The Influence of Information Through Social Media on The Level Of Public Confidence in The Corona Sinovac Vaccine for Health in Makassar

Isi Artikel Utama

Ainun Sakinah Durhan
Aswar Tahir

Abstrak

Abstrak

Informasi Vaksin Corona Sinovac di media sosial menimbulkan berbagai macam pandangan di tengah masyarakat sehingga menimbulkan pro dan kontra terhadap tingkat kepercayaan masyarakat terkait vaksin Corona Sinovac.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh terpaan informasi melalui media sosial terhadap tingkat kepercayaan masyarakat mengenai vaksin Corona Sinovac bagi kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebesar 400 responden dengan tingkat kesalahan 5%. Tingkat terpaan informasi vaksin Sinovac  terhadap pengguna media sosial di kota Makassar menunjukkan kategori tinggi 82% dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap vaksin Sinovac di kota Makassar berada pada kategori ragu dengan persentase 38%. Terpaan informasi berpengaruh positif terhadap tingkat kepercayaan masyarakat berdasarkan uji t diketahui nilai t hitung 0.217 dan nilai t tabel 1.998 maka nilai t hitung 0.217 < t tabel 1,998 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima namun hubungan kedua variabel berada pada kategori lemah dengan nilai 0.217.

Kata kunci:  Terpaan Informasi, Media Sosial, Kepercayan, Vaksin

 

Abstract

Sinovac Corona vaccine information on social media raises a variety of views in the community so that it raises the pros and cons of public confidence in the Corona Sinovac vaccine. The purpose of this study is to find out the influence of information through social media on the level of public confidence in the Corona Sinovac vaccine for health. This research uses quantitative methods. The number of samples used was 400 respondents with an error rate of 5%. the level of Sinovac vaccine information on social media users in the city of Makassar shows a high category of 82% and the level of public confidence in the Sinovac vaccine in the city of Makassar is in the category of doubt with a percentage of 38%. Exposed information has a positive effect on the level of public confidence based on the known t-test t value of 0.217 and the table t value of 1998 then the value of t calculates 0.217 < t table 1.998 then it can be concluded that Ha is accepted but the relationship of the two variables is in a weak category with a value of 0.217.

 Keywords: Exposed Information, Social Media, Trust, Vaccines

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Andrianto, Andi. 2020. Problematika Komunikasi Pandemi COvid-19. Jakarta: Pentas Grafika.

Ardiyanto, and Erdinaya. 2004. Komunikasi Massa. Bandung. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ayuni, Qurata, Hafied Cangara, and Arianto Arianto. 2019. “The Influence of Digital Media Use on Sales Level of Culinary Package Product Among Female Entrepreneur.” Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik 23 (2). https://doi.org/10.33299/jpkop.23.2.2382.

Bungin, Burhanuddin. 2007. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, Dan Diskursus Teknologi Komunikasi Di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Creswell, J. W. 2016. Research Design Pendekatan Kualitiaf, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendy, Onong Uchjana. 1997. Dinamika Komunikasi. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

———. 2003. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Juditha, Christiany, and Josep Darmawan. 2018. “Penggunaan Media Digital Dan Partisipasi Politik Generasi Milenial.” Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik 22 (2): 94–109. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jpkop/article/view/1628.

Littlejhon, Stephen W, and Karen A Foss. 2009. Teori Komunikasi. 9th ed. Jakarta: Salemba Humanika.

Morrisan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

———. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Revilia, Donna, and Irwansyah. 2020. “Literasi Media Sosial : Kesadaran Keamanan Dan Privasi Dalam Perspektif Generasi Milenial Social Media Literacy : Millenial ’ S Perspective of Security and Privacy Awareness.” Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik 24 (1): 1–15. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jpkop/article/download/2375/1379.

Saidah, Musfiah. 2020. “CROWDSOURCING PARTISIPASI PUBLIK DALAM PROSES MENANGKAL BERITA BOHONG: CROWDSOURCING PUBLIC PARTICIPATION PROCESS FOR SOLVE HOAKS.” https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jpkop/article/view/2169/1383.

Santosa, Hedi Pudjo. 2011. “Imlementasi Media Sosial Pada Perkembangan Ilmu Komunikasi.” In Komunikasi 2.0 Teoritisasi Dan Implikasinya, edited by FAJAR JUNAEDI, 31–50. Asosiasi Pendidikan Tinggi ILmu Komunikasi (ASPIKOM).

Sugiono, Arif. n.d. “Survei SMRC: Warga Siap Divaksin Covid-19 Alami Penurunan.” Gatra.Com. Accessed January 6, 2020. https://www.gatra.com/detail/news/499034/info-satgas-covid19/survei-smrc-warga-siap-divaksin-covid-19-alami-penurunan.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Utari, Prahastiwi. 2011. “Media Sosial, New Media Dan Gender Dalam Pusaran Teori Komunikasi.” In Komunikasi 2.0 Teoritis Dan Implikasi, 51–62. Yogyakarta: Asosiasi Pendidikan Tinggi ILmu Komunikasi (ASPIKOM).