Analisis Bibliometrik Terhadap Pemetaan Riset Social Media Marketing

Isi Artikel Utama

Vivi Herlina

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan tren penelitian social media marketing terhadap kinerja pemasaran (marketing performance), sekaligus mengetahui produktivitas penelitian baik dari sisi peneliti, penerbit, dan jumlah sitasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis bibliometrik, serta aplikasi VOSviewer untuk melakukan pemetaan data. Rentang waktu yang dipilih mulai dari tahun 2000 sampai dengan 2021 yang  bersumber dari Google Scholar. Jumlah kajian yang dijadikan bahan analisis sebanyak 493 artikel jurnal. Hasil penelitian ini menemukan bahwa perkembangan penelitian mengenai social media marketing terus meningkat setiap tahunnya. Riset terhadap social media marketing terhadap kinerja pemasaran banyak dilakukan dengan objek UKM. Sedangkan peneliti yang banyak menghasil artikel jurnal ialah Eunju Ko. Berdasarkan Network Visualization terdapat tujuh kluster yang dihasilkan. Sedangkan, dari hasil Density Visualization diketahui riset yang terkait dengan social media marketing adalah medium (Small and Medium Enterprise), firm, social structure, advertising, digital marketing, dan measurement. Sebaliknya, kajian yang masih sedikit seputar social media marketing terdiri dari consumer behavior, ROI, digital marketing performance, fast fashion industry, dan luxury fashion brand. Hal ini bermakna, terbukanya peluang bagi para peneliti untuk melakukan berbagai riset lainnya di masa mendatang


Rincian Artikel

Bagian
Informatika

Referensi

Alves, H., Fernandes, C., & Raposo, M. (2016). Social Media Marketing: A Literature Review and Implications. Psychology & Marketing, 33(12), 1029–1038. https://doi.org/10.1002/mar.20936

Chanthinok, K., Ussahawanitchakit, P., & Jhundra-indra, P. (2015). Social Media Marketing Strategy and Marketing Performance: Evidence from E-commerce Firms in Thailand. AU-GSB E-Journal, 8(1), 1–19. http://www.assumptionjournal.au.edu/index.php/AU-GSB/article/view/1454

Halevi, G., Moed, H., & Bar-Ilan, J. (2017). Suitability of Google Scholar as a source of scientific information and as a source of data for scientific evaluation—Review of the Literature. Journal of Informetrics, 11(3), 823–834. https://doi.org/10.1016/j.joi.2017.06.005

Harzing, A.-W. (2016). General/keyword search. Harzing.Com. https://harzing.com/resources/publish-or-perish/manual/using/use-cases/general-search

Ismagilova, E., Dwivedi, Y., Lal, B., Rana, N., & Doneddu, D. (2021). Return On Investment In Social Media Marketing: Bibliometric Analysis. UK Academy for Information Systems Conference Proceedings, 17. https://aisel.aisnet.org/ukais2021/17/

Nyambu, E. M. (2013). Influence of Social Media Marketing on Performance of Telecommunication Firms In Kenya. International Journal of Innovative Research & Development, 2(9), 184–190. http://www.internationaljournalcorner.com/index.php/ijird_ojs/article/view/133905

Pang, C., Wu, X., Ji, X., & Quan, V. (2020). Bibliometrics of Social Media Marketing: The Development Status and Quantitative Analysis. Proceedings of the IEEE International Conference on Software Engineering and Service Sciences, ICSESS, 2020-Octob, 449–452. https://doi.org/10.1109/ICSESS49938.2020.9237686

Pekdemir, E. (2018). Google Scholar Through the Eyes of Academics. International Technology and Education Journal, 2(2), 1–10. http://ekuad.ejournalmanagement.com/admin/articles/google-scholar-through-the-eyes-of-academics.pdf

Perkadosi. (2019). Mengenal Lebih Dekat “ResearchGate.” http://perkadosi.web.id/2019/04/28/mengenal-lebih-dekat-researchgate/

Permata, A. A. (2017). Pemanfaatan Media Sosial untuk Jual Beli Online di Kalangan Mahasiswa FISIP Universitas Airlangga Surabaya melalui Instagram. Libri-Net, 6(1), 1–19. http://journal.unair.ac.id/LN@pemanfaatan-media-sosial-untuk-jual-beli-online-di-kalangan-mahasiswa-fisip-universitas-airlangga-surabaya-melalui-instagram---article-11412-media-136-category-8.html

Polańska, K. (2014). Social Media in Modern Business. European Scientific Journal, 1, 335–345.

Raj Y, A., Hemalatha, J., & Munuswamy, S. (2021). A Bibliometric Study on Effect of Social Media Marketing on Customer Engagement. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry (TOJQI), 12(8), 2960–2971. https://tojqi.net/index.php/journal/article/view/4750

Romdonny, J., & Rosmadi, M. L. N. (2018). Peran media sosial dalam mendukung pemasaran produk organisasi bisnis. Ikra-Ith Ekonomika, 1(2), 25–30. https://www.neliti.com/publications/267974/

Salimi, D., Tavasoli, K., Gilani, E., Jouyandeh, M., & Sadjadi, S. J. (2019). The impact of social media on marketing using bibliometrics analysis. International Journal of Data and Network Science, 3(3), 165–184. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2019.2.006

Suryani, ita. (2014). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. Jurnal Komunikasi, 8(2), 123–138. https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/6471

Thaha, A. R., Maulina, E., Muftiadi, R. A., & Alexandri, M. B. (2021). Research Trends and Mapping on Social Media in SMEs: A Bibliometric Analysis. Library Philosophy and Practice (e-Journal), 5591. https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/5591

Triwahyuningtyas, D., Sundaygara, C., Widiaty, I., Nandiyanto, A. B. D., Aji, S. D., & Hudha, M. N. (2021). Bibliometric analysis of the term ‘STEM module.’ IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1098(3), 032031. https://doi.org/10.1088/1757-899x/1098/3/032031

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270

Zhou, L., & Wang, T. (2014). Social media: A new vehicle for city marketing in china. Cities, 37, 27–32. https://doi.org/10.1016/j.cities.2013.11.006