Pengaruh Intensitas dan Adiksi Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Phubbing di Provinsi DKI Jakarta
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penggunaan teknologi khususnya pengguna media sosial berdampak pada pola perilaku manusia terutama di kota-kota besar seperti di Provinsi DKI Jakarta. Salah satu dampak dari penggunaan media sosial yaitu munculnya perilaku phubbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas dan adiksi penggunaan media sosial terhadap perilaku phubbing di Provinsi DKI Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik probability sampling dengan jumlah 400 responden yang diambil dalam jangka waktu 31 Oktober – 12 November 2022. Hasil temuan sejalan dengan teori Ketergantungan Media bahwa semakin seseorang tergantung pada suatu media yang dapat memenuhi kebutuhannya, maka media tersebut menjadi semakin penting untuk penggunanya. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa intensitas penggunaan media sosial berpengaruh positif, signifikan, dan rendah sebesar 11,4% terhadap perilaku phubbing. Adiksi penggunaan media sosial berpengaruh positif, signifikan, dan kuat sebesar 45,1% terhadap perilaku phubbing. Angka tersebut menunjukkan bahwa intensitas dan adiksi penggunaan media sosial secara signifikan memengaruhi perilaku phubbing.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal IPTEK-KOM menggunakan kebijakan akses terbuka. Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Adiningsih, Veny Desvian, dan Lilis Ratnasari. 2024. "Pengaruh Fear of Missing Out terhadap Perilaku Phubbing Pada Masa Remaja Pengguna Media Sosial." Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan 3 (1): 1-12. https://doi.org/10.56127/jushpen.v3i1.1264.
Ajzen, Icek. 1991. Attitude, Personality, and Behavior. Milton Keynes: Open University.
Annur, Cindy Mutia. 2022. Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. February 22. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022#:~:text=Jumlah%20Pengguna%20Internet%20di%20Indonesia%20(2018%2D2022*)&text=Menurut%20laporan%20We%20Are%20Social,tercatat%20sebanyak%20202%2C6%2.
Cernja, Iva, Lucija Vejmelka, dan Miroslav Rajter. 2019. "Internet Addiction Test: Croatian Preliminary." BMC Psychiatry 1-11. https://doi.org/10.1186/s12888-019-2366-2.
Crammond, Joice, dan R Brown. 1976. "Introduction of Television Effects upon Children’s Daily Life. Children and Television." Beverly Hills: Sage Publication.
Frackowiak, Michal, Peter Hilpert, dan Sophie Russell. 2022. "Partner’s Perception of Phubbing is More Relevant Than the Behavior Itself: A Daily Diary Study." Computers in Human Behavior 134, 1-11. http://dx.doi.org/10.1016/j.chb.2022.107323.
Garrido, Estefanía Capilla, Tomayess Issa, Prudencia Gutierrez Esteban, dan Sixto Cubo Delgado. 2021. "A Descriptive Literature Review of Phubbing Behaviors." Heliyon 1-10. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07037.
Griffiths, Mark D. 1996. "Behavioural Addictions: An Issue for Everybody?" Journal of Workplace Learning 8(3), 19-25.
Juditha, Christiany. 2011. "Hubungan Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook terhadap Perilaku Remaja di Kota Makassar." IPTEKKOM 13(1), 1-14.
Kusnandar, Viva Budy. 2021. Pengguna Internet Indonesia Peringkat ke-3 Terbanyak di Asia. October 14. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/14/pengguna-internet-indonesia-peringkat-ke-3-terbanyak-di-asia.
McLuhan, Marshall. 1992. The Gutenberg Galaxy:The Making of Typographical Man. Toronto: University of TorontoPress.
Mubin, Moh Habibul. 2021. Pemanfaatan Gawai (Smartphone) sebagai Media Pembelajaran oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Naseri, Laila, Jalal Mohamadi, Koroush Sayehmiri, dan Yosra Azizpoor. 2015. "Perceived Social Support, Self-Esteem, and Internet Addiction Among Students of Al-Zahra University, Tehran, Iran." Iranian Journal of Psychiatry and Behavioral Sciences 9(3), 1-4. http://dx.doi.org/10.17795/ijpbs-421.
Pan, Yuan-Chien, Yu-Chuan Chiu, dan Yu-Hsuan Lin. 2020. "Systematic Review and Meta-Analysis of Epidemiology of Internet Addiction." Neuroscience & Biobehavioral Reviews (118), 612-622. https://doi.org/10.1016/j.neubiorev.2020.08.013.
Putri, Herlina, Abdul Haris Fatgehipon, dan Saipiatuddin. 2024. "Perilaku Phubbing (Phone Snubbing) pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta." Jurnal Global Ilmiah 1(9), 489-493. https://doi.org/10.55324/jgi.v1i9.92.
Rahayu, Beauty Bintang. 2021. "Intensitas Mengakses Media Sosial dengan Perilaku Phubbing pada Mahasiswa." Psikoborneo Jurnal Ilmiah Psikologi 9 (3), 519-527. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i3.6496.
Riyanto, Andi Dwi. 2022. Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/.
Rokeach, Sandra Ball dan Melvin DeFleur. 1976. "A Dependency Model of Mass Media Effects." Communication Research 3, 3-21. https://doi.org/10.1177/009365027600300101.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Solikhah, Nuril Ilmiatus, dan Nur Maghfira Aesthetika. 2022. "Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi TikTok dan Media Sosial Terhadap Kecenderungan Phubbing." Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia 5 (1), 113-119. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v5i1.140.
Statistik, Badan Pusat. 2022. Jumlah Penduduk Provinsi DKI Jakarta Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin 2019-2021. Jakarta: BPS.
Statistik, Badan Pusat. 2020. Proporsi Individu yang Menggunakan Internet Menurut Provinsi (persen), 2017-2019. Jakarta: BPS.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wicaksono, R. Agung Rezky Bagus, Ade Devia Pradipta, I Dewa Ayu Sugiarica Joni. 2021. "Perilaku Phubbing Remaja Pemain Game Player Unknown's Battle Ground (PUBG) Mobile di Kota Denpasar." Medium: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi Universitas Udayana 1(1), 1-12. https://ojs.unud.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/74286/39872.
Wijaya, Fransisca, Vivian Yindy Hartanto, Fakhri Zyan Alif Widianto, Equin Hertaiswari, Jessica Caroline Kurniawan, dan Casey Yoan Paquita. 2022. "Analisis Pengaruh Usia dan Jenis Aplikasi Terhadap Durasi Penggunaan Gawai dalam Satu Hari." STATMAT (Jurnal Statistika dan Matematika) 4(1), 78-86.
Young, Kimberly. 2017. Internet Addiction Test. USA: Stoelting.
Yunita, Mutiara Mirah, Teguh Lesmana, Devi Jatmika, Alfina Damayanti, dan Theresia Finda Kusuma. 2021. "Mengenal Bahaya Adiksi Gadget dan Cara Mengatasinya." Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan 5(2), 70-78. DOI: http://dx.doi.org/10.30813/jpk.v5i2.2980.