Peran Pemerintah Daerah dalam Akselerasi Transformasi Digital Industri Kecil dan Menengah (Local Government Role in the Digital Transformation Acceleration of Small and Medium Industry)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pelaku usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) meyakini bahwa digitalisasi akan memberikan banyak manfaat. Namun, belum semua pelaku usaha IKM menerapkan digitalisasi karena adanya hambatan dalam tahap implementasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran pemerintah daerah dalam akselerasi transformasi digital bagi pelaku usaha IKM serta mengidentifikasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlibat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan teknik analisis menggunakan Gartner Analytic Ascendancy Model yang meliputi 4 tahapan, yaitu deskriptif, diagnostik, prediktif, dan preskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah DIY perlu melakukan kegiatan untuk menghilangkan hambatan yang muncul dalam implementasi digitalisasi, yang meliputi edukasi literasi digital bagi IKM, pelatihan dan pendampingan e-commerce bagi IKM, optimalisasi peran UPL-IKM, perbaikan aplikasi Jogjaplaza, promosi aplikasi Jogjaplaza, dan memperluas jaringan internet sampai ke seluruh kelurahan. Kegiatan tersebut melibatkan OPD Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY serta Dinas Komunikasi dan Informatika DIY.
Rincian Artikel
Jurnal IPTEK-KOM menggunakan kebijakan akses terbuka. Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
APJII. 2018. Laporan Survey Penetrasi Dan Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.
Azizah, Afif Aulia. 2019. “Kesenjangan Digital Di Kalangan Pengelola Usaha Mikro, Kecil, Menengah Surabaya.” Universitas Airlangga.
Baase, Sara. 2013. A Gift of Fire Social, Legal, and Ethical Issues for Computing Technology. 4th ed. New Jersey: Prentice Hall.
Bédard-Maltais, Pierre-Olivier. 2017. Industry 4.0: The New Industrial Revolution. Business Development Bank of Canada.
Bloem, Jaap, Menno van Doorn, Sander Duivestein, David
Excoffier, René Maas, and Erik van Ommeren. 2014. The Fourth Industrial Revolution - Things to Tighten the Link Between IT and OT. Sogeti VINT.
CGI. 2017. Industry 4.0 - Making Your Business More Competitive. Montreal: Client Global Insights Group Inc.
Dawi, Norazryana Mat, Ahmad Jusoh, Justas Streimikis, and
Abbas Mardani. 2018. “The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction and Customer Behavioral Intentions by Moderating Role of Switching Barriers in Satellite Pay TV Market.” Economics and Sociology 11 (4): 198–218. https://doi.org/10.14254/2071-789X.2018/11-4/13.
Deloitte. 2019. The Performance of Small and Medium Sized Business in A Digital World. London: Deloitte Financial Advisory, S.L.U.
Dhahir, Darman Fauzan. 2019. “Rancangan Strategi Kominfo Republik Indonesia Dalam Upaya Mengurangi Kesenjangan Digital.” Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan) 20 (2): 71–86. https://doi.org/10.31346/jpikom.v20i2.2235.
Diskominfo DIY. 2018. “Sosialisasi Peraturan Gubernur DIY Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Tata Kelola Teknologi Informasi Dan Komunikasi.”
Ebert, Ronald J., and Ricky W. Griffin. 2013. Business Essentials. 9th ed. New Jersey: Prentice Hall.
Effendi, Aji Sofyan. 2016. “Transformasi Ekonomi Yang Berbasis Sumber Daya Alam (SDA) Dalam Rangka Penciptaan Nilai Tambah Eksport Dan Kompetitivnes Indonesia Di Negara ASEAN.” Pusat Studi ASEAN Universitas Mulawarman.
Elvina. 2015. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM).” Jurnal Ecobisma 2 (1): 106–18. https://doi.org/10.36987/ecobi.v2i1.722.
Eriksson, Theresa, Alessandro Bigi, and Michelle Bonera. 2020. “Think with Me, or Think for Me? On the Future Role of Artificial Intelligence in Marketing Strategy Formulation.” TQM Journal, no. April. https://doi.org/10.1108/TQM-12-2019-0303.
Firmansyah, Ahmad. 2017. “Kajian Kendala Implementasi E-Commerce Di Indonesia.” Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi 8 (2): 127–36. https://doi.org/10.17933/mti.v8i2.107.
Gani, Rita. 2018. “Kelompok Sasaran Kegiatan Literasi Digital.” Jurnal Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jatim 1 (1). https://doi.org/10.33005/jkom.v1i1.7.
Gehrke, Lars, Arno T. Kühn, David Rule, Paul Moore, Christoph Bellmann, Sebastian Siemes, Dania Dawood, Lakshmi Singh, Julie Kulik, and Matthew Standley. 2015. “A Discussion of Qualifications and Skills in the Factory of the Future: A German and American Perspective.” In Hannover Messe Conference.
Geissbauer, Reinhard, Stefan Schrauf, Volkmar Koch, and Simon Kuge. 2014. Industry 4.0 - Opportunities and Challenge of The Industrial Internet. London: PricewaterhouseCoopers.
Gultom, Olisias, Firdaus Cahyadi, and Rachmi Hertanti. 2017. “Isu Digital Di Indonesia Dan Tantangannya Dalam Perundingan FTA.” Policy Paper Indonesia for Global Justice (IGJ).
Himawan, Muhammad Ade, and Imam Baihaqi. 2016. “Perancangan Social Media Marketing Bagi Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Dalam Mempromosikan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Surabaya.” Jurnal Teknik ITS 5 (2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i2.19418.
Hood, Jeff, Alan Brady, and Raj Dhanasri. 2016. Industry 4.0 Engages Customers. Deloitte University Press.
Intanny, Vieka Aprilya, Inasari Widiyastuti, and Maria Dolorosa Kusuma Perdani. 2018. “Pengukuran Kebergunaan Dan Pengalaman Pengguna Marketplace Jogjaplaza.Id Dengan Metode UEQ Dan USE Questionnaire.” Jurnal Pekommas 3 (2): 117–26. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030201.
Jacob, Dan. 2017. Quality 4.0 Impact and Strategy Handbook - Getting Digitally Connected to Transform Quality Management. LNS Research.
Jain, Sanjay, Guodong Shao, and Seung Jun Shin. 2017. “Manufacturing Data Analytics Using a Virtual Factory Representation.” International Journal of Production Research 55 (18): 5450–64. https://doi.org/10.1080/00207543.2017.1321799.
Jauhari, Jaidan. 2010. “Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E-Commerce.” Jurnal Sistem Informasi (JSI) 2 (1): 159–68.
Katadata. 2019a. “Akses Dibatasi, Berapa Pengguna WhatsApp Di Indonesia?” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/05/23/akses-dibatasi-berapa-pengguna-whatsapp-di-indonesia.
———. 2019b. “E-Commerce Dengan Pengunjung Terbesar Kuartal III-2019.” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/22/inilah-10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbesar.
———. 2020. “Media Sosial Yang Paling Sering Digunakan Di Indonesia.” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia.
Kementerian Perindustrian RI. 2008. Pedoman Pembentukan Dan Pengelolaan Unit Pendampingan Langsung Industri Kecil Dan Menengah (UPL-IKM). Jakarta: Kementerian Perindustrian RI.
———. 2018. Making Indonesia 4.0. Jakarta: Kementerian Perindustrian RI.
Lepenioti, Katerina, Katerina Lepenioti, Dimitris Apostolou, and Gregoris Mentzas. 2019. Prescriptive Analytics: A Survey of Approaches and Methods. International Conference on Business Information Systems. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-04849-5.
Mehrotra, Rishabh, and Benjamin Carterette. 2019. “Recommendations in a Marketplace.” In Proceedings of the 13th ACM Conference on Recommender Systems. https://doi.org/10.1145/3298689.3346952.
Meutia, Ernita Dewi. 2017. “Dampak Sosial Internet of Things.” In Seminar Nasional Dan Expo Teknik Elektro, 102–6.
Mileva, Lubiana, and Achmad Fauzi DH. 2018. “Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 58 (1): 190–99.
Mirakl. 2019. The Ultimate Guide to Online Marketplace. Paris: MIRAKL Company.
Pande, Pratik V, N M Tarbani, and Pavan V Ingalkar. 2014. “A Study of Web Traffic Analysis.” International Journal of Computer Science and Mobile Computing 3 (3): 900–907.
Partama, Yanuarta I, and M Dahyar Farizal. 2019. “Industri 4.0 : Analisis Hambatan Dalam Penerapannya Pada Industri Manufaktur Di Indonesia.” In Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC 2019.
Pischetola, Magda. 2011. “Digital Media and Learning Evolution: A Research on Sustainable Local Empowerment.” Global Media Journal 11 (18).
Pradana, Yudha. 2018. “Atribusi Kewargaan Digital Dalam Literasi Digital.” Untirta Civic Education Journal 3 (2): 168–82. https://doi.org/10.30870/ucej.v3i2.4524.
Prapti NSS, Lulus, and Rahoyo. 2019. “Dampak Bisnis Kuliner Melalui Go Food Bagi Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Semarang.” Jurnal Dinamika Sosial Budaya 20 (2): 120–33. https://doi.org/10.26623/jdsb.v20i2.1243.
Pratama, Nanda Bhayu, and Eko Priyo Purnomo. 2018. “Pengembangan Konsep Smart City Melalui Aplikasi Jogja Smart Service Di Pemerintah Kota Yogyakarta.” Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Purwana, Dedi, R Rahmi, and Shandy Aditya. 2017. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1 (1): 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01.
Purwandini, Dian Amintapratiwi, and Irwansyah. 2018. “Komunikasi Korporasi Pada Era Industri 4.0.” Jurnal Ilmu Sosial 17 (1): 53–63. https://doi.org/10.14710/jis.17.1.2018.53-63.
Rahmawati, Veronika, and Andy Pratama Sulistyo. 2019. “Efektivitas Komunikasi Pemasaran Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Bidang Kuliner Di Surabaya.” Jurnal Keuangan Dan Bisnis 1 (1): 75–91. https://doi.org/10.32524/jkb.v17i1.459.
Ria, Anita. 2018. “Analisis Penerapan Aplikasi Keuangan Berbasis Android Pada Laporan Keuangan UMKM Mekarsari, Depok.” Jurnal Sosio E-Kons 10 (3): 207–19. http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v10i3.2900.
Satibi, Ahmad Fauzan, Suharyono, and Yusri Abdillah. 2017. “Analisis Pemanfaatan Search Engine Optimization Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Di Pasar Internasional.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 50 (6): 96–105.
Satya, Venti Eka. 2018. “Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0.” INFO Singkat X (09): 19–24.
Silvana, Hana, and Cecep Darmawan. 2018. “Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda Di Kota Bandung.” Jurnal Ilmu Pendidikan Pedagogia 16 (2): 146–56. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11327.
Simpson, Jonathan. 2018. “Connectivity: Backbone of the Digital Enterprise.” In Advancing Automation IIoT and Industry 4.0, 4–11.
Slamet, Rachmat, Bilpen Nainggolan, Roessobiyatno, Heru Ramdani, Agung Hendriyanto, and Luk lu’ul Ilma. 2016. “Strategi Pengembangan UKM Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas.” Jurnal Manajemen Indonesia 16 (2): 136–47. https://doi.org/10.25124/jmi.v16i2.319.
Subiyanto, Ibnu. 1993. Metodologi Penelitian. Depok: Universitas Gunadarma.
Tyas, Dyah Listianing, A. Djoko Budiyanto, and Alb. Joko Santoso. 2016. “Pengaruh Kekuatan Media Sosial Dalam Pengembangan Kesenjangan Digital.” Scientific Journal of Informatics 2 (2): 147–54. https://doi.org/10.15294/sji.v2i2.5083.
Udiyana, Ida Bagus Gede, I Gusti Gde Oka Pradnyana, and Ni Putu Novi Wahyuni Sari. 2016. “Tata Ruang Kantor, Kearsipan, Dan Kinerja Pegawai Kantor Suatu Analisis Dampak Pada Dinas Pendapatan Provinsi Bali.” In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian STIMI, 88–103.
Wijaya, Etistika Yuni, Dwi Agus Sudjimat, and Amat Nyoto. 2016. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global.” In Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1:263–78.