The Role of Public Relations Team: Case Study of Image Management in the Governor of Central Java, Ganjar Pranowo in the Digital Era
Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
APJII. (2014). Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. Jakarta: APJII.
Arifin, A. (2013). Politik Pencitraan. Jakarta: Pustaka Indonesia.
Arisanty, R. (2009). Media Relations Humas Pemprov Jatim Untuk Membangun Citra Gubernur Baru. Universitas Airlangga: Thesis.
Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2009). Effective Public Relations, Merancang dan Melaksanakan Kegiatan Kehumasan dengan Sukses. Terjemahan oleh Tri Wibowo. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dahlgren, P. (2013). The Political Web: Media, Participation and Alternative Democrazy. Basingstoke: Palgrave Macmillan.
Grunig, J. E., & Hunt, T. (1992). Model of Public Relations and Communication. In J. E. Grunig (Ed.), Exellence in Public Relations and Communications Management. New Jersey: Lawrence Erlbaum.
Grunig, J. E., & Hunt, T. (2009). Public Relations in The United States: A Generation of Maturation. In K. Sriramesh, & D. Vercic, The Global Public Relations Hanbook: Theory Research, and Practice (pp. 677-681). New York: Routledge.
Grunig, L. A., Grunig, J. E., & Dozier, D. M. (2002). Excellent Public Relations and Effective Organizations: A Study of Communication Management in Three Countries. New Jersey: Lawrance Erlbaum.
Hand, L. C., & Ching, B. D. (2011). You have one friend request: An exploration of power and citizen engagement in local governments. Administrative Theory and Praxis, 33, 362-382.
Hemay, I., & Munandar, A. (2016). Politik Identitas dan Pencitraan Kandidat Gubernur terhadap Perilaku Pemilih. Jurnal Kajian Politik dan Masalah Pembangunan, 1737-1748.
Hidayat, D. N. (2003). Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Jakarta: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.
Jefkins, F. (1992). Public Relation (Edisi Keempat). Jakarta: Erlangga.
Jenkins, H. (2004). The Cultural Logic of Media Convergence. International Journal of Cultural Studies, 33-43.
Jenkins, H. (2006). Convergence Culture: When Old and New Media Collide. NY: New York University Press.
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2016). Indikator TIK 2016. Jakarta: Kemkominfo RI.
Kietzmann, J. H., Hermkens, K., McCarthy, I. P., & Silvestre, B. S. (2011). Social Media? Get Srious! Understanding the Funcional Building Blocks of Social Media. Business Horizons, 241-251.
Lampe, I. (2010). Konsep dan Aplikasi Public Relations Politik pada Kontestasi Politik di Era Demokrasi. JURNAL ACADEMICA, 469-485.
Lewandowsky, S., Oberauer, K., & Gignac, G. E. (2013). NASA Faked the Moon Landing-Therefore, (Climate) Science is a Hoax: An Anatomy of the Motivated Rejection on Science. Psychological Science, 622-633.
Lubis, E. E. (2012). Peran Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintah. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 51-60.
Moore, F. (2004). Humas: Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nimmo, D. (2000). Komunikasi Politik, Komunikator, Pesan dan Media. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nugroho, Y., & Syarief, S. S. (2012). Beyond Click-Activism?: New Media and Political Processes in Contemporary Indonesia. Berlin: Friederich-Ebert Stiftung.
Piliang, Y. A. (2010). Dunia yang Dilipat (edisi keempat). Bandung: Matahari.
Putra, I. G. (2008). Konteks Historis Praktek Bagian Humas di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 178-190.
Putra, N. A. (2017). Model Komunikasi Humas Pemerintah Daerah. In Restu, Bunga Rampai Isu dan Regulasi Bidang Komunikasi dan Informatika. Yogyakarta: Lotus Tiara Wacana.
Sahab, A. (2017). Realitas Citra Politik Tri Rismaharini. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 20-34.
Sandra, L. J. (2013). Political Branding Jokowi Selama Masa Kampanye Pemilu Gubernur DKI Jakarta 2012 di Media Sosial Twitter. Jurnal E-Komunikasi, 277-287.
Sangaji, E., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian-Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Saputra, A. (2017, July 25) Enam Kepala Daerah Bisa Jadi Pesaing Ganjar Pranowo. Republika. https://www.republika.co.id/berita/nasional/pilkada/17/07/25/otne2h428-enam-kepala-daerah-bisa-jadi-pesaing-ganjar-pranowo
Soetomo, T. (2015). Personal Branding dalam Peningkatan Elektabilitas (Studi Kekuatan Foto Ganjar Pranowo Pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2013) . UNDIP: Thesis.
Soleman, S., Hasrullah, & Sultan, M. I. (2015). Peran Media Center dalam Mengelola dan Membentuk Citra Kandidat DIA pada pemilihan Walikota Makassar 2013. Jurnal Komunikasi KAREBA, 55-61.
Utomo, W. P. (2013). Menimbang Media Sosial dalam Marketing Politik di Indonesia: Belajar dari Jokowi-Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2012. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 67-84.
Wahono, T. (2015, December 31). 5 Kepala Daerah Paling Menyita Perhatian Selama 2015. Kompas. https://regional.kompas.com/read/2015/12/31/10535061/5.Kepala.Daerah.Paling.Menyita.Perhatian.Selama.2015?page=all
Wardani, A. S. (2017, July 12) Bak Selebritas, Ini 5 Kepala Daerah Terpopuler di Instagram. Liputan6. https://www.liputan6.com/tekno/read/3018772/bak-selebritas-ini-5-kepala-daerah-terpopuler-di-instagram
Wulandari, R. (2013). Strategi Kampanye Politik Partai Pengusung Afi-Mukmin dalam Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur Tahun 2013. eJournal Komunikasi, 11-35.