Semiotics In Research Method of Communication [Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi]

Isi Artikel Utama

Bambang Mudjiyanto
Emilsyah Nur

Abstrak

Semiotic deals with essence of sign existence. Within sign, there is hiden thing which is not the sign its self. Perception and view regarding reality is constructed by words & other sign used in certain social context. Sign creates human perception, more than refelect reality. Semiotic tradition covers main theory about how sign represent object, idea, situation, feeling, etc., which are beyond of us. Study about signs not only gives a way in learning communication, but also has a great effect on almost aspects (perspectives) used in communication theory. 

 

Penelitian ini merupakan kajian semiotik mempelajari hakikat tentang keberadaan suatu tanda, dimana persepsi dan pandangan tentang realitas, dikonstruksikan oleh kata-kata dan tanda-tanda lain yang digunakan dalam konteks sosial. Tanda membentuk persepsi manusia, lebih dari sekedar merefleksikan realitas yang ada. Tradisi semiotika mencakup teori utama mengenai bagaimana tanda mewakili objek, ide, situasi, keadaan, perasaan, dan sebagainya yang berada diluar diri. Metode yang digunakkan dalam penelitian ini adalah studi kajian literatur mengenai tanda pada kajian semiotika yang dilakuakan pada bulan Januari sampai Maret 2013 yang  tidak saja memberikan jalan atau cara dalam mempelajari komunikasi, tetapi juga memiliki efek besar pada hampir  setiap aspek (perspektif) yang digunakan dalam teori komunikasi. 

Rincian Artikel

Bagian
Komunikasi

Referensi

Ardianto, Elvinaro.2010. Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan K ualitatif. Bandung: Simbiosa Rekata Media.

Astuti, Santi Indra. 2006. How To Do Media and Cultural Studies: Panduan untuk Melaksanakan Penelitian dalam Kajian Media dan Budaya. Yogyakarta: Benteng.

Berger, Arthur Asa. 1998. Media Analysis Techniques. Sage Publication, Inc.USA.Alih Bahasa. Budi, Setio. Teknik-teknik Analisis Media. Yogyakarta: Universitas ATMA JAYA Yogyakarta.

Birowo, Antonius. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Yogyakarta: Gitanyali.

Eco, Umberto.2009. Teori Semiotika: Signifikasi Komunikasi, Teori Kode, Serta Teori Produksi – Tanda. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Fiske, John, 2012. Introduction to Cummunicaton Studies. Diterjemahkan oleh Dwiningtyas, Hapsari, 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Hackley, C.2003. Doing Research Projects in Marketing, Management, and Consumer Research. London: Routledge.

Hikmat, Mahi.2011. Metode Penelitian: dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hussein, Adnan, dkk.2011. Mix Methodology dalam Penelitian Komunikasi (Dilengkapi dengan Aplikasi Metode Penelitian). Yogyakarta: ASPIKOM.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Morissan dan Wardhany. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Powers, John.1995. On the Intellectual Structure of the Human Communication Discipline, Communication Education 44.

Sarosa, Samiaji. 2012. Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar. Jakarta: Indeks.

Sobur, Alex.2002. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tinarbuko, Sumbo. 2008. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Wibowo, 2011. Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.