Development of Travel Attractions through the Design of Google SketchUp Based Coastal Tourist Map (Pengembangan Daya Tarik Wisata melalui Perancangan Peta Wisata Pantai Berbasis Google SketchUp)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Cartography is a science on making a map or globe. As of now the field of cartography constitute visualization in 2-dimensional form (2D). In order to fix the quality of the cartography, a map similar to thereal situation in three-dimensional visualization (3D) can be created. The research aims to design a beach tourism created by Google SketchUp application. Designing of 3D map is in accordance with the rules of software engineering that starts from planning, modeling and construction. Google SketchUp is an excellent graphics software in the manufacture of physical design such as building design, home design, etc. In addition to ease of building design, the excellence of Google SketchUp also makes it easy to build a 3D design that gives more interesting impression compared to 2D design. The instrument of expert validation performed by 3 experts validator who is a lecturer State University of Makassar. Based on the results from validator clear that the system is proper to use, thus agree with the decent category used as tourism information material which is more interesting attractions. This is evidenced by the utilization of android based applications.
Kartografi merupakan suatu ilmu dalam pembuatan peta atau globe. Selama ini bidang ilmu kartografi merupakan visualisasi dalam bentuk dua dimensi (2D). Untuk memperbaiki kualitas kartografi tersebut, maka dapat dibuat peta dalam bentuk visualisasi yang menyerupai dunia nyata yakni peta dalam bentuk tiga dimensi (3D). Penelitian ini bertujuan untuk merancang peta wisata pantai dengan menggunakan aplikasi Google SketchUp. Perancangan desain peta 3D dilakukan dengan kaidah rekayasa perangkat lunak (software engineering) yang dimulai dari proses perencanaan (planning), modeling (perancangan), dan konstruksi (construction). Google SketchUp merupakan software grafis yang sangat andal dalam membuat suatu desain fisik seperti gedung, rumah, dan lain-lain. Selain mempermudah dalam membangun desain, keunggulan dari Google SketchUp juga mempermudah membangun rancangan 3D yang berguna untuk memberikan kesan yang lebih menarik bila dibandingkana aplikasi yang bersifat abstrak atau 2D. Instrumen validasi ahli dilakukan dengan tiga validator yang ahli dibidangnya. Berdasarkan hasil telaah validator, aplikasi ini dinyatakan layak sehingga memenuhi kategori layak digunakan sebagai bahan informasi objek wisata yang lebih menarik. Hal ini dibuktikan dengan pemanfaatan aplikasi berbasis android.
Rincian Artikel
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Allam, Y., Silbermann, J., Riese, F., & Greiner-Perth, R. (2013). Computer tomography assessment of pedicle screw placement in thoracic spine: Comparison between free hand and a generic 3D-based navigation techniques. European Spine Journal, 22(3), 648–653. https://doi.org/10.1007/s00586-012-2505-7
Atsushi, E., Kousuke, K., & Jun, N. (2010). Arduino・Pachube・SketchUpと連携した建築モニタリングシステムの基礎的研究. AIJ Journal of Technology and Design, 16(33), 791–794. https://doi.org/10.3130/aijt.16.791
Bafdal, N., & Amaru, K. (2011). Buku Ajar Sistem Informasi Geografis. Abstrak.
Berman, B. (2012). 3-D printing: The new industrial revolution. Business Horizons, 55(2), 155–162. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2011.11.003
Boguslawski, P., Gold, C. M., & Ledoux, H. (2011). Modelling and analysing 3D buildings with a primal/dual data structure. ISPRS Journal of Photogrammetry and Remote Sensing, 66(2), 188–197. https://doi.org/10.1016/j.isprsjprs.2010.11.003
Casas, L., & Estop, E. (2015). Virtual and Printed 3D Models for Teaching Crystal Symmetry and Point Groups. Journal of Chemical Education, 92(8), 1338–1343. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.5b00147
Chang, H., Gao, J. G., & Pan, P. (2009). Experiment and research of Google SketchUp combine with ArcGIS in the three-dimensional urban Geographic Information System. 2009 WRI World Congress on Software Engineering, WCSE 2009, 2, 309–312. https://doi.org/10.1109/WCSE.2009.327
Dwyer, L., Forsyth, P., Madden, J., & Spurr, R. (2000). Economic impacts of inbound tourism under different assumptions regarding the macroeconomy. Current Issues in Tourism, 3(4), 325–363.
Grosan, F., Tandrau, A., & Nüchter, A. (2011). Localizing Google SketchUp models in outdoor 3D scans. 2011 23rd International Symposium on Information, Communication and Automation Technologies, ICAT 2011, 3–8. https://doi.org/10.1109/ICAT.2011.6102106
Huang, T.-C., & Lin, C.-Y. (2017). From 3D modeling to 3D printing: Development of a differentiated spatial ability teaching model. Telematics and Informatics, 34(2), 604–613. https://doi.org/10.1016/j.tele.2016.10.005
Irwansyah, E. (2013). Sistem informasi geografis: prinsip dasar dan pengembangan aplikasi. DigiBook Yogyakarta.
Jamali, A., Abdul Rahman, A., & Boguslawski, P. (2016). 3D Topological Indoor Building Modeling Integrated With Open Street Map. ISPRS - International Archives of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences, XLII-4/W1(October), 111–117. https://doi.org/10.5194/isprs-archives-XLII-4-W1-111-2016
Kondo, N., Ikezawa, K., & Ozeki, M. (2017). Automatic modeling of Japanese ancient architectures. In Digital Arts, Media and Technology (ICDAMT), International Conference on (pp. 282–285). IEEE.
Kurtuluş, A., & Uygan, C. (2010). The effects of Google SketchUp based geometry activities and projects on spatial visualization ability of student mathematics teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 384–389. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.169
Lewis, G. M., & Hampton, S. J. (2015). Visualizing volcanic processes in SketchUp: An integrated geo-education tool. Computers and Geosciences, 81, 93–100. https://doi.org/10.1016/j.cageo.2015.05.003
Liu, T., Zhao, D., & Pan, M. (2016). An approach to 3D model fusion in GIS systems and its application in a future ECDIS. Computers & Geosciences, 89, 12–20.
Mine, M., Yoganandan, A., & Coffey, D. (2014). Making VR work: building a real-world immersive modeling application in the virtual world. In Proceedings of the 2nd ACM symposium on Spatial user interaction (pp. 80–89). ACM.
Murphy, P. E. (2013). Tourism: A community approach (RLE Tourism). Routledge.
Nofalina, T. (2010). Analisis Ruang Terbuka Hijau Kota Depok Dengan Pendekatan Model Konservasi Air Melalui Sistem Informasi Geografis.
Palat, E. (2017). Aplikasi Profil Mahasiswa Berbasis Sistem Informasi Geografis (GIS) (Studi Kasus: Dili Institute of Technology). UAJY.
Picard, M. (2006). Bali: pariwisata budaya dan budaya pariwisata. Kepustakaan Populer Gramedia.
Schwab, K. (2015). World Economic Forum’s Global Competitiveness Report, 2014-2015. Retrived from.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 2009. Tentang Kepariwisataan.
Utama, I. G. B. R. A. I. (2011). Agrowisata Sebagai Pariwisata Alternatif. KARYA ILMIAH MAHASISWA.
Wedasana, A. S. (2011). Analisis Daerah Rawan Kecelakaan dan Penyusunan Database Berbasis Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus Kota Denpasar). Universitas Udayana.
Wu, B., Duan, S. K., & Liu, L. (2014). A New 3DGIS Development Technology Research Based on the Sketchup and SuperMap Platform. Applied Mechanics and Materials, 433, 1379–1382. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.433-435.1379
Yoety, O. A. (2008). Ekonomi pariwisata: introduksi, informasi, dan aplikasi. Penerbit Buku Kompas.
Yudiantika, A. R., Pasinggi, E. S., Sari, I. P., & Hantono, B. S. (2013). Implementasi Augmented Reality Di Museum: Studi Awal Perancangan Aplikasi Edukasi Untuk Pengunjung Museum. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.