Bauran Komunikasi Pemasaran dalam Memasarkan Destinasi Wisata Alam Saat Pandemi COVID-19
Isi Artikel Utama
Abstrak
Setiap industri pariwisata harus mempraktikkan komunikasi pariwisata, termasuk saat pandemi. Komunikasi pariwisata yang baik membantu industri dalam memasarkan produk atau jasanya. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk meningkatkan potensi keberhasilan dan meminimalkan risiko. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pariwisata pada masa pandemi Covid-19 dengan mengadopsi konsep Marketing Mix of Communication. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Marketing Mix of Communication pariwisata mereka yaitu dengan iklan, personal selling, sales promotion, direct marketing, public relations, dan WOM. Manajemen juga mengutamakan peran vital dalam penyampaian informasi tentang Covid-19 untuk menjaga pariwisata, dan konten yang diberikan dapat bermanfaat bagi wisatawan.
Rincian Artikel
Referensi
A.A.I Prihandari Satvikadewi, H. (2018). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Komunikasi untuk Mempromosikan Potensi Lokal Wisata Pulau Bawean. Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat.
Acutt, M. (2015). Marketing Mix Definition - 4Ps & 7Ps of the Marketing Mix. Mark Acutt & Patrick Kuo.
Farida, I., & Tarmizi, A. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. https://doi.org/10.36226/jrmb.v1i1.8
Firmansyah, A., & Mochklas, M. (2018). Analisa Strategi Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Giras Di Surabaya. Jurnal Eksekutif.
Guba, E. (1990). The Paradigm Dialog. Newbury Park, London, New Delhi: Sage Publication Ltd.
Hamzah, Y. I., Penelitian, P., Pengembangan, D., Kepariwisataan, K., Pariwisata, K., & Kreatif, D. E. (2013). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia.
Hasan, A. (2015). Tourism Marketing. Yogyakarta: CAPS.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Išoraitė, M. (2016). Marketing Mix Theoretical Aspects. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v4.i6.2016.2633
Kaplan, A., & Lein, H. M. (2010). User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media, Business Horizons.
Kurniawati, W. D. N. (2017). Pemanfaatan Instagram Oleh Komunitas Wisata Grobogan Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi. https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i5.2943
Liliweri, A. (2014). Sosiologi & Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Munawwaroh, P. R., & Lubis, E. E. (2018). Pengaruh Terpaan Media pada Akun Instagram @exploresiak terhadap Minat Kunjungan Wisata ke Siak Sri Indrapura. Jom Fisip.
NapoleonCat. (2020). Instagram users in Indonesia. Retrieved February 8, 2021, from https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2020/04
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Poerwandi, E. K. (2005). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. In Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Fakultas Psikologi UI. Depok: LPSP3.
Romli, A. S. M. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. In Jurnalistik Online Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia.
Rukmiyati, N. M. S., & Suastini, N. M. (2016). Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Wisatawan. Conference on Management and Behavioral Studies.
Ruslan, R. (2014). Manajemen Public Relations dan Komunikasi. In Manajemen Public Relations & Media Komunikasi.
Safko, L. (2010). The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies for Business Success. In Buku (2nd ed.). Hoboken-New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Smith, A., & Anderson, M. (2018). Social Media Use in 2018. In Pew Research Center.
Steffes, E. M., & Burgee, L. E. (2009). Social ties and online word of mouth. Internet Research. https://doi.org/10.1108/10662240910927812
Suryadana, L., & Octavia, V. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta.
Todorova, G. (2015). Marketing communication mix. Trakia Journal of Science. https://doi.org/10.15547/tjs.2015.s.01.063
Umami, Z. (2015). Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 195–201. https://doi.org/10.14710/interaksi,4,2,195-201