Pengaturan Lampu Lalu Lintas Untuk Prioritas Jalan Pada Kendaraan Darurat Menggunakan Metoda Algoritma Even-Odd

Isi Artikel Utama

Winarno Sugeng

Abstrak

Keadaan darurat merupakan keadaan yang harus dapat ditangani secepat mungkin. Kebakaran dan korban kecelakaan merupakan salah satu contoh kondisi yang harus ditangani dengan cepat, namun kondisi lalu lintas yang padat sangat menghambat kendaraan penanganan darurat dalam mencapai lokasi terutama pada saat berhadapan dengan persimpangan jalan raya. Sebuah sistem lampu lalu lintas yang mampu mendeteksi keberadaan kendaraan darurat dan memberikan prioritas jalan kepada jalur yang akan dilalui kendaraan darurat pada suatu persimpangan jalan akan sangat membantu kendaraan darurat dalam mencapai lokasi ang dituju. Sistem pendeteksian kendaraan dapat dilakukan dengan menerapkan algoritma even-odd yang mampu menghitung koordinat kendaraan terhadap pemetaan wilayah berbentuk poligon yang digunakan sebagai wilayah aktivasi sistem dalam mendeteksi keberadaan kendaraan darurat pada tiap persimpangan jalan, sehingga jika sistem mendeteksi keberadaan kendaraan darurat sistem dapat segera memberikan prioritas jalan terhadap jalur yang sedang dilalui kendaraan tersebut. Dengan diterapkannya sistem pendeteksian ini kendaraan darurat akan mendapatkan prioritas jalan untuk melewati persimpangan sesegera mungkin karena sistem dapat memprioritaskan jalur yang akan dilalui pengguna segera setelah lokasi pengguna memasuki wilayah aktivasi sistem yang berjalan secara real-time. Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa algoritma even-odd dapat digunakan dalam implementasi proses pendeteksian lokasi kendaraan darurat pada wilayah hasil pemetaan. 

Rincian Artikel

Bagian
Informatika

Referensi

Alfeno, S., & Devi, R. E. (2017). Implementasi Global Positioning System (GPS) dan Location Based Service (LSB) pada Sistem Informasi Kereta Api untuk Wilayah Jabodetabek. Jurnal Sisfotek Global.

Galetzka, M., & Glauner, P. (2017). A Simple and Correct Even-Odd Algorithm for the Point-in-Polygon Problem for Complex Polygons. International Conference on Computer Graphics Theory and Applications (pp. 175-178). SCITEPRESS – Science and Technology Publications.

Hadi, B. S. (2019). Pengindraan Jauh. Yogyakarta: UNY Press. Retrieved from Pengantar ke Arah Pembelajaran Berpikir Spasial: http://staffnew.uny.ac.id/upload/132240452/pendidikan/Penginderaan%20Jauh%20Pengangtar%20ke%20Arah%20Pembelajaran%20Berpikir%20Spasial-halaman-1-68.pdf

Kurniawan, W. (2018, September 20). Diambil kembali dari Sriwijaya Post: http://palembang.tribunnews.com/2018/09/20/petugas-pemadam-kebakaran-keluhkan-sulitnya-jangkau-lokasi-karena-pengendara-jalan-tidak-mau-ngalah

Kusuma, N. A., Yuniarti, E., & Aziz, A. (2018 ). Rancang Bangun Smarthome Menggunakan Wemos D1 R2 Arduino Compatible Berbasis ESP8266 ESP-12F. AL-FIZIYA.

Laisina, L. H., Haurissa, M. A., & Hatala , Z. (2018). Sistem Informasi Data Jemaat Gpm Gidion Waiyari Ambon Dan Jemaat Gpm Halong Anugerah Ambon. Jurnal SIMETRIS.

Putera, W. M., Hendarto, R. M., & SBM, N. (2018). Analisis Prioritas Kebijakan Penanganan Kemacetan Jalan Raya Serpong Kota Tangerang Selatan. Media Ekonomi dan Manajemen.

Sifauttijani, F., Listyorini, T., & Meimaharani , R. (2017). Pencarian Rumah Makan Berbasis Android. Jurnal SIMETRIS, Vol 8 No 1.

Sugeng, W., Putri, T. D., & Kamal, H. A. (2019). Development of GPS-Based Mobile Application for Motorized Vehicle Speed Survey. Jurnal Pekommas, 147-154.

Sumarna, I. K., Nugroho, S., Suryanto, A., & Sakti, D. V. (2019). Rancang Bangun Kendali Lampu Menggunakan Wemos D1 Mini Dengan Pusat Kendali Media Sosial Telegram. Jurnal Komputasi, 55-62.