ANALISIS KENDALA DARI HASIL EVALUASI EUCS: UPAYA MENGANTISIPASI POTENSI KEKURANGAN PADA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DI MASA DEPAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala-kendala yang muncul dari hasil evaluasi EUCS (End-User Computing Satisfaction) dan mengusulkan langkah-langkah untuk mengantisipasi potensi kekurangan pada pengembangan sistem informasi di masa depan. Dalam konteks transformasi digital yang sedang berlangsung, sistem informasi memainkan peran yang semakin penting dalam mendukung keberhasilan organisasi. Namun, kendala-kendala dari hasil evaluasi EUCS sering kali terabaikan, yang dapat berdampak negatif pada kualitas pengembangan sistem informasi. Melalui analisis mendalam terhadap kendala-kendala yang diidentifikasi, penelitian ini menggunakan metode narrative review untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang berpotensi terulang kembali di masa depan. Selanjutnya, penelitian ini mengusulkan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengantisipasi potensi kekurangan pada pengembangan sistem informasi di masa depan. Penulis mendapati bahwa kendala-kendala yang akan cenderung muncul kembali adalah kelengkapan informasi (content), informasi yang kurang up to date (accuracy), tampilan yang monoton (format), penggunaan sistem yang tidak mudah untuk dipelajari (ease of use), dan respose time yang lama (timeliness). Sehingga untuk kedepannya bisa menjadi perhatian pada saat merancang sebuah sistem informasi.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Abdurahman, D., & Budiman, B. (2020). Analisa Kepuasan Pengguna Aplikasi Rumah Sakit Majalengka Mobile Menggunakan Metode End-User Computing Statisfaction. INFOTECH Journal, 6(2), 10–17.
Ayu, K., & Oktaviana, S. (2022). Analisis Kepuasan Masyarakat Kota Depok Terhadap Penggunaan Aplikasi Depok Single Window Dengan Menggunakan EUCS. Techno. Com, 21(4), 725–731.
Bau, R. T. R. L., & Setyanto, A. (2020). Adaptasi Skala User Experience Questionnaire Dalam Pengujian User Experience Sistem Repositori. Respati, 15(1), 37–42.
Golo1, Z. A., & Garmelia, E. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Puskesmas Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Puskesmas Analysis of User Satisfaction Level of Primary Care Information System Using End User Computing Satisfaction (EUCS) Method. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 4(1), 52–56.
Kasahara, R. F. N., & Muhammad, R. N. (2023). EVALUASI PENERAPAN TAPPING BOX DALAM PENERIMAAN PAJAK. HIBURAN, PAJAK. RESTORAN, PAJAK. HOTEL, DAN. PAJAK PARKIR DENGAN. MENGGUNAKAN MODEL. END USER. COMPUTING SATISFACTION DI KOTA SUKABUMI. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 14(2), 284–296.
Nursanto, G. A., Prabadhi, I. A., & Pratama, A. R. (2022). USER SATISFACTION ANALYSIS OF SITANOS APPLICATION AT CLASS I NON-TPI TANGERANG IMMIGRATION OFFICE WITH END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) METHOD. TEMATICS: Technology ManagemenT and Informatics Research Journals, 4(1), 1–12.
PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE E-PUBLIC DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMASI SUMATERA SELATAN MENGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION(EUCS). (2022). Putri Ayu Ningsih.
Rachmawati, N. L., & Krisbiantoro, D. (2021). Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction: Studi Kasus: Universitas Amikom Purwokerto. Journal of Information System Management (JOISM), 3(1), 1–7.
Taufik, R. T. R. L. B. R., Bau, R. L., & Nggego, D. A. N. D. A. (2022). TINJAUAN LITERATUR: OPTIMALISASI PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN PADA PERANCANGAN ANTARMUKA E-COMMERCE. Journal of Scientech Research and Development, 4(2), 264–268.
Yazid, M. A., Wijoyo, S. H., & Rokhmawati, R. I. (2019). Evaluasi Kualitas Aplikasi Ruangguru Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) dan IPA (Importance Performance Analysis). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548, 964X.