Hoaks Kategori Satire Sebagai Cyberbullying dalam Hoaks Isu Politik
Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Akbar, M. A., & Utari, P. (2015). Cyberbullying Pada Media Sosial. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Retrieved from https://www.jurnalkommas.com/index.php?target=isi&jurnal=CYBERBULLYING PADA MEDIA SOSIAL
Alfarisi, M. F. S. (2019). Kadal Gurun: Definisi dan Percakapan. Retrieved April 25, 2021, from https://dea.uii.ac.id/user/lihat_publikasi/kadal-gurun-definisi-dan-percakapan
Baptista, J. P., & Gradim, A. (2020). Understanding Fake News Consumption: A Review. Social Science, 9(185), 1–22. https://doi.org/10.3390/socsci9100185
Dhahir, D. F. (2018). Pola Asuh Penggunaan Internet di Kalangan Anak-anak Indonesia. Jurnal Pekommas, 3(2), 169–178. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030206
Fatmawati, S., Salzabila, R., Rizkitama, G. A., & Nugroho, R. A. (2019). Analisis Berita Hoaks Di Korpus Sosial Media Guna Mengembangkan Model “Kapak Hoaks” (Kemandirian Pembaca Menganalisis Konten Hoaks) Studi Analisis Wacana Kritis. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 15(2), 113–135. https://doi.org/https://doi.org/10.33633/lite.v15i2.2525
First Draft. (2019). Understanding Information Disorder. First Draft.
Geken, F. R. E. (2020, January 16). 6 Anggaran Aneh Gubernur Anies: Dari Lem Aibon Sampai Toa. Metro.tempo.co. Retrieved from https://metro.tempo.co/read/1295724/6-anggaran-aneh-gubernur-anies-dari-lem-aibon-sampai-toa/full&view=ok
Hinduja, S., & Patchin, J. W. (2009). Bullying beyond the Schoolyard: Preventing and Responding to Cyberbullying. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
Iswara, A. A. (2019). Hoax, Manipulation And Abuse Of Languages Persuasive Power A Pragmatic Study. In The 7th International Conference on English Language Teaching, Linguistics and Literature.
Iswara, A. A., & Bisena, K. A. (2020). Manipulation And Persuasion Through Language Features In Fake News. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 6(1), 26–32. https://doi.org/https://doi.org/10.22225/jr.6.1.1338.26-32
Juditha, C. (2019). Komparasi Sentimen Isu SARA di Portal Berita Online dengan Media Sosial Menjelang Pemilu 2019. Jurnal Pekommas, 4(1), 61–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30818/jpkm.2019.2040107
Junta Ka Reporter. (n.d.). Disclaimer. Retrieved April 24, 2021, from http://www.juntakareporter.com/disclaimer/
Kowalski, R. M., Limber, S. P., & Agatston, P. W. (2012). Cyber bullying (2nd ed.). UK: Blackwell Publishing Ltd.
Mastel. (2017). Hasil Survey Mastel Tentang Wabah Hoaks Nasional. Retrieved March 25, 2021, from https://mastel.id/hasil-survey-wabah-hoaks-nasional-2017/
Mutma, F. S. (2019). Deskripsi Pemahaman Cyberbullying Di Media Sosial Pada Mahasiswa. Komunikasi, 13(2), 165–182. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/ilkom.v13i2.5928
Noktara.de. (n.d.). Disclaimer. Retrieved April 24, 2021, from https://noktara.de/disclaimer/
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. (Lutfiah, Ed.). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Patchin, J. W., & Hinduja, S. (2012). Cyberbullying Prevention And Response: Expert Perspectives. New York: Routledge.
Sartana, & Afriyeni, N. (2017). Perundungan Maya (Cyber Bullying) Pada Remaja Awal. Jurnal Psikologi Insight, 1(1), 25–39. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/insight.v1i1.8442
Syaputri, I. K. (2018). Internet Case: Mengkaji Makna Cyberbullying. Syi’ar, 18(1), 39–55. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/syr.v18i1.1569
UNICEF. (n.d.). Cyberbullying: Apa itu dan bagaimana menghentikannya. Retrieved April 6, 2021, from https://www.unicef.org/indonesia/id/child-protection/apa-itu-cyberbullying
Wardle, C., & Derakhshan, H. (2018). Thinking about “information disorder”: formats of misinformation, disinformation, and mal-information. In C. Ireton & J. Posetti (Eds.), Journalism, “Fake News” & Disinformation. (7th ed.). Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. Retrieved from https://bit.ly/2MuELY5
Winarni, & Lestari, R. D. (2019). Sumber Berita Netizen dalam Perspektif Etika Jurnalistik (Studi Kasus pada Media Online Jogja.tribunnews.com). Jurnal Pekommas, 4(1), 85–96. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30818/jpkm.2019.2040109
Wiyani, N. A. (2017). Save Our Children From School Bullying. (R. T. Sari, Ed.) (2nd ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: FBS UNP Press. Retrieved from http://repository.unp.ac.id/1830/