Usability Measurement and Evaluation of E-Learning to Support the Training Program for Academic Staff (Pengukuran Usability dan Evaluasi E-Learning untuk Program Pelatihan bagi Tenaga Kependidikan)
Isi Artikel Utama
Abstrak
This article discusses the usability measurement and evaluation of e-learning being used as a media for the academic staff training program of UPN "Veteran" Jakarta. E-learning system usability will be measured based on Nielsen heuristic approach and analyzed with five independent variabels, i.e. learnability, efficiency, memorability, error and satisfaction. The data collection involved 169 respondents from academic staff as e-learning application users. Based on the results of this study, it was found that the aspects of learnability, efficiency and memorability have a significant effect on usability.
Artikel ini membahas mengenai pengukuran usability pada aplikasi e-learning serta evaluasi pemanfaatan e-learning sebagai media pelatihan keterampilan tenaga kependidikan UPN “Veteran” Jakarta. Dalam penelitian ini akan diukur tingkat usability sistem berdasarkan pendekatan heuristik Nielsen dan dianalisis dengan lima variabel bebas, yaitu learnability, efficiency, memorability, error dan satisfaction. Pengambilan data dengan kuesioner melibatkan 169 responden pengguna aplikasi e-learning untuk pelatihan tenaga kependidikan. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa aspek learnability, efficiency dan memorability berpengaruh signifikan terhadap usability.
Rincian Artikel
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Agilemodeling.com. (2017). UML 2 Use Case Diagrams:
An Agile Introduction. Dikutip 7 Mei 2017, dari http://www.agilemodeling.com/artifacts/useCaseDiagram.htm
Altmann, J. (1974). Observational study of behavior: sampling methods. Behavior, 227-266.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21 Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Hendri, H. (2016). Pemanfaatan Sharable Content Object Reference Model dalam Menciptakan Aplikasi Web E-Learning. MEDIA SISFO, 8(1).
Jacko, J. A., & Stephanidis, C. (Eds.). (2003). Human-computer interaction: theory and practice (Vol. 1). CRC Press.
Johnson, R. D., Hornik, S., & Salas, E. (2008). What drives a successful e-Learning? An empirical investigation of the critical factors influencing learner satisfaction. International Journal of Human-Computer Studies, 356-369.
Kurosu, M. (Ed.). (2015). Human-Computer Interaction: Users and Contexts: 17th International Conference, HCI International 2015, Los Angeles, CA, USA, August 2-7, 2015, Proceedings (Vol. 9171). Springer.
Mutia, I., & Leonard, L. (2015). Kajian Penerapan E-Learning dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta, 6(4), 278-289.
Nielsen, J. 1992. Finding Usability Problems Through Heuristic Evaluation. ACM CHI'92 Conference (Monterey, CA, May 3-7)
Nielsen, J. (1993). Usability Engineering. Cambridge:
Academic Press
Popovici, A., & Mironov, C. (2015). Students’ perception
on using eLearning technologies. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 180, 1514-1519.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif
& RND. Bandung: Alfabeta
Tselios, N., Avouris, N., & Komis, V. (2008). The effective combination of hybrid usability methods in evaluating educational applications of ICT: Issues and challenges. Education and Information Technologies, 13(1), 55-76.
UU no 20 Tahun 2003. (2017). Dikutip 20 Juli 2017, dari
http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf