Pemanfaatan Pusat Layanan Internet Kecamatan di Sulawesi Selatan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan dan tingkat kepuasan masyarakat terhadap Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) di Sulawesi Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di 15 kabupaten di Sulawesi Selatan pada April – Juni 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teori komunikasi yang digunakan adalah model uses and gratification. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa sebagian besar masyarakat sudah menggunakan PLIK. Mayoritas responden adalah pelajar yang menggunakan PLIK untuk tujuan integratif. Pengelola PLIK menghadapi kendala teknis, dimana akses internet sangat lambat, mereka tidak dibekali pengetahuan mengatasi permasalahan teknis, dan sistem operasi linux fedora dianggap tidak familiar bagi pengunjung PLIK. Sedangkan tingkat kepuasan masyarakat dalam menggunakan PLIK sudah cukup baik, terlihat pada kepuasan mereka terhadap kecepatan akses, serta kondisi ruangan PLIK yang merupakan salah satu faktor penentu kenyamanan pengguna saat berkunjung ke PLIK, meskipun masih terdapat kendala koneksi internet dan perawatan jaringan dalam penyelenggaraan PLIK.
Article Details
The proposed policy for journals that offer open access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
References
Kriyantono, Rakhmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Quail, MC.. (1997). Teori Komunikasi Massa, Jakarta, PT. Salemba Humanika
Rakmat, Djalaluddin. (2009). Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Rogers, E.M. (1986). Communication Technology : The New Media In Society. New York. The Free Press.
Severin,W.J dan Tankard, J.W. (2001). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Terjemahan. Jakarta. Kencana Prenada Media.
Siregar, Ahmad, E,. (2009). Kajian dan Posisi Manajemen Media serta Peta Media di Indonesia. Makalah dipresentasikan dalam Simposium Nasional Kajian Media 2009. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
Wahid, F., dan Iswari, L,. (2007). Adopsi Teknologi Informasi Oleh Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. Jurnal ISSN:1907-5022. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
Pusat Data Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2010). Komunikasi dan Informatika Indonesia Whitepaper 2010. Jakarta. Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Peraturan Menkominfo No:19/PER/M.KOMINFO/12/2010, Tentang Perubahan Atas Peraturan Menkominfo No : 48/PER/M.KOMINFO/11/2009 Tentang Penyediaan Jasa Akses Internet pada Wilayah Universal Telekomunikasi Internet Kecamatan