ANALISIS FAKTOR KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP MEDIA ONLINE TRAVELLING
Keywords:
multiple linier regresi, media online, website travelAbstract
Tingginya pengguna media online di Indonesia menimbulkan optimisme para pelaku industri untuk mulai beralih kebisnis media online. Para creator digital mulai mengkonvergen segala bentuk perkembangan gaya hidup masyarakat dengan teknologi digital, termasuk konvergensi terhadap sektor travel. Banyaknya travel website yang bermunculan di internet menyebabkan masyarakat mempunyai banyak pilihan untuk memanfaatkannya. Oleh karena itu ketika website travel menjadi sangat produktif di internet maka menjadi menarik apabila melakukan analisis mengenai parameter-parameter yang mempengaruhi media online pada website travel dan sejauh mana tingkat kepercayaan masyarakat terhadap website travel. Dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda maka diharapkan dapat memberikan analisa yang compatibel mengenai media online khususnya website travel. Berdasarkan analisa yang sudah dilakukan terhadap data yang diperoleh dari survei online untuk penelitian analisis faktor kepercayaan masyarakat terhadap media online pada website travel adalah variabel umur, variabel pendidikkan, variabel pekerjaan, variabel pengeluaran, variabel alat akses, variabel lama responden menggunakan alat tersebut, variabel seringnya akses media online dan variabel lamanya akses perhari mempengaruhi tingkat kepercayaan terhadap media online untuk website travel.
References
Cordiaza, Muhammad. and Prahastob, Toni. “Analisis Faktor Kredibilitas Website E-Commerce
Indonesia Studi pada Online Purchasing” Jurnal Sistem Informasi Bisnis 01(2013), Undip.
Prabowo, Hartiwi. Darman. and Noegraheni, Enny. “Analisis Kepercayaan Dalam C2c E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Repurchase Pada Kaskus” Binus Business Review Vol. 5 No. 1 Mei 2014: 301-314.
Mardiani, Iin Endang. and Imanuel, Orland Jorge. “Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Media Online (E-Marketing)” Jurnal Ekonomi, Volume 4 Nomor 2, November 2013
Siagian, Hotlan. and Cahyono, Edwin. “Analisis Website Quality, Trust Dan Loyalty Pelanggan Online Shop” Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 8, No. 2, Oktober 2014 doi: 10.9744/pemasaran.8.2.55-61. ISSN 1907-235X
Limbong, Juliwati. and Achjari, Didi. “Analisis Hubungan Kualitas Situs Web Dan Kualitas Informasi Akuntansi Persepsian” JAAI Vol. 18 No. 2, Desember 2014: 101-109.
Survey APJII. “Infografis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia”. 2016.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License