Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa
Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Sadirman, A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta, Rajawali Press.
Achroza, F. H. (2013). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dosen Pembimbing Mahasiswa dan Problem Focused Coping Dengan Stres Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa FKIP Bimbingan Konseling Universitas Muria Kudus. Skripsi: Unversitas Muria Kudus.
Cangara, H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo.
DeVito, J. A. (2011) Komunikasi Antarmanusia. Jakarta, Karisma Publishing,
Fajar, M. (2009) Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik. Yogyakarta, Graha Ilmu.
Hamalik. O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
__________________. (2005). Perencanaan pengajaran berdasar pendekatan sistem. Jakarta: PT bumi Aksara.
Kholil. S. (2006). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung, Citapustaka Media.
Lunandi, A.G. (1994). Komunikasi Mengenai: Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi. Yogyakarta, Kanisius.
Mulyana, D. (2002) Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
____________. (2001) Metodologi Penelitian Kualitas Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Prayitno, E. (1989). Motivasi dalam Belajar. Jakarta: PPLPTK Depdikbud.
Rahmat, J.(2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
______________. (2005). Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi dengan Contoh Analistis Statistik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riduan & Engkos A. K. (2008). Cara Menggunakan dan memahamai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung, Alfabeta.
Sendjaja, S. D. (1994). Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas terbuka.
Siburian, P. (2014). Hubungan Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Penelitian Pengajaran. Jurnal Generasi Kampus, Vol. 7 No. 1. April 2014.
Sears, D.O, Freedman, J.I, (1994). Psikologi Sosial, Alih Bahasa: Michael Adyanti. Jakarta: Erlangga.
Suryabrata, S. (2002). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Subagyo, J. (1997). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta, Rineka Cipta.
Wahyudi. (2013). Efektifitas Komunikasi Interpersonal Dosen Pembimbing Akademik dalam Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa. Tesis: Fakultas Sospol, UNIB.
Wiryanto. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta, PT. Gramedia.
Widjaja, H. A. W. (2000). Ilmu Komunikasi: Pengantar Studi. Jakarta, Rineka Cipta,
Wood, J. T. (2013). Komunikasi Teori dan Praktik. Jakarta, Salemba Humanika.
Wok, S. Teori-teori Komunikasi. Kuala Lumpur, Cergas (M) SDN, BHD, 2004.