Peran Media Baru dalam Perubahan Relasi Kekuasaan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Agerdal-Hjermind, A. 2014. The Enterprise Social Media Relations dalam Communication and Language at Work Journal. Vol. 1 No. 3, 2014.
BBC.com. (6 Maret 2015). #TrendSosial: Tertawa Bersama #SaveHajiLulung di Twitter. http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/03/150306_trensosial_hajilulung, diakses 7 Oktober 2015.
BBC.com. (26 September 2014). DPR Memutuskan Pilkada Lewat DPRD. http://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2014/09/140925_pilkada_hasil, diakses 10 November 2015.
CNNIndonesia.com. (10 Desember 2014). Mati Ketawa Cara Akun KW Medsos Pesohor. http://www.cnnindonesia.com/hiburan/20141210140100-234-17218/mati-ketawa-cara-akun-kw-medsos-pesohor, diakses 9 Oktober 2015.
CNNIndonesia.com. (8 Oktober 2015). Muchsin Alatas: 'Jumlah kami sudah 7 juta'. http://www.cnnindonesia.com/nasional/20141008165430-12-5780/muchsin-alatas-jumlah-kami-sudah-7-juta/, diakses 9 Oktober 2015.
CNNIndonesia.com. (30 Mei 2015). Semburan Lumpur Lapindo Diprediksi Hingga 20 Tahun Lagi. http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20150530080656-85-56649/semburan-lumpur-lapindo-diprediksi-hingga-20-tahun-lagi, diakses 9 Oktober 2015.
Connel, R. (2010). Ruling Class Ruling Culture. Cambridge: Cambridge University Press.
Dosi, E. (6 April 2011). Media dalam Jaring Kekuasaan. http://kupang.tribunnews.com/2011/04/06/media-dalam-jaring-kekuasaan, diakses 10 November 2015.
Fuchs, C. (2008). Internet and Society. New York: Routledge.
Habermas, J. (2007). Ruang Publik, Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Hoston, P. B., dan Hunt, C. L. (1984). Sosiologi Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kompas.com. (28 Februari 2014). Sebenarnya, Berapa Persen Saham Bakrie. http://tekno.kompas.com/read/2014/02/28/0727434/Sebenarnya.Berapa.Persen.Saham.Bakrie.di.Path, diakses 9 Oktober 2015.
Kompas.com. (26 September 2014). #ShameOnYouSBY Jadi “Trending Topik” Dunia http://tekno.kompas.com/read/2014/09/26/11475987/.ShameOnYouSBY.Jadi.Trending.Topic.Dunia diakses 7 Oktober 2015.
Littlejohn, S. W, dan Foss, K. A (eds). (2009). Encyclopedia of Communication Theory Volume 2. California: Sage Publications.
Merdeka.com. (24 September 2014). FPI tolak Ahok jadi gubernur karena bukan Islam & bacotnya busuk. http://www.merdeka.com/peristiwa/fpi-tolak-ahok-jadi-gubernur-karena-bukan-islam-bacotnya-busuk.html, diakses 9 Oktober 2015.
Miller, N. W, dan Ko, R. S. Studying Political Microblogging: Parliamentary Candidates on Twitter During February 2012 Election in Kuwait. International Journal of Communication. Vol. 9, 2015.
Nawawi, H. (1984). Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nugroho, N, dkk. (2012). Mapping the Landscape of the Media Industry in Contemporary Indonesia. Jakarta: CIPG dan Hivos.
Radloff, J. 2005. Claiming Cyberspace Communication and Networking for Social Change and Women's Empowerment dalam Feminist Africa Women Mobilised Journal. Issue 4, 2005.
Rmol.co. (9 Juli 2012). Korban Lapindo: Saya Benci TV One dan Anteve. http://www.rmol.co/read/2012/07/09/70268/Korban-Lapindo:-Saya-Benci-TV-One-dan-ANTV!-, diakses 9 Oktober 2015.
Robison, R, dan Hadiz, V. R. (2004). Reorganising Power in Indonesia. New York: Routledge.
Smiers, J. (2009). Arts under Pressure. Yogyakarta: Insistpress.
Stageman, A, dan Berg, K. 2013. Friends, Fans, and Followers. Case Studies in Strategic Communication Journal. Vol. 2, 2013.
Tempo.co. (7 Mei 2015). Ahok vs DPRD: Mati Ketawa Netizen di #SaveHajiLulung. http://metro.tempo.co/read/news/2015/03/07/083647794/ahok-vs-dprd-mati-ketawa-netizen-di-savehajilulung, diakses 7 Oktober 2015.
Tempo.co. (20 Desember 2014). Ical, Lumpur Lapindo, dan Pemberi Harapan Palsu. http://nasional.tempo.co/read/news/2014/12/20/078629935/ical-lumpur-lapindo-dan-pemberi-harapan-palsu, diakses 9 Oktober 2015.
Tempo.co. (19 Desember 2014). Kasus Lapindo, Duit Negara Rp 10 T, Ical Rp 3,8 T. http://nasional.tempo.co/read/news/2014/12/19/078629771/kasus-lapindo-duit-negara-rp-10-t-ical-rp-3-8-t, diakses 9 Oktober 2015.
Tempo.co. (27 Desember 2011). TVOne Bantah Selewengkan Nama Lumpur Lapindo. http://bisnis.tempo.co/read/news/2011/12/27/090373958/tvone-bantah-selewengkan-nama-lumpur-lapindo, diakses 9 Oktober 2015.
Tribunnews.com. (25 September 2013). Aburizal Bakrie Paling Dicibir Pengguna Sosial Media. http://www.tribunnews.com/nasional/2013/09/25/aburizal-bakrie-paling-dibenci-pengguna-sosial-media, diakses 9 Oktober 2015.
van Dijk, J. (2006). Network Society. California: Sage Publications.
Westerman, D, Spence, P. R, dan Heide, B. V. D. Social Media as Information Source: Recency of Updates and Credibility of Information. Journal of Computer Mediated Communication. Vol. 19, Issue 2, Januari 2015.