Hubungan Tingkat Motivasi Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa
Main Article Content
Abstract
Jumlah pengguna Facebook di Indonesia berada pada urutan ke tujuh terbesar di dunia dan mencapai 23,8 persen dari total populasi penduduk Indonesia. Pemanfaatan Facebook bagi para mahasiswa relatif tinggi sementara hasil belajar rendah. Banyak mahasiswa belum mampu memanfaatkan internet sebagai sumber belajar yang dapat menunjang capaian tingkat hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi penggunaan Facebok pada mahasiswa; tingkat hasil belajar mahasiswa; dan korelasi antara tingkat motivasi penggunaan Facebook terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian menggunakan metode diskriptif kuantitatif korelasional. Variabel dalam penelitian ini adalah tingkat motivasi penggunaan situs jejaring sosial Facebook sebagai variabel bebas dan variabel tingkat hasil belajar sebagai variabel terikat. Instrumen variabel tingkat motivasi penggunaan situs jejaring sosial Facebook dikembangkan dalam lima indikator yaitu: kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan pribadi secara integratif, kebutuhan sosial secara integratif dan kebutuhan pelepasan. Instrumen tingkat hasil belajar dikembangkan dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) selama menjadi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Facebook ternyata tidak mempunyai korelasi terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini dikarenakan media Facebook belum digunakan secara optimal dalam proses belajar mengajar dan pengguna atau mahasiswa lebih memfokuskan pada motivasi jaringan sosial.
Article Details
Section
Communication
The proposed policy for journals that offer open access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
References
Ardianto, E. (2004). Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Sibiosa Rekatama.
Arikunto, S. (2006). Manjemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Chandra, F. K. (2006). Pengaruh Tindakan Supervisi Terhadap Kinerja Auditor Internal Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Studi Empiris Pada PT. Bank BCA. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Haskew, L.D. & McLendon, J.C.. (1968). This is Teaching: 3rd Edition. Illionis: Scott, Foresman and Company.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jararta: Kencana.
Nitasari, R. A. (2012). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Bank Central Asia Tbk. Cabang Kudus. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Nurmihasti, D. A. (2012). Dampak Kegiatan Mengakses Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga Kelas XI Di SMKN 3 Wonosari. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Boga dan Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Nuryani, E. (2014). Hubungan Intensitas Mengakses Facebook dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang. Ejournal Ilmu Komunikasi, Volume 2 Nomor 3, hal. 178-192. http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014/08/Jurnal%20(08-21-14-02-15-26).pdf. Diakses tanggal 6 April 2015.
Singarimbun, M. dan Effendi, S. (1989). Metode Penelitian dan Survey. Jakarta: LP3ES.
Sudijono, A. (1987). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wirakhim, I. N. (2010). Efektifitas Penggunaan Internet Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Semester Gasal D IV Kebidanan Fakultas Kedokteran UNS. Karya Tulis Ilmiah tidak dipublikasikan. Surakarta: Program Studi D IV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.
Zuriah, N. (2005). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2006). Manjemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Chandra, F. K. (2006). Pengaruh Tindakan Supervisi Terhadap Kinerja Auditor Internal Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Studi Empiris Pada PT. Bank BCA. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Haskew, L.D. & McLendon, J.C.. (1968). This is Teaching: 3rd Edition. Illionis: Scott, Foresman and Company.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jararta: Kencana.
Nitasari, R. A. (2012). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Bank Central Asia Tbk. Cabang Kudus. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Nurmihasti, D. A. (2012). Dampak Kegiatan Mengakses Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga Kelas XI Di SMKN 3 Wonosari. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Boga dan Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Nuryani, E. (2014). Hubungan Intensitas Mengakses Facebook dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang. Ejournal Ilmu Komunikasi, Volume 2 Nomor 3, hal. 178-192. http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014/08/Jurnal%20(08-21-14-02-15-26).pdf. Diakses tanggal 6 April 2015.
Singarimbun, M. dan Effendi, S. (1989). Metode Penelitian dan Survey. Jakarta: LP3ES.
Sudijono, A. (1987). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wirakhim, I. N. (2010). Efektifitas Penggunaan Internet Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Semester Gasal D IV Kebidanan Fakultas Kedokteran UNS. Karya Tulis Ilmiah tidak dipublikasikan. Surakarta: Program Studi D IV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.
Zuriah, N. (2005). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara.