Penilaian Masyarakat Sulawesi Selatan Terhadap Kredibilitas Komunikator Politik Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2014
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pemilihan umum merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat Indonesia setiap 5 tahun. Kenyataan yang ada saat ini, masyarakat wajib memilih semakin berkurang atau angka golput semakin meningkat. Salah satu alasan karena pemilih tidak percaya terhadap figur-figur calon presiden/calon wakil presiden. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang kredibilitas komunikator calon presiden/calon wakil presiden RI 2014 berdasarkan penilaian masyarakat Sulawesi Selatan (Makassar, Pare-Pare dan Palopo). Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Jusuf Kalla mendapatkan penilaian tertinggi dari responden terhadap daya tarik dirinya (fisik dan kepribadian) dan dapat dipercaya sebagai calon wakil presiden. Sedangkan untuk variabel keahlian, calon presiden Joko Widodo mendapat penilaian tertinggi dari responden. Mayoritas responden juga sangat menyukai sosok Jokowi. Sementara pasangan lainnya yaitu Prabowo dan Hatta Rajasa, meski mendapat nilai yang relatif tinggi namun menduduki urutan ketiga dan keempat dalam penilaian responden terhadap kredibilitas mereka.
Rincian Artikel
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Aakers, D. A. & Myers, J.,G. (1987). Adversiting Management.Third Edition. Prentice Hall.
Adler, R. B. & Rodman, G. (1982). Understanding Human Communication (4th Ed.). Orlando : Harcourt Brace Jovanovich Collage Publishers.
Aktual.co. (2014). Pengamat Tokoh Politik Harus Kredibel dan Bersih. http://m.aktual.co/politik/114509 pengamat-tokoh-politik-harus-kredibel-dan-bersih-, diakses 3 Maret 2014.
Amirin, T. M. (2010). Skala Likert : Penggunaannya dan Analisis Datanya. http://tutorialterkini. blogspot.com/2013/04/skala-likert-menurut-para-ahli.html, diakses 25 Februari 2014.
Ayuningtyas, D. A., Wawan, S., Darmayanti, T. (2012). Hubungan Kredibilitas Native Speaker pada Program Dynamic speaking Dengan Sikap Siswa Pada Bahasa Inggris. eJurnal Mahasiswa Universitas Padjadjaran Vol. 1. No.1. tahun 2012. jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/download/1233/pdf. diakses 28 Oktober 2014.
Clow, Kenneth, E., dan Donald B. (2010). Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communications. New Jersey : Pearson Educations,Inc.
Detik.com. (2014). Beda Pesan Warnah Putih Jokowi dan Prabowo. http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:oxxvlYeE8IsJ:news.detik.com/read/2014/05/01/084654/2570601/1562/beda-pesan-warna-putih-jokowi-dan-prabowo+&cd=5&hl=en&ct=clnk diakses 27 Oktober 2014.
Devito. A. J. (2006). Human Communication. America: Pearson Education.
Hery dan Putranto, I. A. (2013). Pengaruh Kredibilitas Komunikator dalam Presentasi Terhadap Minat Beli (Studi Eksplanatif pada Peserta Presentasi di Henialis Education Centre). eJurnal Universitas Atmajaya. http://e-journal.uajy.ac.id/4682/1/jurnal%20hery.pdf, diakses 28 Oktober 2014.
Rakhmat, J. (1998). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Hal.257.
Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Johnson. (1986). Sociological Theory II. Terj. Robert M.Z. Lawang, Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Jilid II. Jakarta: Gramedia.
KBBI. (2014) http://kbbi.web.id/kredibilitas, diakses 3 Maret 2014.
Kompas.com. (2013). Angka Golput Diprediksi Naik. http://nasional.kompas.com/read/2013/04/28/14190415/Angka.Golput.Diprediksi.Naik, diakses 3 Maret 2014.
Makassar Dalam Angka. (2013). http://makassarkota.go.id/ download/MDA_2013.pdf, diakses 27 Februari 2014.
McCroskey.(1978). Instructional Communication : The Historical Perspective. In T. P. Mottet, V. P. Richmond, & J. C. McCroskey (Eds.). Handbookof Instructional Communication: Rhetorical and Relational Perspectives (Ch. 2). Boston : Allyn & Bacon.
Morin, D., Tubbs, M., Ivory, J.D. (2008). Celebrity Politics: Effects of Endorser Credibility and Gender on Voter Attitudes, Perception, and Behaviors. The Association For Education in Journalism and Mass Communication.
Okezone.com. (2014). KPU Harus Tekan Angka Golput Pemilu 2014. http://pemilu. okezone.com/read/2014/02/09/568/938213/kpu- harus-tekan-angka-golput-pemilu-2014, diakses 4 Maret 2014.
Palopo Dalam Angka. (2013). http:// ww.palopokota.go.id/ perda/ PalopoDalamAngka202013.pdf, diakses 27 Februari 2014.
Pare-Pare Dalam Angka. (2012). http://www. pareparekota.go.id/ kominfo/ files/ data_umum/KOTAPAREPAREDALAMANGKA2011.pdf, diakses 27 Februari 2014.
Republika.co.id. (23 Juli 2014). Lima Faktor Mengapa Jokowi Menang Pilpres. http://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/14/07/23/n967es-lima-faktor-mengapa-jokowi-menang-pilpres diakses 28 Oktober 2014.
Shimp, T.A (2003). Advertising, Promotion, and Supplement Aspects of Integrated Marketing Communication (7th Ed). The Dryen Press.
Tempo.co. (2 Desember 2013). Presiden SBY Didesak Tepati Janji Ke Korban HAM. http://www.tempo.co/read/news/2013/12/02/078533992/Presiden-SBY-Didesak-Tepati-Janji-ke-Korban-HAM, diakses 25 Februari 2014.
Tribunnews. (23 Juni 2014). Irmadi : Jokowi yang Bisa Kembalikan Kepercayaan Rakyat. http://m.tribunnews.com/pemilu-2014/2014/06/23/irmadi-jokowi-yang-bisa-kembalikan-kepercayaan-rakyat diakses 28 Oktober 2014.
Tribunnews. (8 April 2014). Prabowo Capres yang dinilai Mampu Berikan Rasa Aman Bagi Publik. http://www.tribunnews.com/nasional/2014/04/08/prabowo-capres-yang-dinilai-mampu-berikan-rasa-aman-bagi-publik diakses 28 Oktober 2014.
Tubbs, Stewart L., dan Moss, S. (2000). Human Communication : Konteks-Konteks Komunikasi (Buku Kedua). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
UGM.ac.id. (2014) Fenomena Golput Ketidakpercayaan Pada Partai Politik Dan Figur Kandidat. http://www.ugm.ac.id/id/berita/361fenomena.golput.ketidakpercayaan.pada.partai.politik.dan.figur.kandidat, diakses 4 April 2014.
Venus, Antar. (2004). Manajemen Kampanye : Panduan Teoritisdan Praktis dalam Mengekfektifkan kampanye Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media. Hal.57.
Worchel, S., Goethals, G. R. (1985). Adjustment: Pathways to Personal Growth. New Jersey : Prentice-Hall.Inc.
Zulganef. (2006). Konsep Persamaan Struktural dan Aplikasinya Menggunakan AMOS 5. Bandung : Penerbit Pustaka.