Determinan Karakteristik Konten dan Pengaruhnya terhadap Penerimaan Pengguna pada Aplikasi Travelation

Isi Artikel Utama

Muhamad Isnaini
Rustono Farady Marta
Lieta Septiarysa
Vincent Atmadja
Michelle Michelle

Abstrak

Inovasi selama pandemi adalah sebuah keharusan bagi perusahaan. Hal ini juga berlaku bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa kebandarudaraan. Aplikasi Travelation merupakan inovasi PT. Angkasa Pura 2, yang dikembangkan dengan tujuan untuk memudahkan pengurusan perjalanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganlisis pengaruh karakteristik konten dengan penerimaan pengguna pada aplikasi Travelation. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode survei online. Hasil penelitian menunjukkan, dari kelima karakteristik konten, yakni keuntungan, kesesuaian, kerumitan, observabilitas, dan akurasi data, dapat diterima dengan baik oleh pengguna. Pengguna juga merasa bahwa aplikasi Travelation memberikan manfaat sehingga menerima kehadiran aplikasi berbasis web itu. Pengujian hipotesis membuktikan, terdapat pengaruh antara karakteristik konten dengan penerimaan pengguna. Untuk perbaikan, aplikasi Travelation diharapkan memperbarui informasi serta meningkatkan keakuratan data.

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Alusyanti Primawati. (2015). Kajian Kesiapan dan Penerimaan Teknologi Aplikasi Google Documents untuk Penyelesaian Tugas Kelompok Siswa. Seminar Nasional Cendekiawan, 2010, 1–11.

APJII. (2020). Buletin APJII. In Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (p. 1). https://apjii.or.id/content/read/104/503/BULETIN-APJII-EDISI-74---November-2020

Arnus, S. H. (2015). Computer Mediated Communication (CMC), Pola Baru Berkomunikasi. Al-Munzir, 8(2), 275–289. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-munzir/article/view/744/680

Brandau-Brown, F. E. (2014). Kevin B. Wright & Lynne M. Webb (Eds.), Computer-Mediated Communication in Personal Relationships. Southern Communication Journal, 79(4), 364–366. https://doi.org/10.1080/1041794x.2014.935254

Budiargo, D. (2015). Berkomunikasi Ala Net Generation. Elex Media Komputindo.

Carter, L., & Campbell, R. (2011). The impact of trust and relative advantage on internet voting diffusion. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 6(3), 28–42. https://doi.org/10.4067/S0718-18762011000300004

Chuttur, M. (2009). Overview of the Technology Acceptance Model: Origins , Developments and Future Directions. Sprouts: Working Papers on Information Systems, 9(37), 1–23. https://doi.org/10.1021/jf001443p

Cooper, R. G. (2021). Accelerating innovation: some lessons from the pandemic. Journal of Product Innovation Management., 38(2), 221–232. https://doi.org/10.1111/jpim.12565

Dastjerdi, A. M., Kaplan, S., de Abreu e Silva, J., Anker Nielsen, O., & Camara Pereira, F. (2019). Use intention of mobility-management travel apps: The role of users goals, technophile attitude and community trust. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 126(May), 114–135. https://doi.org/10.1016/j.tra.2019.06.001

Govender, J. P. (2013). The Adoption of Internet Banking in a Developing Economy. Journal of Economics and Behavioral Studies, 5(8), 496–504. https://doi.org/10.22610/jebs.v5i8.423

Grandon, E. E., & Pearson, J. M. (2004). Factors that Differentiate between Adopters and Non- adopters of E-Commerce : An Empirical Study of Small and Medium Sized Businesses. Americas, The, August, 376–384.

Greiffenstern, S. (2010). The influence of computers, the internet and computer-mediated communication on everyday English. Logos Verlag Berlin GmbH.

Gupta, A., Dogra, N., & George, B. (2018). What determines tourist adoption of smartphone apps? Journal of Hospitality and Tourism Technology, 9(1), 50–64. https://doi.org/10.1108/jhtt-02-2017-0013

Ispriandina, A., & Sutisna, M. (2019). Faktor-Faktor Penerimaan Teknologi Yang Memengaruhi Intensi Kontinuitas Penggunaan Mobile Wallet Di Kota Bandung. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 10(1), 1046–1055. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/1462

Kamel Boulos, M. N., Brewer, A. C., Karimkhani, C., Buller, D. B., & Dellavalle, R. P. (2014). Mobile medical and health apps: state of the art, concerns, regulatory control and certification. Online Journal of Public Health Informatics, 5(3), 1–23. https://doi.org/10.5210/ojphi.v5i3.4814

Karomah, Y. P. (2020). Persepsi Petani terhadap Aplikasi RegoPantes sebagai Penunjang Program Petani Go Online dalam Penggunaannya untuk Media Pemasaran Hasil Panen di Desa Wonokerso Kabupaten Batang. 4(1), 348–357.

Lee, S. M., & Trimi, S. (2020). Convergence innovation in the digital age and in the COVID-19 pandemic crisis. January.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2008). Theories of Human Communication (9th ed.). Thomson Wadsworth.

Lu, J., Mao, Z., Wang, M., & Hu, L. (2015). Goodbye maps, hello apps? Exploring the influential determinants of travel app adoption. Current Issues in Tourism, 18(11), 1059–1079. https://doi.org/10.1080/13683500.2015.1043248

Marangunić, N., & Granić, A. (2015). Technology acceptance model: a literature review from 1986 to 2013. Universal Access in the Information Society, 14(1), 81–95. https://doi.org/10.1007/s10209-014-0348-1

McCann, L., Gedikoglu, H., Broz, B., Lory, J., & Massey, R. (2015). Effects of observability and complexity on farmers’ adoption of environmental practices. Journal of Environmental Planning and Management, 58(8), 1346–1362. https://doi.org/10.1080/09640568.2014.924911

Mugo, D., Njagi, K., Chemwei, B., & Motanya, J. (2017). The Technology Acceptance Model (TAM) and its Application to the Utilization of Mobile Learning Technologies. British Journal of Mathematics & Computer Science, 20(4), 1–8. https://doi.org/10.9734/bjmcs/2017/29015

Nugroho, A. H., Bakar, A., & Ali, A. (2017). Analysis of Technology Acceptance Model: Case Study of Traveloka Arthatama. Journal of Business Management and Accounting, 1(1), 27–34.

Nurfadillah, P. S. (2018). McKinsey: Tahun 2022, Pasar E-Commerce Indonesia Capai Rp 955 Triliun. Kompas. https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/03/093900726/mckinsey--tahun-2022-pasar-e-commerce-indonesia-capai-rp-955-triliun

Park, Y. S., Konge, L., & Artino, A. R. (2020). The Positivism Paradigm of Research. Academic Medicine, 95(5), 690–694. https://doi.org/10.1097/ACM.0000000000003093

Poong, Y., Zaman, K. U., & Talha, M. (2006). E-commerce today and tomorrow: A truly generalized and active framework for the definition of electronic commerce. ACM International Conference Proceeding Series, 553–557. https://doi.org/10.1145/1151454.1151459

Priyono, A. (2017). Analisis pengaruh trust dan risk dalam penerimaan teknologi dompet elektronik Go-Pay. Jurnal Siasat Bisnis, 21(1), 88–106. https://doi.org/10.20885/jsb.vol21.iss1.art6

Pujiani, V., & Besra, E. (2009). Model Penggunaan Website E-Commerce di Indonesia : Analisa Kualitatif dan Kuantitatif. Artikel Ilmiah Hibah Bersaing. repository.unand.ac.id/711/1/Artikel_HB_Vera_Pujiani_09.doc

Rogers, E. M. (1995). Diffusion of Innovations (4th ed.). The Free Press.

Sugiharto, T., Suhendra, S., Hermana, B., & Suhendra, A. (2007). Model Adopsi E-Business oleh Pengusaha Kecil: Metode Pengukuran dengan Webstatistic dan Self Reported. Proc. Seminar Nasional Teknologi (SNT 2007).

Taherdoost, H. (2018). A review of technology acceptance and adoption models and theories. Procedia Manufacturing, 22, 960–967. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2018.03.137

Utomo, Y., & Jumali, M. A. (2021). MODEL PENERIMAAN TEKNOLOGI APLIKASI PEMASARAN PADA KOPERASI USAHA WANITA DUKUH MENANGGAL SURABAYA. 19, 22–30.

Yulistyanti, D. (2016). Kajian Penerimaan Aplikasi Dropbox Dalam Pekerjaan Kelompok Siswa: Studi Kasus Smk Setia Negara Depok. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(1), 15–28. https://doi.org/10.24176/simet.v7i1.484