Partisipasi Pengguna Internet Indonesia dalam Pemanfaatan LAPOR! sebagai Layanan Pengaduan Publik

Isi Artikel Utama

Moh Muttaqin
Vita Pusvita
Tristania Pangaribuan
Oktolina Simatupang

Abstrak

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi publik dalam penyelenggaraan pemerintah. LAPOR! berkembang dengan cepat, terintegrasi dengan banyak instansi pemerintah pusat maupun daerah dan ditetapkan secara resmi sebagai aplikasi umum layanan pengaduan publik dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) . Namun, dengan dukungan kanal digital berbasis internet yang menjadi kanal akses dominan pengguna LAPOR!, belum diketahui bagaimana partisipasi publik pengguna internet dalam memanfaatkan LAPOR! sebagai layanan pengaduan publik di berbagai daerah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengungkap partisipasi publik pengguna internet menurut provinsi di seluruh Indonesia, melalui pengukuran rasio partisipasi sebagai dasar penentuan tingkat partisipasi masing-masing provinsi. Mengacu pada rerata rasio partisipasi nasional (0,277), penelitian mengidentifikasi 15 provinsi dengan tingkat partisipasi tinggi dan 19 provinsi dengan tingkat partisipasi rendah. Di antara provinsi-provinsi dengan tingkat partisipasi tinggi, terdapat lima provinsi yang memenuhi kriteria tingkat partisipasi dominan, yaitu DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Banten, DI Yogyakarta, dan Kalimantan Tengah. 

Rincian Artikel

Bagian
Informatika

Referensi

Achmad, & Prayitno, G. (2020). Regional Disparity in Western and Eastern Indonesia. International Journal of Economics and Business Administration, VIII(4), 101–110. https://doi.org/10.35808/ijeba/572

Akbar, A. G., Effendy, K., & Lukman, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dalam Pemanfaatan Aplikasi LAPOR! di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri. Medium, 9(2), 276–291. https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(2).10072

Biro Pusat Statistik. (2023a). Jumlah Penduduk Menurut Provinsi di Indonesia 2020-2022. Biro Pusat Statistik. https://sulut.bps.go.id/indicator/12/958/1/jumlah-penduduk-menurut-provinsi-di-indonesia.html

Biro Pusat Statistik. (2023b). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022 (06300.2313). Biro Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/publication/2023/08/31/131385d0253c6aae7c7a59fa/statistik-telekomunikasi-indonesia-2022.html

Carey, P. (1986). Yogyakarta: From sultanate to revolutionary capital of Indonesia. The politics of cultural survival. Indonesia Circle. School of Oriental & African Studies. Newsletter, 14(39), 19–29. https://doi.org/10.1080/03062848608729628

Diskominfo Prov Kalsel. (2021, September 24). Kuatkan Pengelolaan SP4N-LAPOR!, Diskominfo Kalsel Laksanakan Monitoring dan Evaluasi di Lingkup Pemprov Kalsel. Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. https://diskominfo.kalselprov.go.id/2021/09/24/kuatkan-pengelolaan-sp4n-lapor-diskominfo-kalsel-laksanakan-monitoring-dan-evaluasi-di-lingkup-pemprov-kalsel/

EDP KP. (2023, May 10). Pemkab HSS Terima Penghargaan Terbaik Pengelolaan SP4N-LAPOR. Kalimantan Post. https://kalimantanpost.com/2023/05/pemkab-hss-terima-penghargaan-terbaik-pengelolaan-sp4n-lapor/

Feriyanto, N. (2019). The Effect of The Quality of Human Development Factors on The Rate of Economic Growth in Yogyakarta Special Province. International Journal for Quality Research, 13(1), 157–176. https://doi.org/10.24874/IJQR13.01-10

Firman, T. (2014). Inter-local-government partnership for urban management in decentralizing Indonesia: From below or above? Kartamantul (Greater Yogyakarta) and Jabodetabek (Greater Jakarta) compared. Space and Polity, 18(3), 215–232. https://doi.org/10.1080/13562576.2014.959252

Peraturan Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 19 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik melalui Media Komunikasi Elektronik di Provinsi Kalimantan Selatan, Pub. L. No. 19 (2019).

Gugun Geusan Akbar, Ikeu Kania, Aceng Ulumudin, Grisna Anggadwita, Lintang Sukma Harmanto, & Dini Turipanam Alamanda. (2019). Innovation in the Public Sector: The effectiveness of “LAPOR!” as one of the Smart City Programs in Bandung. Proceedings of the International Symposium on Social Sciences, Education, and Humanities (ISSEH 2018), 297–302. https://doi.org/10.2991/isseh-18.2019.69

Gupitasari, F., & Anwar, M. K. (2022). The Effectiveness of SP4N-LAPOR-Based Complaints! At the Department of Communication and Information Technology of Tasikmalaya City. Publica: Jurnal Pemikiran Administrasi Negara, 14(1), 1–10. https://doi.org/10.15575/jpan.v14i1.17764

Handhayani, M., Dewi, R. S., & Arif, E. (2020). The Effectiveness of Using Digital Media in Government Systems in the Industry Era 4.0 (Lapor! At Kominfo Office of Solok City): Proceedings of the 6th International Conference on Social and Political Sciences (ICOSAPS 2020). 6th International Conference on Social and Political Sciences (ICOSAPS 2020), Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201219.036

Humas MENPANRB. (2020, October 27). LAPOR! Jadi Aplikasi Umum, Semua Kanal Aduan Pemerintah Harus Terintegrasi. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/lapor-jadi-aplikasi-umum-semua-kanal-aduan-pemerintah-harus-terintegrasi

Iqbal, M., & Virginia, C. Y. (2020). The Behavior of Using Online System of Public Aspirations and Complaints Service (LAPOR) in Mataram City. TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 125–140. https://doi.org/10.33701/jtp.v12i2.947

Jayanti, A., & Wijaya, F. K. (2020). Analisis Usability pada Aplikasi SP4N LAPOR! Menggunakan Metode USE Questionnaire (Studi Kasus: Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Timur). 3(1).

Kantor Staf Presiden. (2023). Tentang LAPOR! - LAPOR!.pdf. Apa Itu LAPOR!? https://www.lapor.go.id/tentang

LAPOR. (2023). Statistik [BETA]—LAPOR!.pdf. https://www.lapor.go.id/statistik/sumber-laporan

Novitasari, F., Drestalita, N. C., & Maryati, S. (2020). The impacts of infrastructure development on economic growth (case study: DKI Jakarta, Banten Province and West Java Province). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 592(1), 012017. https://doi.org/10.1088/1755-1315/592/1/012017

Pahlevi, S. M., Kusumasari, D., AS, Y. A., Susenna, A., Agustina, L., & Medika, C. (2023). Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) pada Tahun 2022 (Farah, Ed.). Kompas Gramedia.

Pemerintah Kota Banjarmasin. (2023, May 9). Banjarmasin Raih Predikat Terbaik Tanggap Aduan SP4N LAPOR! Banjarmasin A Thousand River City. https://www.banjarmasinkota.go.id/2023/05/banjarmasin-raih-predikat-terbaik.html

Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Perpres No. 95/2018 110 (2018).

Puspitasari, D. A., & Kurniawan, T. (2023). Assessing the national complaint handling system in Indonesia (LAPOR!) using the design-reality gap model. International Journal of Electronic Governance, 15(2), 118–134. https://doi.org/10.1504/IJEG.2023.132329

Pusvita, V., & Muttaqin, M. (2023). Satu Dekade LAPOR: Tren Penggunaan Kanal Layanan SP4N. Jurnal Pekommas, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.30818/jpkm.v8i1.5138

Rahajeng, A., Jaya, W. K., Pangaribowo, E., & Darwin, M. (2023). Transformation of yogyakarta regional development: A shifting perception of economic power among the regions. GeoJournal, 88(2), 1671–1686. https://doi.org/10.1007/s10708-022-10708-2

RH, A. (2022, February 11). Pelajari Pengelolaan SP4N-LAPOR, Diskominfo Kalteng Kunjungi Diskominfo Kalsel. Media Center Portal Berita Kalimantan Selatan. https://diskominfomc.kalselprov.go.id/2022/02/11/pelajari-pengelolaan-sp4n-lapor-diskominfo-kalteng-kunjungi-diskominfo-kalsel/

Rindani, F., & Puspitodjati, S. (2020). Integration of Webqual Method to Importance Performance Analysis and Kano Model to Analyze System Quality of E-Government: Case Study LAPOR! Jurnal Sistem Informasi, 16(2), 1–17. https://doi.org/10.21609/jsi.v16i2.937

Rita Fidella. (2021). The Factors Affecting HDI Indonesia. International Journal of Scientific Research in Science, Engineering and Technology, 160–167. https://doi.org/10.32628/IJSRSET218629

Salim, W., & Kombaitan, B. (2009). Jakarta. City, 13(1), 120–128. https://doi.org/10.1080/13604810902726335

Surya, Y. (2023, May 9). Pemkot Banjarbaru Raih Tindak Lanjut Aduan Terbaik Pertama Se-Kalimantan Selatan. Medi Center Kota Banjarbaru. https://mediacenter.banjarbarukota.go.id/2023/05/09/pemkot-banjarbaru-raih-tindak-lanjut-aduan-terbaik-pertama-se-kalimantan-selatan/

Thohir, L., & Mahdani. (2022, June 16). LAPOR! Paman raih Top 6 Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2022. Antara Kalsel. https://kalsel.antaranews.com/berita/332377/lapor-paman-raih-top-6-kompetisi-pengelolaan-pengaduan-pelayanan-publik-2022

United Nations (Ed.). (2022a). E-Government Survey 2022: The Future of Digital Government. United Nations.

United Nations. (2022b). 2022 E-Participation Index. UN E-Government Knowledgebase. https://publicadministration.un.org/egovkb/en-us/Data-Center

Zeniar, A. A. (2021). Efektivitas Dinas Komunikasi dan Informatika dalam Menerapkan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) di Kabupaten Indragiri Hulu. JOM FISIP, 8.