Kualitas Pelayanan Publik Melalui E-Government dengan Aplikasi Tangerang Gemilang

Isi Artikel Utama

Bahrul Syaepudin
Adie Dwiyanto Nurlukman

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kualitas pelayanan publik melalui aplikasi E-Government Tangerang Gemilang. Aplikasi Tangerang Gemilang merupakan inovasi pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan publik, pelaporan, dan pengaduan dari warga, organisasi, dan instansi pemerintah. Layanan yang terkesan kaku kemudian melalui penggunaan E-Government menjadi lebih fleksibel, efektif, dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dan diperoleh melalui studi kepustakaan, dokumentasi, wawancara, dan observasi di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan kurangnya sinergitas antar instansi atau instansi yang ada di pemerintah Kabupaten Tangerang dalam menjalankan e-government dan rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dalam penggunaan aplikasi Tangerang Gemilang serta penanganan pelayanan yang belum optimal. dikarenakan belum adanya integrasi aplikasi yang baik antar organisasi perangkat daerah di Aplikasi Tangerang Gemilang.

 

Rincian Artikel

Bagian
Informatika
Biografi Penulis

Bahrul Syaepudin, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Program Studi Ilmu Pemerintahan

Adie Dwiyanto Nurlukman, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Program Studi Ilmu Pemerintahan

Referensi

Diskominfo. (2018, October 28). Pengelolaan Persediaan Berbasis Aplikasi di Kabupaten Tangerang - Berita Kabupaten Tangerang. Diskominfo Kabupaten Tangerang. https://tangerangkab.go.id/detail-konten/show-berita/1557

Hasan, A., & Arief, A. (2018). Pengukuran Tingkat Kematangan E-Goverment pada Pemerintah Daerah Kepulauan. PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 5, 6.

Ibad, S., & Lolita, Y. W. (2020). Pengembangan Pelayanan Publik Melalui E-Government (Studi Pada Layanan Smartcity Kabupaten Situbondo). Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 6(2), 200–226. https://doi.org/10.26618/kjap.v6i2.3944

Kabupaten Tangerang, D. (2020). Portal aplikasi sistem informasi tangerang gemilang. Diskominfo Kabupaten Tangerang. https://app.tangerangkab.go.id/

Kurnia, T. S., Rauta, U., & Siswanto, A. (2017). E-Government dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Indonesia. Masalah-Masalah Hukum, 46(2), 170–181. https://doi.org/10.14710/mmh.46.2.2017.170-181

Manurung, E. D., Sembiring, S. N. R., & Sulistyani, W. (2019). Pelayanan Publik Berbasis Elektronik dan Perilaku Anti Korupsi. Veritas et Justitia, 5(2), 399–420. https://doi.org/10.25123/vej.v5i2.3614

Mardiani, D. (2014). Pemakai Internet di Kabupaten Tangerang Rendah | Republika Online. https://www.republika.co.id/berita/trendtek/telekomunikasi/10/05/27/koran/urbana/14/08/19/najuim3-pemakai-internet-di-kabupaten-tangerang-rendah

Masyhur, F. (2014). Kinerja Website Resmi Pemerintah Provinsi di Indonesia. Jurnal Pekommas, 17(1), 9–14.

Rahayu, A. Y. s, Juwono, V., & Rahmayanti, K. P. (2020). Pelayanan Publik dan E-Government: Sebuah Teori dan Konsep (1st ed.). RajaGrafindo Persada. http://www.rajagrafindo.co.id

Rukayat, Y. (2018). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di Kecamatan Pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi, 11(2), Article 2. https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jimia/article/view/32

Sosiawan, E. A. (2015). Tantangan dan Hambatan dalam Implementasi E-Government di Indonesia. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 1(5), Article 5. http://www.jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/760

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan, R&D (23rd ed.). Alfabeta Bandung. www.cvalfabeta.com

yunita, N. P., & Apriyanto, R. D. (2018). Kondisi Terkini Perkembangan Pelaksanaan E-Government di Indonesia : Analisis Website. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2018 (SENTIKA 2018), 329–336.