Media Tradisional di Era Digital

Authors

  • Emilsyah Nur BBPPKI Makassar

Abstract

– Komunikasi yang menggunakan media tradisional memiliki peran penting dalam masyarakat, karena selain pesan dapat tersampaikan dengan baik juga menjadi media pendidik, alat pengendali sosial, serta tersampaikannya nilai-nilai budaya secara langsung. Eksistensi media tradisional saat ini kurang mampu bersaing dengan adanya perkembangan media digital, oleh karena ini akan dilaksanakan sebuah penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedudukan, peran masyarakat dan peran pemerintah terhadap media tradisional di wilayah kerja yaitu Kota Pare-pare, Kabupaten Luwu, Kabupaten Bulukumba, Kota Ambon, Kota Kendari, Kota Ternate dan Kota Kupang.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kedudukan media tradisional masih sangat dibutuhkan untuk meningkatkan nilai-nilai tradisional, kearifan lokal dan kebudayaan suatu daerah. Media tradisional juga masih dibutuhkan masyarakat dengan pesan-pesan moral yang perlu disampaikan kepada masyarakat. Peran masyarakat dalam mengembangkan media tradisional yaitu dengan memberikan kesempatan kepada pemilik-pemilik seni budaya untuk tampil disetiap acara-acara adat merupakan peran masyarakat agar seni budaya yang ada dapat tetap eksis. Hal ini memerlukan pembinaan dan pelatihan serta dukungan anggaran dalam mengembangkan media tradisional. Peran pemerintah dalam mengembangkan media tradisional dirasakan masih cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari perhatian pemerintah daerah dalam melaksanakan lomba-lomba mulai dari tingkat desa sampai tingkat kabupaten/kota. Pembinaan dalam bentuk memberikan ruang yang cukup luas kepada sanggar-sanggar seni untuk membuka pelatihan-pelatihan kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat mengembangkan potensi seni budaya yang dimiliki.

Author Biography

  • Emilsyah Nur, BBPPKI Makassar
    Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika

References

Ardiansyah, (2014). Komunikasi Di Era Modern dan Pemanfaatan Media sebagai Sumber Informasi, Jakarta. Dunia Komunikasi.

Carlin, (2010). Pengaruh Pertumbuhan Teknologi terhadap Pola Pikir Manusia. Jakarta. Rajawali Press.

Grant, (2010). Communication Technology Update and Fundamental (12nd ed.) (diterjemahkan oleh Gunawan), Jakarta. Presindo

Jahi, Amri, (2013). Pendekatan Media dalam Menghadapi Komunikasi Modern. Jakarta. Grasindo Utama.

Muis, Abdul, (2014). Budaya Media dan Patrisipasi Anak di Era Digital. Surabaya. Universitas Airlangga

Salahuddin, (2016). Perbandingan Media Tradisional Sebelum dan Sesudah Era Komunikasi Modern. Yogyakarta. Tesis : Program Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

Yin, (2013), Studi Kasus Desain & Metode. Rajawali Pers. Jakarta. 2014

Published

2021-03-09

Issue

Section

Artikel