Eksplorasi Dampak Chatbot Bertenaga AI (ChatGPT) Pada Pendidikan: Studi Kualitatif Tentang Manfaat dan Kerugian

Isi Artikel Utama

Singgih Subiyantoro
I Nyoman Sudana Degeng
Dedi Kuswandi
Saida Ulfa

Abstrak

Perkembangan teknologi telah mendorong penerapan chatbot berbasis kecerdasan buatan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Penelitian ini menginvestigasi dampak kehadiran dan penggunaan chatbot berbasis kecerdasan buatan (Chat GPT) dalam dunia pendidikan dengan fokus pada manfaat dan kerugian yang mungkin timbul. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif di beberapa lembaga pendidikan. Selain itu, tanggapan dan pandangan dari dosen, mahasiswa, dan staf administrasi juga diperoleh melalui kuesioner terstruktur. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan chatbot berbasis kecerdasan buatan dalam pendidikan memberikan sejumlah manfaat, seperti meningkatkan aksesibilitas materi pembelajaran, memberikan dukungan belajar yang personal, dan membantu mengatasi tantangan-tantangan individu dalam proses belajar-mengajar. Namun, di sisi lain, terdapat beberapa kerugian, seperti potensi menggantikan interaksi sosial yang penting antara dosen dan mahasiswa, serta kekhawatiran terhadap masalah privasi dan etika penggunaan data. Berdasarkan temuan ini, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan chatbot berbasis kecerdasan buatan dalam pendidikan memiliki potensi untuk memberikan manfaat yang signifikan, tetapi juga memerlukan pertimbangan yang hati-hati terhadap dampak negatif yang mungkin timbul. Secara keseluruhan, artikel ini berkontribusi untuk memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana chatbot berbasis kecerdasan buatan dapat menjadi alat yang bermanfaat dalam mendukung proses belajar-mengajar, serta mengidentifikasi aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan untuk mengoptimalkan manfaat dan meminimalkan risiko dalam penggunaannya. 

Rincian Artikel

Bagian
Informatika

Referensi

Cascella, M., Montomoli, J., Bellini, V., & Bignami, E. (2023). Evaluating the Feasibility of ChatGPT in Healthcare: An Analysis of Multiple Clinical and Research Scenarios. Journal of Medical Systems, 47(1), 1–5. https://doi.org/10.1007/s10916-023-01925-4

Chan, C. K. Y. (2023). A comprehensive AI policy education framework for university teaching and learning. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20(1). https://doi.org/10.1186/s41239-023-00408-3

Chang, J., Park, J., & Park, J. (2023). Using an Artificial Intelligence Chatbot in Scientific Inquiry: Focusing on a Guided-Inquiry Activity Using Inquirybot. In Asia-Pacific Science Education (Vol. 9, Issue 1). https://doi.org/10.1163/23641177-bja10062

Crompton, H., & Burke, D. (2023). Artificial intelligence in higher education: the state of the field. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20(1). https://doi.org/10.1186/s41239-023-00392-8

Jackson-Triche, M., Vetal, D., Turner, E. M., Dahiya, P., & Mangurian, C. (2023). Meeting the Behavioral Health Needs of Health Care Workers During COVID-19 by Leveraging Chatbot Technology: Development and Usability Study. Journal of Medical Internet Research, 25, 1–14. https://doi.org/10.2196/40635

Li, L., Chen, C. P., Wang, L., Liang, K., & Bao, W. (2023). Exploring Artificial Intelligence in Smart Education: Real-Time Classroom Behavior Analysis with Embedded Devices. Sustainability (Switzerland), 15(10), 1–24. https://doi.org/10.3390/su15107940

Lyu, Q., Tan, J., Zapadka, M. E., Ponnatapura, J., Niu, C., Myers, K. J., Wang, G., & Whitlow, C. T. (2023). Translating radiology reports into plain language using ChatGPT and GPT-4 with prompt learning: results, limitations, and potential. Visual Computing for Industry, Biomedicine, and Art, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s42492-023-00136-5

Nguyen, A., Ngo, H. N., Hong, Y., Dang, B., & Nguyen, B. P. T. (2023). Ethical principles for artificial intelligence in education. Education and Information Technologies, 28(4), 4221–4241. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11316-w

Pisica, A. I., Edu, T., Zaharia, R. M., & Zaharia, R. (2023). Implementing Artificial Intelligence in Higher Education: Pros and Cons from the Perspectives of Academics. Societies, 13(5), 1–13. https://doi.org/10.3390/soc13050118

Shim, K. J., Menkhoff, T., Teo, L. Y. Q., & Ong, C. S. Q. (2023). Assessing the effectiveness of a chatbot workshop as experiential teaching and learning tool to engage undergraduate students. Education and Information Technologies, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10639-023-11795-5

Stojanov, A. (2023). Learning with ChatGPT 3.5 as a more knowledgeable other: an autoethnographic study. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20(1). https://doi.org/10.1186/s41239-023-00404-7

Tlili, A., Shehata, B., Adarkwah, M. A., Bozkurt, A., Hickey, D. T., Huang, R., & Agyemang, B. (2023). What if the devil is my guardian angel: ChatGPT as a case study of using chatbots in education. Smart Learning Environments, 10(1). https://doi.org/10.1186/s40561-023-00237-x

Vera, M. C. S., & Palaoag, T. D. (2023). Implementation of a Smarter Herbal Medication Delivery System Employing an AI-Powered Chatbot. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 14(3), 500–508. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2023.0140358

Wang, T., Lund, B. D., Marengo, A., Pagano, A., Mannuru, N. R., Teel, Z. A., & Pange, J. (2023). Exploring the Potential Impact of Artificial Intelligence (AI) on International Students in Higher Education: Generative AI, Chatbots, Analytics, and International Student Success. Applied Sciences (Switzerland), 13(11). https://doi.org/10.3390/app13116716

Yi, P. K., Ray, N. D., & Segall, N. (2023). A novel use of an artificially intelligent Chatbot and a live, synchronous virtual question-and answer session for fellowship recruitment. BMC Medical Education, 23(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/s12909-022-03872-z

Zia-ud-din, M., Ed, D., & Elhajraoui, F. E. (2023). Role of Artificial Intelligence in Legal Education in the 21 st Century. FWU Journal of Social Sciences, 17(2), 62–77.