KREDIBILITAS MEDIA SOSIAL DALAM PEMBERITAAN PEMILIHAN GUBERNUR DKI JAKARTA

Main Article Content

Tristania R.A Pangaribuan

Abstract

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta lebih banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia dibandingkan pemilihan kepala daerah lainnya yang dilakukan serentak pada Februari 2017. Beragam media mengulas dan memberitakan proses pemilihan kepala daerah ini dari sudut pandang yang berbeda-beda, salah satunya melalui media sosial. Sebagaimana media lainnya, media sosial juga dituntut untuk kredibel dalam memberitakan informasi. Penelitian ini ingin melihat dan mengkaji kredibilitas akun Instagram @kompastv dalam memberitakan tentang Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah seluruh berita mengenai Pilgub DKI yang dimuat oleh KompasTV dalam akun Instagram-nya (@kompastv), yaitu sejak masa pencalonan 16 September 2016 hingga penetapan calon pada tanggal 5 Mei 2017, sebanyak 13 (tiga belas) berita. Dari 13 berita yang diunggah @kompastv selama masa penyelenggaraan pilkada, dapat dilihat bahwa belum seluruh indikator dari ketiga unsur kredibilitas media online dapat dipenuhi melalui pemberitaannya.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Tristania R.A Pangaribuan

Peneliti