Clickbait on Indonesia Online Media
Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Anand, A., Chakraborty, T., Park, N. (2017): We Used Neural Networks to Detect Clickbaits: You Won’t Believe What Happened Next! Advances in Informational Retrieval, pp. 541-547; Lecture Notes in Computer Science book series (LNCS, Vol. 10193). https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-319-56608-5_46
B García Orosa, S Gallur Santorun, X López García (2017): “Use of clickbait in the online news media of the 28 EU member countries”. Revista Latina de Comunicación Social, 72, pp. 1.261 to 1.277
Biyani, Prakhar., Kostas Tsioutsiouliklis, and John Blackmer (2016). “8 Amazing Secrets for Getting More Clicks”: Detecting Clickbaits in News Streams Using Article Informality. Proceedings of the Thirtieth AAAI Conference on Artificial Intelligence (AAAI-16)
Bloom, J. N., & Hansen, K. R. (2015). “Click bait: Forward-reference as lure in online news headlines”. Journal of Pragmatics, 87-100.
Denzin & Lincoln (1998) “Handbook of Qualitative Research,” Sage Publications
Grabe, M. E., Zhou, S., Lang, A., and Bolls, P. D. 2000. "Packaging Television News: The Effects of Tabloid on Information Processing and Evaluative Responses," Journal of Broadcasting & Electronic Media (44:4), pp. 581-598
Kertanegara, M Rizky (2018) “Penggunaan Clickbait Headline pada Situs Berita dan Gaya Hidup Muslim Dream.co.id”. MediaTor: Jurnal Komunikasi, Vol 11 (1), Juni 2018, 31-43
Loewenstein, G. (1994). The Psychology of Curiosity. A Review and Reinterpretation. Psychology Bulletin. Vol. 116. No. 1 75-98
Manan, A (2018). “Ancaman Baru dari Digital. Laporan Tahunan AJI 2018”. AJI: Jakarta
Reily, Michael (2017). “Nielsen: Pembaca Media Digital Sudah Lampaui Media Cetak” https://katadata.co.id/berita/2017/12/07/nielsen-pembaca-media-digital-sudah-lampaui-media-cetak diakses tanggal 19 Oktober 2018
S. Pengnate (2016). Measuring Emotional Arousal in Clickbait: Eye-Tracking Approach [Online]. http://aisel.aisnet.org/cgi/viewcontent.cgi?article=1133&context=amcis2016
Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat. Media Direktori 2017.
Silverman, C. (2015). Lies, Damn Lies, and Viral Content: How News Websites Spread (and Debunk) Online Rumors,Unverified Claims and Misinformation. http://towcenter.org/research/lies-damn-lies-and-viral-content.
Y. Chen, N. J. Conroy, and V. L.Rubin, "Misleading Online Content: Recognizing Clickbait as "False News"," in Proceedings of the 2015 ACM on Workshop on Multimodal Deception Detection, Seattle, WA, 2015. pp. 15-19. Cho, J., Boyle, M. P., Keum.
Zaenudin, A. (2018) Clickbait, Jebakan Judul Berita yang Menipu Pembaca. https://tirto.id/clickbait-jebakan-judul-berita-yang-menipu-pembaca-cF7b