Clickbait Headline in News of Online Prostitution Case
Isi Artikel Utama
Abstrak
The increase of internet use triggers online media industry to compete for attracting readers. One of the ways is using the clickbait headline in the news. The clickbait is a catchy headline that attracts the readers to click on the news. This study aims to look at the tendency of clickbait title patterns in criminal news, namely online prostitution cases. The research method is quantitative content analysis. The news that will be examined is the news of Vanessa Angel's online prostitution case on Tribunnews.com for the period of January to June 2019. The result shows that Tribunnews.com applies the pattern of the clickbait headline in Vanessa Angel's news.
Rincian Artikel
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Afifullah, I. (2018, 16 Oktober). Antisipasi aksi kejahatan ini 6 acara berita kriminalera 2000-an. Idntimes.com. <https://www.idntimes.com/hype/entertainment/iip-afifullah/antisipasi-aksi-kejahatan-ini-6-acara-berita-kriminal-era-2000-an/full
APJII. (2018). Laporan Survei. Penetrasi dan Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia, Survey 2018. Jakarta, Indonesia.
Bastos, M.L. 2018. Tabloid Journalism. The International Encyclopedia of Journalism Studies, Forthcoming. <http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3195268>
Chakraborty, A., Paranjape, B., Kakarla, S., & Ganguly, N. 2016. Stop clickbait: Detecting and preventing clickbaits in online news media. Paper dipresentasikan dalam IEEE/ACM International Conference on Advances in Social Networks Analysis and Mining (ASONAM).
Chen, Y, Conroy, N, & Rubin, V. (2015). Misleading online content: Recognizing clickbait as “false news”. <https://www.researchgate.net/publication/283721117_Misleading_Online_Content_Recognizing_Clickbait_as_False_News>
CNN Indonesia. (2019, Juni 30). Vanessa angel alhamdulillah sudah bebas. Cnnindonesia.com. <https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190630124418-12-407687/vanessa-angel-alhamdulillah-sudah-bebas>
Google Trends. 2019. <https://trends.google.co.id/trends/ explore?date=2019-01-01%202019-12-31&geo=ID&q=vanessa%20angel>
Hadiyat, Y. D. Clickbait Di Media Online Indonesia. Jurnal Pekommas, 4(1), h. 1-10
Idntimes. (2018, 12 April). Article listicle vs narasi, ini lho perbedaanya. Idntimes.com. <https://www.idntimes.com/life/inspiration/idn-community/perbedaan-artikel-listicle-vs-narasi-c1c2/full>
Jamaludin, F. (2017, 6 Oktober). Menyuguhkan konten pembaca milineal. Merdeka.com. <https://www.merdeka.com/teknologi/menyuguhkan-konten-pembaca-milenial.html>
Kilgo, D. K., Harlow, S., Garcia-Perdomo,V., & Salaverria, R. (2016) A New Sensation? And International Exploration of Sensasionalism and Social Media Recommendatios in Online News Publications. Journalism, 1-20. DOI: 10.1177/1464884916683549
Kovach, B., & Rosenstiel, T. (2014). The elements of journalism, what newspeople should know and the public should expect. New York, NY: Three Rivers Press.
Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis, Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Latief, R., & Aziz, F. (2019). Penerapan Jurnalisme Berperspektif Gender dalam Berita Prostitusi Online Vanessa Angel di Detik.com. Jurnalisa, 5(2), 166-180
Mardliyah, A. (2018). Fenomena Clickbait di Tribunnews.com Ditinjau adri Kode Etik Jurnalistik Indonesia Periode Maret 2018. Jurnal Heritage, 20-28
Nadie, L. (2018). MediamMassa dan Pasar mModal, Strategi Komunikasi bagi Perusahaan go Public. Jakarta, Indonesia: Media Center.
Nordquist, R. (2019, 4 Maret). What’s a Listicle. Thoughtco.com. <https://www.thoughtco.com/what-is-a-listicle-1691130>
Pramesti, O. L. 2019. Era Digital, Adu Clickbait, dan Jurnalisme Tabloid. Dalam Wicaksono (Ed), Demokrasi Damai Era Digital, h. 1 – 8 . Jakarta: Siberkreasi.
Rahmitasari, D., H. (2013). Jurnalisme Tabloid di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 99- 111.
Zaenudin, A. (2018, Maret 14). Clickbait jebakan judul berita yang menipu pembaca. Tirto.id.