Wacana Product Placement Tropicana Slim dalam Branded Web Series (The Discourse of Tropicana Slim’s Product Placement in Branded Web Series)

Isi Artikel Utama

Stara Asrita
Deani Prionazvi Rhizky

Abstrak

Youtube menjadi media sosial yang paling populer bagi masyarakat Indonesia. Brand Tropicana Slim memanfaatkan peluang itu dengan membuat iklan digital kreatif agar dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Strategi pemasaran yang digunakan adalah product placement untuk mengikuti perilaku konsumen yang lebih banyak mengakses internet. Pendekatan soft selling dipilih Tropicana Slim dalam membangun citra diri dengan menciptakan branded web series.  Audiens disuguhkan cerita yang eksklusif dan dekat dengan kehidupan sehari-hari agar tidak merasa sedang menonton iklan. Riset ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengetahui wacana product placement Tropicana Slim yang muncul dalam web series “Sore” (2017) dan “Janji” (2019).. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menyatakan bahwa wacana product placement yang digunakan Tropicana Slim adalah Implicit Brand dengan dimensi plot connection dimension.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Deani Prionazvi Rhizky, Universitas AMIKOM Yogyakarta

Program Studi Ilmu Komunikasi

Referensi

Amru, Putri Delifa, and Erni Martini. 2017. “Efektifitas Iklan Product Placement L ’ Oréal Pada Film Ada Apa Dengan Cinta 2 Menggunakan Metode Customer Response Index Effectiveness Of Product Placement Advertising L ’ Oréal On Film Ada Apa Dengan Cinta 2 Using Customer Response Index Method.” In E-Proceeding of Management, 4:2469–79. Bandung: Telkom University Library. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/epublication/id/133.html.

Anata, Novian Putra. 2017. “Wacana Politik Dalam Media Dakwah Online Political Discourse in Online Dakwah Media.” Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi) 19 (1): 1–24.

Ardhianto, Peter, and William Manuel Son. 2019. “Visual Semiotics Analysis on Television Ads UHT Ultra Milk ‘Love Life, Love Milk.’” International Journal of Visual and Performing Arts 1 (1): 27–41. https://doi.org/10.31763/viperarts.v1i1.13.

Balci, Velittin, and Caner Özgen. 2017. “What Sports Advertising Tell to Us? Semiotic Analysis.” Journal of Education and Training Studies 5 (6): 24. https://doi.org/10.11114/jets.v5i6.2387.

Barlian, Eri. 2016. METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF. Padang: Sukabina Press.

Eriyanti, Andiana Dwi, Ni Made Ras Amanda Gelgel, and Ade

Devia Pradipta. 2018. “Hubungan Terpaan Web Series ‘ Sore ’ Dengan Niat Beli Tropicana Slim Stevia Pada Masyarakat Denpasar.” Jurnal Medium 1 (2): 1–9. https://ojs.unud.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/40740.

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Hassanah, Safina Zora, Dian Wardiana Sjuchro, and Jimi Narotama Mahameruaji. 2019. “Di Balik Branded Web Series Kategori Drama Fiksi Karya Yandy Laurens.” ProTVF 3 (2): 126. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i2.23657.

Hasyim Ali, Imran. 2016. “Penelitian Komunikasi Pendekatan Kualitatif Berbasis Teks.” Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 19 (1): 129. https://doi.org/10.31445/jskm.2015.190109.

Hu, Chunyu, and Mengxi Luo. 2016. “A Multimodal Discourse Analysis of Air France’s Print Advertisement.” International Journal of English Linguistics 6 (4): 30. https://doi.org/10.5539/ijel.v6n4p30.

Jayani, Dwi Hadya. 2020. “10 Media Sosial Yang Paling Sering Digunakan Di Indonesia.” Maret 25, 2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia.

Karimah, Kismiyati El, Putri Intan Ewie Syafitri, and Uud Wahyudin. 2019. “Etika Praktik Product Placement Dalam Film Ayat-Ayat Cinta 2.” Jurnal Manajemen Komunikasi 4 (1): 60–81. https://doi.org/10.24198/jmk.v4i1.23478.

Kristanto, Harris, and Ritzky Karina M.R. Brahmana. 2016. “Pengaruh Product Placement Pada Film Indonesia Terhadap Brand Awareness Dan Purchase Intention Masyarakat Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran 10 (1): 20–26. https://doi.org/10.9744/pemasaran.10.1.20-26.

Marchand, Andre, Thorsten Hennig-thurau, and Sabine Best. 2015. “When James Bond Shows off His Omega : Does Product Placement Affect Its Media Host ?” European Journal of Marketing 49 (9): 1666–85. https://doi.org/10.1108/EJM-09-2013-0474.

Moriarty, Sandra, Nancy Mitchell, and Wells. William. 2011. Advertising. 8th ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Musaffak. 2015. “Analisis Wacana Iklan Makanan Dan Minuman Pada Televisi Berdasarkan Struktur Dan Fungsi Bahasa.” Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 1 (2): 224–32. http://202.52.52.22/index.php/kembara/article/view/2618.

Mustikasari, Ratih Pandu. 2018. “Pengaruh Terpaan Web Series Tropicana Slim ‘Sore’ Pada Behavioral Intention.” Jurnal Komunikatif 7 (2): 106–29. https://doi.org/https://doi.org/10.33508/jk.v7i2.

Nagar, Komal. 2016. “Consumer Response to Brand Placement in Movies: Investigating the Brand-Event Fit.” Vikalpa: The Journal for Decision Maker 41 (2): 149–67. https://doi.org/10.1177/0256090916642678.

Oputa, Elizabeth Adaobi, and Fakhrorazi bin Ahmad. 2019. “Semiotic Advertising by International Firms: A Comparative Study of Premium Smart Phone Brands in China, South Korea and USA.” International Journal of Applied Business and International Management 4 (1): 13–18. https://doi.org/https://doi.org/10.32535/ijabim.v4i1.381.

Purba, Andrew Bima Markus, and Dian Ari Nugroho. 2018. “PENGARUH PRODUCT PLACEMENT SAMSUNG DAN BRAND AWARENESS TERHADAP PURCHASE INTENTION ( Studi Kasus Pada Penonton Film Batman V Superman : Dawn Of Justice Di Kota Malang ).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 6 (2). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/4833.

Purnomo, Zhendy Valentina. 2015. “Product Placement: Film, Program Televisi, Video Games Atau Musik?” Jurnal Studi Manajemen 9 (1): 100–114. http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/1417.

Rakhmat, Jalaludin. 2002. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setianto, Widodo Agus. 2015. “Wacana Dan Representasi Ideologi Iklan Politik Di Awal Reformasi (Discourse and Ideological Representation in Political Advertisements in The Beginning of Reform Movements).” JURNAL IPTEK¬¬KOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi 17 (2): 99. https://doi.org/10.33164/iptekkom.17.2.2015.99-112.

Wirawan, FA Wisnu, and Prima Dona Hapsari. 2016. “Analisis AISAS Model Terhadap Product Placement Dalam Film Indonesia Studi Kasus: Brand Kuliner Di Film Ada Apa Dengan Cinta 2.” REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi 12 (2): 69–81. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/rekam.v12i2.

Zaini, Nur. 2015. “The Discourse of Online Media Coverage on the Holly’s Murder.” JURNAL IPTEK¬KOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi 17 (1): 87. https://doi.org/10.33164/iptekkom.17.1.2015.87-98.