasi 4 (1): 29–36. https://doi.org/10.30812/sasak.v4i1.1905.