Harnessing Technology Acceptance Model (TAM) on Information System to Safeguard Accelerated Data Collecting and Processing Amid COVID-19 Pandemic
Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
BPS-Statistics Indonesia. (2016). Survey of Large and Medium Manufacturing, 2016.
BPS-Statistics Indonesia. (2020a). About BPS.
BPS-Statistics Indonesia. (2020b). Large and Medium Manufacturing.
Breuer, L. E., Guajardo, J., & Kinda, T. (Eds.). (n.d.). Realizing Indonesia's Economic Potential. International Monetary Fund.
Candraditya, H., & Idris. (2013). ANALISIS PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Produk Flazz BCA di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal of Management.
Chau, P. Y. K. (1996). An Empirical Assessment of a Modified Technology Acceptance Model. Journal of Management Information Systems, 13(2), 185–204. https://doi.org/10.1080/07421222.1996.11518128
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly Management Information System, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008
Esthiningrum, A., & Sari, S. P. (2020). Pendekatan Theory Rasoned Action (TRA) dan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Minat Transaksi Menggunakan E-Money. Seminar Nasional Dan Call For Paper: Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Era 4.0.
Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Iqra’, 9(1).
Gaskin, J. E., & Lowry, P. B. (2014). Partial Least Squares (PLS) Structural Equation Modeling (SEM) for Building and Testing Behavioral Causal Theory: When to Choose It and How to Use It. IEEE Transactions on Professional Communication.
Greenfield, G., & Rohde, F. (2009). Technology Acceptance: Not All Organisations Or Workers May Be the Same. International Journal of Accounting Information Systems.
Im, I., Kim, Y., & Han, H.-J. (2008). The Effects Of Perceived Risk and Technology Type On Users' Acceptance of Technologies. Elsevier B.V. Information and Management, 45(1), 1–9.
Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, (2020).
Keputusan Presiden Republik Indonesia No 9. Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Keputusan Presiden No. 7 Tahun 2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, (2020).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Penangangan COVID-19, (2020).
Konting, M. (2004). Kaedah Penyelidikan Pendidikan. In Dewan Bahasa dan Pustaka.
Lee, Y., Kozar, K. A., & Larsen, K. R. T. (2003). The Technology Acceptance Model: Past, Present, and Future. Communications of The Association of Information Systems, 12.
Legi, D., & Saerang, R. T. (2020). The Analysis Of Technology Acceptance Model (TAM) On Intention To Use Of E-Money In Manado (Study On: Gopay, Ovo, Dana). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4).
Loekmanto, A. (2012). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) dalam Online Shopping. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 3(1).
Mathieson, K. (1991). Predicting User Intentions: Comparing the Technology Acceptance Model with the Theory of Planned Behavior. Information System Research.
Nan, Z., Xun-hua, G., & Guo-qing, C. (2007). Extended Information Technology Initial Acceptance Model and Its Empirical Test. Systems Engineering - Theory & Practice, 27(9), 123–130.
Rahmawati, A., Pribadi, D., Farlina, Y., Ramdhani, L. S., Yulistria, R., & Marsusanti, E. (2019). Technology Acceptance Model (TAM) for Analyzing E-Report Information System. The 7th International Conference on Cyber and I.T. Service Management (CITSM 2019).
Rose, J., & Fogarty, G. (2006). Determinants of Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use in the Technology Acceptance Model: Senior Consumers' Adoption of Self-Service Banking Technologies. Academy of World Business, Marketing and Management Development.
Sarstedt, M., Ringle, C. M., Smith, D., Reams, R., & Jr., J. F. H. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): A Useful Tool for Family Business Researchers. Journal of Family Business Strategy, 105–115.
Simanjuntak, O. S. (2011). Technology Acceptance Model (TAM) Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Menuju Masyarakat Informasi. Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi (Telematika), 8(1), 25–32.
Suleman, D., Zuniarti, I., Sabil, Setyaningsih, E. D., Yanti, V. A., Susilowati, I. H., Sari, I., Marwansyah, S., Hadi, S. S., & Lestiningsih, A. S. (2019). Decision Model Based on Technology Acceptance Model (TAM) for Online Shop Consumers in Indonesia. Academy of Marketing Studies Journal, 23(4).
Syafrizal, A., Ernawati, & Dwiandiyanta, B. Y. (2015). Penerapan Model Technology Acceptance Model (TAM) untuk Pemahaman Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Scientific Journal of Informatics, 2(1), 9–14.
Syahril, W. N., & Rikumahu, B. (2019). Penggunaan TAM dalam Analisis Minat Perilaku Penggunaan E-Money pada Mahasiswa Universitas Telkom. Jurnal Mitra Manajemen, 3(2), 201–214.
Tirtana, I., & Sari, S. P. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking. Proceeding of Syariah Paper Accounting FEB-UMS, 671–688.
Widodo, A. P., Agushybana, F., & Jati, S. P. (2018). Pengukuran Penerimaan Sistem Informasi EWSKIA Berdasarkan Persepsi Pengguna dengan Menggunakan Technology Acceptance Model. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 8(2), 166–173.