KREDIBILITAS MEDIA SOSIAL DALAM PEMBERITAAN PEMILIHAN GUBERNUR DKI JAKARTA
Main Article Content
Abstract
Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta lebih banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia dibandingkan pemilihan kepala daerah lainnya yang dilakukan serentak pada Februari 2017. Beragam media mengulas dan memberitakan proses pemilihan kepala daerah ini dari sudut pandang yang berbeda-beda, salah satunya melalui media sosial. Sebagaimana media lainnya, media sosial juga dituntut untuk kredibel dalam memberitakan informasi. Penelitian ini ingin melihat dan mengkaji kredibilitas akun Instagram @kompastv dalam memberitakan tentang Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah seluruh berita mengenai Pilgub DKI yang dimuat oleh KompasTV dalam akun Instagram-nya (@kompastv), yaitu sejak masa pencalonan 16 September 2016 hingga penetapan calon pada tanggal 5 Mei 2017, sebanyak 13 (tiga belas) berita. Dari 13 berita yang diunggah @kompastv selama masa penyelenggaraan pilkada, dapat dilihat bahwa belum seluruh indikator dari ketiga unsur kredibilitas media online dapat dipenuhi melalui pemberitaannya.
Article Details
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Author (s) hold copyrights and retain copyrights of articles if the article is accepted for publishing.
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Public allowed to Share (copy and redistribute the material in any medium or format) and Adapt (remix, transform, and build upon the material) this journal article content.