D Podcast Video dan Strategi Pemilihan Konten dalam Times Indonesia Podcast pada Times TV Jogja

Isi Artikel Utama

Diyah Ayu Karunianingsih

Abstrak

Pengguna podcast terus meningkat termasuk berkembangkannya podcast video. Fenomena media online yang menyuguhkan podcast video terus berkembang.  Bahkan media online dapat mempublikasikan konten bukan hanya di aplikasi podcast seperti spotify, anchor dan aplikasi lainnya, namun juga diunggah di kanal youtube. Times Indonesia Podcast salah satu media massa online yang membuat konten podcast video kemudian diunggah pada kanal youtube. Penelitian dilakukan pada podcast video Times Indonesia Podcast Regional Yogyakarta dengan tujuan untuk menemukan model podcast video dan strategi pemilihan konten dalam program siaran Times Indonesia Podcast pada Times TV Jogja. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menemukan bahwa model podcast video yang dikembangkan atau diproduksi Times Indonesia Regional Yogyakarta merupakan jenis podcast wawancara dan model publikasi tidak menggunakan platform podcast namun dipublikasikan menggunakan kanal youtube. Startegi pemilihan topik dalam konten podcast video mengacu  pada topik yang sedang hangat dibicarakan masyarakat, topik viral dan topik bersifat nasional yang dikaitkan dengan isu daerah di Yogyakarta.

Rincian Artikel

Bagian
Media Massa

Referensi

Chartable. (2021). Podcast Charts: Spotify — Indonesia — Top Podcasts. Chartable. https://chartable.com/charts/spotify/indonesia-top-podcasts

Creswell, J. W. (2012). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed (S. Zuhri (ed.)). Pustaka Pelajar.

Daylisocial.id. (2018). Laporan DailySocial: Pengguna Layanan Podcast 2018. Podcast User Research in Indonesia 2018. Daylisocial.Id. https://dailysocial.id/post/laporan-dailysocial- penggunaan-layanan-podcast-2018

Dennis. (2020). 4 Ways To Create A Video Podcast (And Why You Should Try It). 9 Desember 2020. https://castos.com/video-podcast/

Fadilah, E., Yudhapramesti, P., &, & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1), 90–104. http://jurnal.unpad.ac.id/kajian-jurnalisme/article/view/10562

Faradinna, N. (2020). Peran Podcast dalam Memebangun Knowledge Society. Universitas Pertamina. (Tugas Akhir)

Hennig, N. (2017). Why Podcasts? - ProQuest. 5–9. https://search.proquest.com/openview/876c1fed1b3e849de84fb398566462bc/1?pq-origsite=gscholar&cbl=37743%0Ainternal-pdf://0.0.1.190/1.html

Karunianingsih, D. A. (2020). Konvergensi Media pada Podcast Radar Jogja Digital dalam Publikasi Berita dan Perluasan Segmentasi Audiens. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(No. 1 Juni), 61–80. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.3528

Kay, R. H. (2012). Exploring the use of video podcasts in education: A comprehensive review of the literature. Computers in Human Behavior, 28, 820–831. https://doi.org/10.1016/j.chb.2012.01.011

Komparan.com. (2020). Spotify: Pendengar Podcast di Indonesia Terbanyak se-Asia Tenggara. 28 Mei 2020. https://kumparan.com/millennial/spotify-pendengar-podcast-di-indonesia-terbanyak-se-asia-tenggara-1tV7zdmCpV0/full

Meisyanti, & Kencana, W. harkandi. (2020). Platform Digital Siaran Suara Berbasis on Demand. Jurnal Komunikasi Dan Media, 4(2), 191–207. https://doi.org/https://doi.org/10.33884/commed.v4i2.1547

Moleong, L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (revisi). Rosda Karya.

Newsroom.spotify.com. (2020). Spotify Fans Can Better Connect to Creators With New Video Podcasts. 21 Juli 2020. https://newsroom.spotify.com/2020-07-21/spotify-fans-can-better-connect-to-creators- with-new-video-podcasts/

Pertiwi, W. K. (2020). Spotify Punya Video Podcast, Bisa Didengarkan Sambil Buka Aplikasi Lain. 22 Juli 2022. https://tekno.kompas.com/read/2020/07/22/12050077/spotify-punya-video-podcast-bisa-

Sheffield.ac.uk. (2021). What is Video Podcasting. Sheffield.Ac.Uk. https://www.sheffield.ac.uk/letspodcast/intro/video1#

Sundari, G., & Purba, V. (2021). Strategi Komunikasi Podcaster Awal Minggu dalam Membuat Konten Podcast di Spotify. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 3(2), 148–156. https://doi.org/10.17933/diakom.v3i2.82

Susilowati. (2021). Konstruksi Seksualitas Dalam channel YouTube Podcast Deddy Corbuzier versi "Bini Uus Kite Unboxing!!”. Jurnal Trias Politika, 5(1), 105–119. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/jtp.v5i1.3181

Tarmawan, I., Rusdiyana, R., Salim, A. D. P., & Ulpah, A. P. (2021). The Role of Podcasts as an Alternative Media for Learning and Distribution of Audio Based Content. International Journal of Research and Applied Technology, 1(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.34010/injuratech.v1i1.5453

Timesindonesia.co.id. (n.d.). Tentang Kami. Timesindonesia.Co.Id. https://timesindonesia.co.id/page/tentang-kami

Wadhaw, P. (2021). How to Start a Video Podcast: A Step-By-Step Guide for Beginners. https://storyxpress.co/blog/how-to-start-a-video-podcast/

Widyawati, N., & Utomo, A. (2020). Tindak Tutur Ilokusi dalam Video Podcast Deddy Corbuzier dan Najwa Shihab pada Media Sosial Youtube. Jurnal Ilmiah Telaah, 5(2), 18–27. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/telaah.v5i2.2377