PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PADA “PLIK NANGGULAN 2”
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena masih sedikitnya masyarakat desa yang memanfaatkan fasilitas internet yang telah tersedia di desa sasaran program USO. Permasalahannya difokuskan pada Bagaimana strategi komunikasi dalam implementasi program USO pada “PLIK Nanggulan 2” di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan Strategi yang diterapkan PLIK “Nanggulan 2” dalam pengimplementasian program USO berkaitan dengan persoalan penentuan tujuan komunikasi; segmentasi khalayak; penyusunan dan metode penyampaian pesan; pemilihan media; dan peranan komunikator. Berkaitan dengan penentuan tujuan komunikasi, PLIK Nanggulan 2 menetapkan tujuan mereka ke dalam empat formasi, yaitu menginformasikan; menumbuhkan kesadaran; mengajak dan mendidik masyarakat; dan berupaya memelihara partisipasi masyarakat setempat secara berkelanjutan. Mengenai segmentasi khalayak, sasaran utamanya para pelajar ( pendukung aktif). Prioritas keduanya para petani dan peternak yang masih berusia produktif dan belum familiar terhadap akses internet. Menyangkut penyusunan dan metode penyampaian pesan, terkait dengan penyusunan, dilakukan dengan mengacu pada sifat both side issue di mana tidak hanya hal-hal positif saja yang disampaikan, tetapi hal-hal yang sifatnya negatif juga disampaikan. Sementara terkait dengan metode penyampaian pesan, PLIK Nanggulan 2 melakukannya dengan menerapkan metode canalizing dengan cara menerjunkan para relawan lokal dan perangkat desa seperti para Dukuh.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
References
Arifin, Anwar. 1984. Strategi Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. Bandung: Armico.
Cangara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers.
Littlejohn, Stephen W., Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi. Alih bahasa: Mohammad
Yusuf Hamdan, Jakarta: Salemba Humanika.
McQuail. 2011. McQuails Mass Communication Theory. Alih bahasa: Putri Iva Izzati. Jakarta :
Salemba Humanika.
Tankard, Jr., Severin, Werner J, James W. 2007. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa, Cetakan ke-2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yin, R. K. 2003. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Pace, R. Wayne, Don F. Faules. 2006. Komunikasi Organisasi. Alih bahasa: Deddy Mulyana. Bandung: Rosdakarya.
Kotler, Philip., and Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran, edisi ke-12. Alih bahasa: Benyamin Molan. Jakarta: PT. Indeks.
Santoso, Sigit. 2009. Creative Advertising. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Hallahan, K., Holtzhausen, D., van Ruler, B., Veri, D., & Sriramesh, K.. Defining Strategic Communication. International Journal of Strategic Communication, 1, (2007): 3-35. sumber : http://epress.lib.uts.edu.au/journals/index.php/pcr/article/viewFile/1868/1915, Diakses 4 November 2012.
Hawamdeh, et.al. Formulating A Communication Strategi For Effective Knowledge Sharing. Journal of Information Science. 2004: 12-30. sumber. http://jis.sagepub.com/content/30/1/12, diakses 1 November 2012
Gnaniah et.al,. Communication Patterns of the Long Bedian Community: Implications for the Development of a Telecentre. Sumber http://www.unimas.my/ebario/eBarioOrig/output/057.pdf Diakses 21 Desember 2012