Interpersonal Communication Competency of Researchers Based Personality Typilogy (Kompetensi Komunikasi Interpersonal Peneliti Berdasarkan Tipologi Kepribadian)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Communication is one of the competencies that must be owned by the Head of LIPI researcher under Regulation No. 04 of 2009 concerning the standard of competence investigators. The lack of interpersonal communication skills in HR researcher becomes a dilemma for individual researchers and organizations, as it would result in less than the maximum dissemination of information will be the results of research into the environmental and social studies. Jung's personality typology with The Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) to describe the interpersonal communication skills, explain the indicator, and interpretation. Measurement of personality typology MBTI researchers used a questionnaire survey research center X purposive random sampling involved 42 researchers covering two reasearch group namely policy and science and technology indicators, and management of science and technology. There are twelve of personality typology balance between introvert and extrovert personality. A description of the competence of interpersonal communication as part of self-concept, related to the appearance of the researcher in communication that can help interpersonal perception of the interlocutor. Indicators that describe the ability of researchers interpersonal competence is the ability to provide feedback information or understanding of, and to others. Based on these indicators interpersonal communication skills of researchers should be a great concern and the primary strategy of HR competence development of researchers.
Komunikasi merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh peneliti berdasarkan Peraturan Kepala LIPI no 04 tahun 2009 mengenai standar kompetensi peneliti. Kurangnya kemampuan komunikasi interpersonal pada SDM peneliti menjadi dilema tersendiri bagi individu peneliti dan organisasi, karena akan berakibat pada kurang maksimalnya penyebaran informasi akan hasil penelitian ke pada lingkungan penelitian dan sosial. Tipologi kepribadian Jung dengan The Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) dapat menggambarkan kemampuan komunikasi interpersonal, menjelaskan indikatornya, dan interpretasi. Pengukuran tipologi kepribadian peneliti menggunakan survey kuesioner MBTI di pusat penelitian X secara purposive random sampling melibatkan sebanyak 42 peneliti meliputi dua kelompok penelitian yaitu Kebijakan dan Indikator IPTEK, dan Manajemen IPTEK. Terdapat dua belas tipologi kepribadian yang seimbang antara kepribadian introvert dan ekstrovert. Gambaran mengenai kompetensi komunikasi interpersonal sebagai bagian konsep diri, terkait penampilan peneliti dalam berkomunikasi yang dapat membantu persepsi interpersonal dari lawan bicaranya. Indikator yang menjelaskan kemampuan kompetensi interpersonal peneliti adalah kemampuan dalam memberikan umpan balik informasi atau pemahaman dari dan ke orang lain. Berdasarkan dari indikator tersebut seharusnya keterampilan komunikasi interpersonal peneliti menjadi perhatian yang penting dan menjadi strategi utama pengembangan kompetensi SDM peneliti.
Rincian Artikel
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Alwisol. (2007). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press
Creswell, J. W. (1998). Qualitative Inquiry And Research Design: Choosing Among Five Traditions. London: SAGE Publications Ltd.
DeVito, J. A. (2004). The Interpersonal Communication Book, 10th ed. Boston: Pearson-Allyn & Bacon
Gibson, J. L. dkk. (2009). Organizations: Behavior, Structure, Process. New York: McGraw-Hill/Irwin
Gungor, F., Kurt, H., & Ekici, G. (2014). The relationship between personality tyoes and self-efficacy perceptions of students teacehers. Social and Behavioral Sciences, 116. 786-790.
Greasley, P.H., & Bocarnea, M.C. (2014). The relationship between personality type and the servan leadership characteristic of empowerment. Social and Behavioral Sciences, 124. 11-19.
Greenberg, J. and Robert A. B. (2003). Behavior in Organizations. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc.
Griffin, E. (2006). A First Look At Communication Theory, 6th ed. Boston: McGraw-Hill
Harvard University. (tanpa tahun). Competency Dictionary. Development Dementions Int’l.Inc.
Hilgard, E.R. & Marquis, D.G. (1940). Conditioning and learning. New York: Appleton-Century.
Hybels, S., L, Richard., II, Weaver. (2001). Communicating Effectively. (6th ed.). New York: McGraw-Hill.
Jung, C. G. (1921). Personality types. New York, NY: Harcourt Brace.
LIPI. (2009), Peraturan Kepala LIPI No 04 tahun 2009 tentang Standar Kompetensi Peneliti
Mc Clelland, D.C. (1973) Testing for Competence Rather than for Intelligence. American Psychologist, 28,
Mulay, B. (2006). Optimitizing the effectiveness of your personal leadership style using the Myers-Briggs Type Indicator. Development Biology, 295. doi:10.1016/j.ydbio.2006. 04.016
Myers, L.B. (2007). Myers Briggs Personality Type. http://www.team technology .com .uk,
Myers, LB., & McCaulley, M.H. (1985). Manual: A guide to the development and use of the Myers-Briggs Type Indicator. Palo Alto, CA: Consulting Psychologists Press.
Mitrofan, N., & Ion, A. (2013). Predictors of academic performance. The relation between the big five factors and academic performance. Social and Behavioral Sciences, 78. 125-129.
Neuman, W.L. (2006). Social Research Methods Qualitative and Quantitative Approaches, Sixth Edition. Person International Edition: USA
Per, M. & Beyoglu, A. (2011). Personality types of students who study at the departments of numeric, verval and fine arts in education faculties. Social and Behavioral Sciences, 12. 242-247.
Sari, L.P., & Cahiriyati, L.R. (2013). Hubungan efektitifitas komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa dengan prestasi akademik mahasiswa psikologi Universitas Bina Nusantara. Universitas Bina Nusantara.
Spencer, M. L. & Spencer, M. S. (1993). Competence At Work: Models for Superior Performance. USA: John Wiley & Sons, Inc.
Sunengsih, N. D. (2014). Pengaruh lingkungan kerja, kepribadian, dan komunikasi interpersonal terhadap komitmen organisasi dosen Universitas Darma Persada di Jakarta (2012). Jurnal Manajemen, XVIII (02). 245-256.
Tim Indikator IPTEK. (2013). Indikator IPTEK Indonesia 2013. Jakarta: LIPI Press.
Vazirani, N. (2010). Review Paper: Competencies and competency model - a brief overview of it development and application. SIES Journal of Management, 7 (1). 121-131.
West, R. & Turner, L. H. (2007). Introducing Communication Theory: Analysis and Application. New York: McGraw-Hill/Irwin