Hubungan Literasi Digital dengan Perilaku Penyebaran Hoaks pada Kalangan Dosen di Masa Pandemi Covid-19
Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
[APJII] Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019-2020 (Q2). Jakarta: Indonesia Survey Center (ISC).
A’yuni, QQ. (2015). Literasi Digital Remaja di Kota Surabaya. Journal Unair. 4 (2): 224-239.
Bawden, D. (2001). Information and Digital Literacies: A Review of Concepts. Journal of Documentation. 57 (2): 218-259.
Garnesia, I. (2021). Tahun 2020: Tahunnya Hoaks Politik dan Hoaks Virus Corona. [Internet]. Diposting pada 26 Februari 2021. Diunduh pada 8 Maret 2021. Tersedia pada: https : // tirto.id / tahun - 2020 - tahunnya - hoaks – politik – dan – hoaks – virus – corona - f9ui.
Herawati, N., Hanum, AN., & Utami, D. (2019). Implikasi Literasi Media dalam Mengubah Perilaku Masyarakat Kota Pontianak terhadap Kabar Bohong. Jurnal Komunikasi dan Media. 3 (2): 102-120
Juditha, C. 2020. Perilaku Masyarakat Terkait Penyebaran Hoaks Covid-19. Jurnal Pekommas. 5 (2): 105-116.
Kertanegara, MR., Nabila, A., Berlian, CN., Jeaniffer, E., Dwi, F., & Sabrina. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Digital terhadap Perilaku Penyebaran Hoax di Kalangan Generasi Z (Studi pada Siswa SMA Negeri 4 Depok). Jurnal Konvergensi. 2 (1): 80-161.
Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator. 8(2): 51-66.
[MAFINDO] Masyarakat Anti Fitnah Indonesia. (2019). Pemetaan Disinformasi/ Misinformasi MAFINDO Edisi Oktober 2019. Jakarta: MAFINDO.
Mathar, T. (2014). Authors Collaboration in Digital Literacy From 1997 To 2013: A Bibliometric Study. Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al-Hikmah. 2 (2): 158-169.
Morissan. (2012). Metode Penelitan Survai. Jakarta: Kencana.
Nuralam, C. (2021). 1.387 Hoax Beredar di Media Sosial hingga 26 Januari 2021. [Internet]. Diposting pada 22 Januari 2021. Diunduh pada 7 Maret 2021. Tersedia pada: h t t p s : / / w w w . liputan6 . com / cek – fakta / read / 4468257 / 1387 - hoaks – beredar – di – media – sosial – hingga -26 – januari - 2021.
RA. (2020). Pengguna Internet, 1998-2019*. [Internet] Diposting pada 4 Mei 2020. Diunduh pada 9 Maret 2021. Tersedia pada: h t t p s : / / lokadata.id / data / pengguna – internet – 1998 – 2019 - 1588572409
Savitri, E. (2019). Revolusi Industri 4.0 ‘Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0. Yogyakarta: Genesis.
Singarimbun, M., & Effendi, S. (2008). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.
Solihin, MM. (2020). Pengantar Wacana: Peluang dan Tantangan Penyuluhan Sosial Keagamaan di Era Revolusi Industi 4.0, dalam: Representasi Materi Komunikasi Penyuluhan di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Phoenix Publisher.
Syah, R., Darmawan, D., & Purnawan, A. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Literasi Digital. Jurnal AKRAB. 10 (2): 60-69.
[UIN] Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. (2015). Pedoman Akademik Program Strata 1 Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta: Biro Administasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama
Zulganef. 2013. Metode Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.