Kurangnya Keterampilan Komunikasi Generasi Z Memasuki Pasar Kerja

Isi Artikel Utama

Nur
Miranda
Richy Wijaya
Mia Rahma Romadona

Abstrak

Fenomena pandemi COVID-19 memberikan dampak signifikan terhadap kesiapan generasi Z memasuki dunia kerja. Minimnya keterampilan komunikasi di tempat kerja yang dimiliki generasi Z merupakan salah satu contoh kurangnya soft skill di tempat kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki fenomena ketidakmampuan dan kurangnya keterampilan komunikasi generasi Z untuk mempersiapkan diri memasuki pasar kerja. Investigasi ini menggunakan pendekatan kualitatif yang melibatkan wawancara mendalam. Penelitian ini telah melibatkan 18 orang lulusan perguruan tinggi sebagai subjek penelitian. Hasil analisis menemukan mayoritas para alumni mengalami hambatan dalam berkomunikasi yaitu merasa kurang mampu dalam keterampilan komunikasi. Mereka merasa minder dan memiliki citra diri yang rendah karena kurangnya kapasitas dan kompetensi serta kurangnya pengalaman, maka menjadi tugas yang besar bagi mereka untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Hal itu ditandai dengan perilaku mereka yaitu sering ragu untuk memulai percakapan karena takut melakukan kesalahan, salah, dan terkesan cuek. Kendala yang dihadapi adalah keterbatasan pada diri sendiri yang harus mulai mengubah situasi dan lingkungan dari terbatas pada teknologi dan interaksi jarak jauh menjadi harus memulai lagi dalam situasi dan lingkungan sosial. Aspek lain yang menentukan kepercayaan diri dan citra diri mempunyai dampak besar terhadap aspek keterampilan komunikasi.

Rincian Artikel

Bagian
Komunikasi
Biografi Penulis

Nur, CDC Universitas Gadjah Mada

Psychologist

Miranda, Universitas Paramadina

Psychologist

Richy Wijaya, Faculty of Economic and Business, Trisakti University

Lector

Mia Rahma Romadona, Pusat Penelitian Perkembangan IPTEK-LIPI

Kandidiat Peneliti di Pappiptek LIPI

Referensi

Ajmain, M.T., Fik. W.A.R.W.I. Alias, M.I. & Mohamad, A.M. (2020). Impacts And Effective Communication On Generation Z In Industrial Revolution 4.0 Era. Journal Of English Teaching & Applied Linguistics. 1(2). 82-87. DOI: https://doi.org/10.36655/jetal.v1i2.204

Angraini, I., D. (2021). engaruh Keterampilan Komunikasi terhadap Kesiapan Kerja Lulusan Sarjana Sumatera Barat. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, Vol. 12(1). 84-100. DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v12i1.2444

Bucăţa,G. & Rizescu,A.(2017).The Role of Communication in Enhancing Work Effectiveness of an Organization. Land Forces Academy Review,22(1) 49-57. https://doi.org/10.1515/raft-2017-0008

BPS. (2020). Statistik Indonesia 2020. Badan Pusat Statistik Indonesia. https://www.bps.go.id/publication/2020/04/29/e9011b3155d45d70823c141f/statistik-indonesia-2020.html

Bredbenner, J. (2012). Generation Z: A study of Its Workplace Communication behaviors and Future Prefences. Thesis of Department of Communication and the faculty of Graduate School of Wichita State University.

Clampitt, P.G. (2017). Communication for Managerial Effectiveness: Challenges, Strategies, Solutions, Sixth Edition. SAGE: USA.

Creswell, J.W. (2013). Research Design: qualitative, Quantitaive (4th ed), and Mixed Methods Approaches. USA: Sage Publications.

Coffelt, T. A., Grauman, D., & Smith, F. L. M. (2019). Employers’ Perspectives on Workplace Communication Skills: The Meaning of Communication Skills. Business and Professional Communication Quarterly, 82(4), 418–439. https://doi.org/10.1177/2329490619851119

Hurlock, E. B. (1993). Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi kelima). Jakarta: Erlangga.

Julius dkk. 1989. Melangkah Menuju Kedewasan. Yogyakarta: Kanisius

Johnson, S. Veitch, S. & Dewiyanti, S. A. (2015). Framework to embed communication skills across the curriculum: A design-based research approach, Journal of University Teaching & Learning Practice, 12(4), 1-14. Available at:http://ro.uow.edu.au/jutlp/vol12/iss4/6

Mappiare. 1983. Psikologi Orang Dewasa. Surabaya: Usaha Nasional

Mahapatra, G. P., Bhullar, N., & Gupta, P. (2022). Gen Z: An Emerging Phenomenon. NHRD Network Journal, 15(2), 246–256. https://doi.org/10.1177/26314541221077137

Mutia, T. (2019). Phenomenology of communication of generation Z in Pekanbaru. Komunikator, 11 (1). 9-17. DOI: https://doi.org/10.18196/jkm.111015

Monks, F.J., Knoers, A.M., P., & Hadinoto, S.R. (2001). Psikologi Perkembangan: Pengantar Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Novik, N.N. & Podgórecki. J. (2015). A model of developing communication skills among adolescents with behavioral problems. International Journal of Environmental & Science Education. 10 (4). 579-587.

Piaw, C.Y., Ishak, A., Yaacob, N A., Said, H., Pee L.E., & Kadir, Z.A. (2014). Can multiple intelligence abilities predict work motivation, communication, creativity and management skill of school leaders?. 5th World Conference on Educational Sciences-WCES 2013. Precedia-Social and Behavioral Sciences 116. 4870-4874.

Raslie, H. & Ting, S.H. (2020). Gen Y and Gen Z communication style. Estudios de Economia Aplicada. 39 (1). 1-18. DOI: http://dx.doi.org/10.25115/eea.v39i1.4268

Ruben, B. D. (1988). Communication and Human Behavior. New York: Macmilland Publishing Company.

Romadona, M.R. (2017). The role of self-efficacy and communication skill of researchers to organizational climate at research center X. Pekommas, 2 (1), 55- 64. doi: http://dx.doi.org/10.30818/jpkm.2017.2020106

Santrock. 2007. Perkembangan Anak. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Santrock. 2002. Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Savitri, E.D., Rai, N.G.M. &Ratu, A. (2020). Preparing future skill and professional communication skills. IPTEK Journal of Proceedings Series No. 7. The 2nd International Conference on Global Development-ICODEV December 5th.

Schwab, K. & Zahidi. S. (2020). The Global Competitiveness Report, Special Edition 2020: How Countries are Performing on the Road to Recovery. World Economic Forum. Dapat diunduh di: https://www3.weforum.org/docs/WEF_TheGlobalCompetitivenessReport2020.pdf

Sumaiya, B. Srivastava, S. Jain, V. & Prakash, V. (2022). The role of effective communication skills in professional life. World Journal of English Language. 12 (3). 134-140. doi: https://doi.org/10.5430/wjel.v12n3p134

Seiler, W.J. (1988). Introduction to Speech Communication. Glenview: Scott, Foreman and Company.

Suroto, S., Pargito, P., Sukirlan, M., Firdaus, R., Winatha, I, K., Rahmanto, A. A., & Rozak, A. (2023). Communication Skills and Their Relation to Transferable Skills for Vocational High School Students. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.20527/jee.v4i1.8017

Vlăduțescu, Ș. (2015). Functions of Communication: An Organizational Communication Case. I. Boldea (Ed.), Discourse as a Form of Multiculturalism in Literature and Communication (pp. 539-547). Tirgu Mures, Arhipelag XXI, 2015, Available at SSRN:

https://ssrn.com/abstract=2735747

Wahyuni, L. M. Masih, I.K. & Rejeki, I.N.M. (2018). Communication skill attributes needed for vocational education enter the workplace. Journal of Physics: Conference Series. 953. 012111. doi: 10.1088/1742-6596/953/1/012111

Zulfiyandi, dkk . (2021). Ketenagakerjaan Dalam Data Edisi 4 Tahun 2021. Pusat Data dan Teknologi Informasi Ketenagakerjaan. Akses di: https://satudata.kemnaker.go.id