OPTIMALISASI MICROBLOGGING TWITTER SEBAGAI ALAT KEHUMASAN DALAM PERUSAHAAN

Isi Artikel Utama

Kirana Dwitia Putri
Irwansyah -

Abstrak

Pada setiap perusahaan yang menjalankan bisnisnya tentu memiliki fokus utama agar dapat mendistribusikan produk serta jasa kepada pengguna yaitu konsumen yang berada di tengah masyarakat. Perusahaan, harus mampu untuk membuat begitu banyak strategi guna melancarkan aksi distribusi dan peningkatan awareness pada konsumen mengenai perusahaan itu sendiri. Konsumen, yang berada di masyarakat memiliki hak untuk memahami produk atau jasa yang hadi di tengah mereka, dan tanpa halangan untuk mendapatkan informasi mengenai perusahaan tersebut. Di era masa kini, idealnya sudah tak lagi sulit untuk mendapatkan informasi apapun dengan bantuan internet. Begitu pula pada perusahaan yang idealnya telah melakukan optimalisasi penggunaan internet sebagai alat bantu kinerja. Penulis mengemukakan konsep yang dapat menyatukan perusahaan dengan konsumennya lewat divisi Hubungan Masyarakat menggunakan alat microblogging yang tersedia pada media sosial yaitu Twitter. Para praktisi Hubungan Masyarakat, kini dapat selangkah lebih maju untuk melakukan kampanye komunikasi pada konsumen yang semakin tersegmentasi berkat Twitter dan penyampaian informasi kini tidak terbatas ruang dan waktu.

Rincian Artikel

Bagian
Artikel
Biografi Penulis

Kirana Dwitia Putri, Pascasarjana Universitas Indonesia, FISIP, Jurusan Komunikasi

Graduate Student in Communication Science, Pascasarjana FISIP Universitas Indonesia

Referensi

Ale, Felix. 2015. Journalism and Corporate Communications : A Nigerian Case Study. German :

Grin Verlag

Bakan, J. (2004). The Corporation: The Pathological Pursuit of Profit and Power. Toronto: Viking

Canada

Chami, R., Fullenkamp, R., Sharma, S. (2016). Trust As a Means of Improving Corporate

Governance and Efficiency. International Monetary Fund Working Papers

Evans, A., Twomey, J., Talan, S., (2011). Twitter as a Public Relations Tool. Public Relations

Journal, Vol.5 No. 1. Public Relations Society of America

Gregory, A. (2004). Scope and structure of public relations: A technology driven view. Public

Relations Review, 30 (3), 245-254

Heibert, R.E. (2004). Commentary: New Technologies, Public Relations and Democracy. Public

Relations Review, 31(1), 1-9

Holtz, H. (1998). The Consultant's Guide to Getting Business on the Internet: How to Network

for Clients and Business Opportunities. New York: John Wiley & Sons Inc

Information Resources Management Association (2018). Social Media Marketing:

Breakthroughs in Research and Practice. USA: IGI Global

Java, A., Song, X., Finin, T. & Tseng, B. (2007). Why we Twitter: Understanding microblogging

usage and communities. Proceedings of the 9th WebKDD 2007 workshop on Web mining and social network analysis (pp. 56-65). New York, NY: Association for Computing Machiner

Kirat, M. (2007). Promoting Online Media Relations: Public Relations Department’s Use of

Internet in the UAE. Public Relations Review, 33, 166–174

Lievrouw, Leah. 2011. Alternative and Activist New Media. United Kingdom: Polity Press

Murthy, D. (2018). Twitter. United Kingdom: Polity Press

Morgan, C. (2016). Above The Noise: Creating Trust, Value & Reputation Online Using Digital

Public Relations. Motivational Press Inc.

Rezaei, S., Dana, L., Ramadani, V., (2017). Iranian Entrepreneurship : Deciphering the

Entrepreneurial Ecosystem in Iran and In The Iranian Diaspora. Switzerland : Springer

Theaker, A. (2001). The Public Relations Handbook. London: Routledge